Cara Ampuh Hilangkan Stres Dalam Beberapa Menit

image: articles.snowballsunderwear.com
Setiap permasalahan yang begitu berat, terkadang menjadikan diri merasa kesulitan untuk mengatasinya. Bahkan ditambah lagi dengan permasalahan baru yang menimpa, dimana problematika yang sebelumnya pun belum bisa terselesaikan secara tuntas. Tentunya hal demikian akan menjadikan anda mudah mengalami stres bukan…?. Selain itu terjadinya stres ini juga bisa dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya problem finansial, kondisi fisik dan mental, kegagalan, hubungan sosial dan lainnya. 

Sehingga bila stres ini tidak segera dihilangkan, maka bisa menjadikan kondisi diri semakin terancam, baik itu secara fisik maupun mental. Namun anda janganlah khawatir, bahwa ada beberapa cara yang cukup ampuh untuk mengatasi stres secara cepat dan efektif. Bahkan dalam hitungan menit saja, rasa stres ini akan mudah hilang. Sehingga bisa menjadikan kondisi diri anda lebih tenang dan nyaman seperti sediakala. 

Oleh karena itu, bila anda sering merasa stres dalam menghadapi berbagai macam problematika yang ada, setidaknya bisa segera menanggulanginya secara cepat dan tepat.  Dan inilah cara yang ampuh dalam menghilangkan stres, hanya dalam hitungan menit saja.

1. Pijat selama 15 menit
Berdasarkan penjelasan dari International Journal of Neuroscience, menunjukkan bahwa memijat diri sendiri selama 15 menit dalam dua kali seminggu, akan mampu menurunkan stres. Selain itu juga bisa membuat sistem saraf menjadi lebih tenang. Oleh karena itu dengan pijat selama 15 menit ini, bisa anda terapkan untuk mengatasi rasa stres yang ada. Bahkan dengan menggerakkan bola tenis berada di sekitar jari-jari tangan, juga akan memberikan efek yang sama layaknya teknik pijat ini.

2. Menulis selama 20 menit
Perlu anda ketahui, bahwa menurut hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping pada tahun 2010, menunjukkan bahwa kegiatan menulis dalam hitungan 20 menit selama dua hari, akan mampu menurunkan tingakat stres yang dialami oleh seseorang. Dan tentunya dalam hal ini, Seseorang yang menuliskan tentang perasaan pada kertas, akan sangat membantu untuk melewati perasaan buruk, dan menanggulangi akan terjadinya emosi negatif yang ada. Dengan demikian, bila anda mengalami stres, maka anda bisa menjadikan cara tersebut dalam menanggulangi stres yang ada secara cepat dan efektif.

3. Minum teh hitam dalam waktu 12 menit
Tips ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi sekitar tiga cangkir teh hitam dalam sehari, masing-masing dilakukan 12 menit tiap cangkirnya. Dengan cara tersebut akan mampu mengatasi stres yang ada lebih cepat. Bahkan level hormon kortisol pun akan bisa lebih rendah pada saat mengalami stres. Menurut hasil penelitian yang ada di University College London, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan senyawa alami yang terdapat pada teh hitam, bisa menjadikan perasaan lebih tenang, santai, dan saraf pada otak pun juga tidak mudah tegang.

4. Membersihkan rumah selama 60 menit
Membersihkan rumah selama 60 menit dalam kehidupan sehari-hari, juga mampu menurunkan ketegangan dalam pikiran yang ada. Sehingga beberapa tekanan yang ada bisa tertanggulangi secara tepat dan efktif. Dimana kebiasaan mengepel dan menyapu lantai memang cukup ampuh untuk membuat tubuh bisa lebih tenang. Sehingga rasa stres yang ada bisa hilang, dan bisa teratasi dengan baik.

5. Mendengarkan musik selama 30 menit
Dimana dengan cara anda mendengarkan musik selama kurun waktu 30 menit, maka dari situ akan mampu meningkatkan emosi positif, dan menurunkan tingkat stres yang anda alami. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan dalam Journal of Advance Nursing, Menunjukkan bahwa pasien yang mendengarkan musik dengan lagu pilihan mereka, bisa lebih tenang ketika menghadapi operasi yang mereka jalani. Dimana gerakan dari irama lagu juga bisa menambah emosi positif, serta bisa menumbuhkan hormon kebahagiaan. Dengan begitu, mendengarkan musik favorit ini, juga bisa anda jadikan cara untuk mengatasi stres secara efektif.

6. Mengunyah permen karet 10 menit
Berdasarkan hasil penelitian yang ada di Australia dan Inggris, menunjukkan bahwa pada saat seseorang mengalami stres, kemudian mereka mengunyah permen karet, akan mampu mengurangi rasa cemas yang ada. Selain itu bisa menurunkan kadar hormon cortisol pada air liur hingga 18 persen. Sehingga dengan mengunyah permen karet ini, juga bisa dijadikan cara untuk mengatasi rasa stres yang ada.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar