9 Cara Sehat Dalam Menyegarkan Nafas Anda

image: freshincmedispa.co.uk
Seseorang yang mengalami nafas berbau akan merasa tidak percaya diri saat berbicara dengan banyak orang. Nafas berbau ini disebabkan karena kondisi mulut yang  memiliki aroma kurang sedap. Lalu mengapa bau mulut bisa terjadi ?, Sebenarnya terdapat berbagai hal yang bisa menyebabkan nafas menjadi berbau. Salah satu penyebabnya adalah, Kebersihan gigi yang tidak terjaga menjadi penyebab bau mulut, Sehingga membuat nafas pun menjadi tidak segar.

Jadi, sisa makanan yang menempel di bagian gigi akan menjadi bakteri dan menyebabkan mulut menjadi berbau. Pasalnya bakteri yang muncul dari sisa makanan akan menghasilkan senyawa sulfur yang menimbulkan bau seperti telur busuk. Jadi, ketika seseorang jarang menggosok gigi maka hal ini bisa terjadi.

Pada dasarnya mengatasi nafas berbau itu mudah. Terdapat beberapa cara sederhana yang bisa membantu kita mengembalikan nafas menjadi lebih segar. Untuk itu, Bagi anda yang mengalami nafas berbau, Lakukan beberapa cara sederhana dan mudah berikut ini :

-  Bagi pengguna gigi palsu
Bagi anda pengguna gigi palsu biasakan untuk mencopotnya di malam hari. Disamping dilepas saat malam hari, Gigi palsu ini harus dibersihkan untuk menghilangkan bakteri sisa makanan maupun minuman yang menumpuk pada sela-sela gigi palsu. Membersihkan gigi palsu bisa dengan menggunakan air hangat dan sikat gigi supaya benar-benar bersih.

- Konsumsilah air lebih banyak
Hal ini karena tubuh yang kekurangan asupan air bisa menimbulkan bau mulut, Sehingga nafas menjadi tidak segar. Oleh sebab itulah bagi anda yang mengalami hal tersebut, Sangat disarankan untuk mengonsumsi air dalam jumlah lebih banyak.

- Lakukan gosok gigi 30 menit setelah makan
Tujuan utamanya adalah menghindari terjadinya penumpukan bakteri dari sisa makanan yang kita makan. Hal ini disarankan bagi setiap orang yang ingin memiliki nafas tetap segar. Dengan demikian, Sikatlah gigi anda paling tidak dua kali dalam satu hari.

- Sikat gigi harus ganti setiap 3 bulan sekali
Fakta membuktikan, Bahwa sikat gigi yang digunakan lebih dari 3 bulan akan meningkatkan risiko penumpukan bakteri di sela-sela gigi. Sehingga bau mulut pun akan terjadi. Dengan begitu gantilah sikat gigi anda setiap 3 bulan sekali.

- Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin
Dengan memeriksakan gigi ke dokter, Maka bisa memastikan akan kesehatan pada gigi anda. Gigi yang sehat akan membuat nafas lebih segar, Sehingga ketika ada gigi yang berlubang maka seharusnya dilakukan penambalan.

- Bersihkan lidah
Hal demikian bisa dilakukan dengan menggunakan pembersih lidah, Yang mampu mengurangi bakteri, jamur, ataupun sel-sel mati yang bisa menyebabkan bau mulut.

- Menggunakan cengkeh
Dimana anda bisa mengunyah cengkeh untuk mengatasi nafas berbau. Cengkeh mempunyai sifat antiseptik yang bisa melawan bakteri penyebab halitosis, atau penyebab bau nafas.

- Gunakan kulit lemon
Dimana kulit lemon ini bisa dikunyah untuk mengatasi nafas yang berbau. Hal demikian karena kandungan asam sitrat di dalam kulit lemon mampu mengatasi bau mulut.

- Gunakan obat kumur
Dengan menggunakan obat kumur yang bebas alkohol, Maka nafas yang berbau bisa teratasi secara efektif.

Dari beberapa treatment di atas, Dapat anda jadikan solusi sehat untuk mengatasi nafas yang berbau. Selain menggunakan kulit lemon ataupun cengkeh untuk dikunyah seperti di atas, Anda juga bisa mengunyah beras dalam mengatasi bau mulut / nafas. Beras ini bisa dikunyah setelah anda mengonsumsi makanan yang menyebabkan nafas menjadi berbau seperti petai, ataupun jengkol. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami tersebut, Kesehatan mulut tetap terjaga dan nafaspun menjadi lebih segar.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar