Ini Lima Dampak Buruk Makan Berlebih Di Malam Hari

image: newyou.com.ph
Anda sering makan di malam hari, dan dalam jumlah berlebih atau melewati batas jam makan malam?, Ya, ini merupakan kebiasaan buruk yang harus segera ditinggalkan. Beberapa orang mungkin sudah mengetahui jika makan di malam hari melewati jam makan dan porsi berlebih, itu akan membahayakan kesehatan tubuh. Tahukah anda, kebiasaan buruk ini bisa memicu terjadinya beberapa gangguan kesehatan. Jika tidak segera dihentikan, maka risiko lebih buruk akan terjadi di tubuh anda. Sebuah penelitian membuktikan seseorang yang sering makan larut malam beresiko terkena gangguan lambung, seperti acid reflux. Kondisi ini diindikasikan dengan asam lambung yang naik ke kerongkongan saat seseorang selesai makan.

Makan berlebih di malam hari akan membuat anda semakin merugi. Tidak malah menjadi sehat, namun memicu berbagai gangguan kesehatan. Bahkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun, sehingga seseorang lebih rentan terserang penyakit. Berbagai gangguan kesehatan bisa muncul akibat makan malam yang berlebih. Salah satu yang paling menonjol adalah perubahan tubuh anda. Dimana ukuran pinggang akan menjadi semakin besar dari biasanya. Untuk mengetahui info lebih jelas, simaklah beberapa ulasan tentang dampak buruk dari makan berlebih di malam hari berikut ini :

1. Meningkatnya kadar gula darah
Ketika seseorang makan terlalu banyak di malam hari, maka kadar gula di dalam darah akan mengalami peningkatan. Hal ini tentu berbahaya karena risiko diabetes akan meningkat menjadi lebih tinggi. Diabetes sendiri merupakan gangguan kesehatan yang kronis, sehingga sangat berbahaya bagi tubuh seseorang. Untuk menghindari risiko serangan diabetes, sebaiknya hindari makan larut malam dalam porsi berlebih.

2. Berat badan naik
Apa jadinya jika tubuh terus mengalami peningkatan berat badan.?, Tentu anda akan semakin lebih gemuk. Dan tahukah anda, kondisi tubuh gemuk ini menyebabkan terjadinya obesitas yang membuat tubuh menjadi lebih rentan akan serangan penyakit. Peningkatan berat badan ini bisa terjadi secara drastis, bahkan jika makan malam berlebih berlangsung secara berangsur dalam satu bulan, maka bisa mengalami peningkatan lebih dari 3kg. Jika anda tidak ingin gemuk, sebaiknya batasi konsumsi makanan, serta makanlah sebelum jam 8 malam. Jika di malam hari terasa lapar sebaiknya konsumsi buah saja.

3. Mulas
Perut bisa menjadi mulas ketika seseorang makan berlebih pada saat malam hari. Beberapa jenis makanan memang bisa membuat perut menjadi mulas, hal ini disebabkan oleh kenaikan asam lambung. Sehingga menimbulkan nyeri di bagian dada ataupun belakang tenggorokan. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, seseorang perlu menghindari konsumsi makanan pedas, buah jeruk, makanan kaleng, ataupun cokelat supaya perut tidak terasa mulas. 

4. Gangguan tidur
Ketika anda makan makanan berlebih di malam hari sebelum tidur, maka gangguan tidur bisa saja terjadi. Hal ini terjadi akibat adanya gangguan sistem pencernaan, akibatnya seseorang menjadi terganggu, bahkan bisa bangun hingga berkali-kali dalam tidurnya. Untuk menghindari gangguan tidur ini, sebaiknya jangan konsumsi makanan dalam jumlah berlebih ketika sudah larut malam.

5. Risiko serangan diabetes tipe 2
Makan malam berlebih dengan mengkonsumsi jenis makanan berlemak dan berkadar gula tinggi, bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Untuk menghindarinya, Sangat lebih baik jika anda mengkonsumsi makanan sehat dan dalam jam yang tepat.

Itulah dampak buruk dari makan berlebih di malam hari. Makan malam yang berlebihan terbukti bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Jadi, atur pola makan anda supaya terhindar dari berbagai gangguan kesehatan seperti di atas.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar