5 Cara Mengobati Luka Di Kulit Dengan Bahan Alami

image: wamda.com
Luka merupakan suatu kondisi kulit yang terkelupas akibat benda tajam ataupun terjatuh dari kendaraan, sehingga menimbulkan rasa perih dan nyeri. Oleh sebab itulah ketika kulit kita mengalami luka, maka harus dilakukan pengobatan secepat mungkin supaya tidak menyebabkan infeksi. Pada dasarnya, terdapat berbagai cara dan juga alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengatasi luka, mulai dari penggunaan obat antiseptik, hingga beberapa jenis lain yang bisa didapatkan di apotik. 

Namun, ketahuilah penggunaan bahan kimia terkadang bisa menimbulkan efek samping. Maka, Pengobatan luka bisa diatasi menggunakan bahan-bahan alami saja yang mampu membuat kulit sembuh tanpa efek samping.

Metode pengobatan pada kulit yang luka dengan menggunakan bahan alami, sebenarnya mudah untuk dilakukan. Cara alami dalam mengatasi luka ini bisa dilakukan tanpa membutuhkan banyak biaya. Bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita lebih ampuh dalam mengatasi luka pada kulit kita. Karena mampu bekerja secara efektif, seseorang lebih disarankan supaya menggunakan bahan alami saja. Berikut adalah beberapa bahan alami yang mampu sembuhkan luka pada kulit anda :

1. Madu
Madu, menempati posisi pertama sebagai bahan alami yang mampu menyembuhkan luka secara aman. Sejak beberapa tahun yang lalu, madu sudah digunakan sebagai penyembuh luka di daerah Mesir. Sebuah penelitian membuktikan, bahwa madu mengandung antioksidan, asam amino, vitamin, dan juga mineral yang mampu menyembuhkan luka. Dari senyawa-senyawa tersebut bakteri dan juga jamur yang menginfeksi luka bisa mati dengan sendirinya. Cara penggunaannya juga mudah, cukup oleskan madu secara rutin pada bagian kulit yang mengalami luka.

2. Minyak pohon teh
Mungkin masih jarang mendengar akan bahan alami ini. Tahukah anda?, minyak dari pohon teh ini tidak hanya bermanfaat sebagai penyembuh luka saja lho..!. Pasalnya minyak ini juga bermanfaat pada bidang kecantikan. Dari sebuah penelitian, minyak pohon teh ini terbukti mampu menyembuhkan luka secara efektif dan efisien, sehingga peradangan yang terjadi bisa berkurang dengan baik.

3. Kayu manis dan minyak pepermint
Kedua bahan tersebut mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit. Kedua bahan ini mampu mengatasi luka dengan aman. Ketika kedua bahan ini dicampurkan, maka akan bersifat antibiotik dan antibakteri. Sehingga bakteri pada luka akan mati dan kulitpun akan kembali menjadi normal.

4. Minyak lavender
Minyak lavender memiliki aroma khas yang dipercaya mampu menyembuhkan luka secara efektif. Untuk mengatasi luka, anda cukup mengoleskan minyak lavender pada kulit tubuh. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Jahe
Jahe ternyata mampu mengobati luka pada kulit dengan baik. Jahe ini mengandung bahan alami yang mampu mengatasi peradangan pada kulit yang mengalami luka. Cara penggunaannya tidaklah sulit, dimana anda cukup memarut jahe kemudian balurkan pada luka, dan bungkus luka tersebut menggunakan kain perban. Cara ini bisa dilakukan secara rutin hingga luka pada kulit benar-benar sembuh dan kering.

Dengan menggunakan kelima cara alami diatas, maka luka yang terjadi pada kulit anda bisa teratasi secara baik. Jadi, ketika anda mengalami luka secara mendadak dan di rumah tidak memiliki antibiotik, maka anda bisa memanfaatkan beberapa bahan di atas. Sehingga tanpa obat antibiotik berbahan kimia, anda tetap bisa sembuh bahkan menjadi lebih aman. Sementara untuk mengatasi bekas luka yang menempel di kulit, anda bisa memanfaatkan gel lidah buaya yang mengandung aloe vera, serta efektif untuk mengangkat sel kulit mati.
Artikel Terkait