6 Cara Efektif Mengatasi Metabolisme Tubuh Yang Lemah

image: 4shared.com/monosakarida
Bila metobisme dalam tubuh anda mengalami keterlambatan, maka banyak hal yang akan terjadi. Dimana  asupan makanan dan minuman dalam tubuh tidak akan bisa diproses dengan lancar, jika metabolisme dalam tubuh anda lambat. Sehingga pembakaran kalori dalam proses pembentukan energi dalam tubuh, juga akan mengalami keterlambatan. 

Bahkan berbagai jenis asupan yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan bisa terpenuhi secara maksimal. Dan semuanya itu akan mengakibatkan hal yang buruk bagi kesehatan. Diantaranya tubuh anda mengalami kegemukan sehingga menjadikan diet anda gagal, serta tubuh anda menjadi mudah lelah sehingga bisa mengganggu rutinitas dalam keseharian anda.

Oleh karena itu, untuk menjadikan metabolisme tubuh anda lancar, ada beberapa cara yang cukup ampuh dalam mengatasi hal tersebut. Dan tentunya beberapa cara ini bisa anda terapkan secara rutin dan teratur, hingga sampai menjadikan kekuatan metabolisme tubuh bisa meningkat. Dan pada akhirnya akan menjadikan seluruh asupan dalam tubuh bisa diproses dengan maksimal. Inilah cara yang cukup efektif untuk mengatasi masalah metabolisme tubuh :

1. Makan 6 kali sehari
Dalam mengatasi metabolisme tubuh yang lemah, maka anda setidaknya bisa mengkonsumsi makanan dalam porsi yang kecil setiap 2-3 jam sekali. Yakni dengan mengatur pola makan anda menjadi 6 kali sehari dalam porsi lebih sedikit. Hal demikian karena bisa membantu tubuh anda untuk lebih cepat membakar kalori  dalam tubuh. Sehingga akan bisa mendongkrak metabolisme tubuh lebih meningkat. 

2. Jangan langsung tidur setelah makan
Perlu anda ketahui, bahwa dalam membantu metabolisme tubuh agar bisa meningkat, hendaknya anda tidak langsung tidur setelah mengkonsumsi makanan. Hal tersebut karena kebiasaan tidak baik ini, nantinya akan mempengaruhi metabolisme tubuh anda menjadi menurun. Sehingga malah menjadikan tubuh anda mudah gemuk.

3. Jangan pernah melewatkan waktu makan anda
Hendaknya anda jangan pernah untuk melewatkan waktu makan anda. Dan makanlah selagi perut anda sudah mulai lapar. Sementara bila anda sering melewatkan waktu makan, maka tubuh anda akan menyimpan lebih banyak lemak ketika anda merasa lapar. Dan hal demikian akan menjadikan daya metabolisme tubuh anda melemah. Dengan demikian, terapkan makan secara teratur dan tidak usah menunda-nunda waktu makan anda.

4. Konsumsi protein yang mencukupi
Dalam hal ini, anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sehingga bisa mencukupi asupan tubuh anda. Dengan demikian  akan menjadikan otot dalam tubuh bisa pulih kembali, serta dapat segera melakukan proses perbaikan dalam tubuh. Sehingga daya metabolisme tubuh anda pun akan meningkat, dan lebih cepat dalam memproses setiap makanan dan minuman yang anda konsumsi.

5. Angkat beban
Rutinitas baik ini, memang bisa untuk meningkatkan metabolisme tubuh basal (AMB), dan membangun otot pada tubuh. Dengan begitu, akan bisa menjadikan tubuh anda membakar lebih banyak kalori.

6. Minum air yang cukup
Perlu anda tahu, bahwa asupan air yang mencukupi akan berguna untuk mengeluarkan racun dan melembabkan tubuh anda. Selain itu, mengkonsumsi air dengan cukup akan bisa membantu tubuh dalam memperlancar proses pencernaan makanan yang anda konsumsi. Sehingga hal demikian tentunya tidak boleh anda lewatkan dalam mengatasi metabolisme tubuh yang lemah. Maka dari itu, minumlah air secara rutin dan teratur untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Itulah beberapa tips dalam mengatasi metabolisme tubuh yang lemah. Sehingga bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kondisi tubuh bisa terjaga dengan baik, dan normal kembali seperti sedia kala.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar