Dampak Buruk Dari Makan Berlebih Di Malam Hari

image: sf.funcheap.com
Makan berlebih di malam hari memang tidak baik bagi kesehatan. Namun, sejauh ini masih banyak orang yang memilih untuk makan di malam hari, bahkan sebelum tidur malam. Padahal, kebiasaan ini bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh. Kuliner malam menjadi sebuah hal yang kerap dilakukan oleh banyak kalangan. Mengonsumsi makanan di malam hari sebenarnya sah-sah saja, namun ketika mengonsumsi dalam jumlah berlebih maka seseorang bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan. Tidak hanya menyebabkan gemuk saja, namun berbagai gangguan kesehatan bisa terjadi akibat kebiasaan buruk tersebut. Untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan akibat makan berlebih di malam hari, sebaiknya aturlah jenis makanan yang akan dikonsumsi jika anda berniat untuk menyantap makanan di waktu malam.

Tidak hanya kaum laki-laki saja yang hobi makan di malam hari. Beberapa wanita yang bekerja dan pulang malam, tentu mereka sering konsumsi makanan di malam hari sebelum tidur. Jika wanita, mungkin berat badannya akan meningkat dengan drastis ketika setiap hari mengonsumsi makanan berlebih di waktu malam. Bagi anda yang sering melakukan hal ini, ketahuilah dampak buruk dari makan berlebih di malam hari berikut ini :

-  Gangguan tidur
Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur bisa menyebabkan gangguan organ pencernaan. Sehingga hal itu bisa mempengaruhi kualitas tidur, dan akan membuat seseorang terbangun berkali-kali dalam satu malam. Jika sebelum tidur anda makan dalam jumlah banyak, kemungkinan anda juga akan minum dalam jumlah banyak. Hal tersebut menyebabkan kandung kemih penuh, dan membuat seseorang sering terbangun karena merasa tidak nyaman. 

- Mulas
Konsumsi makanan berlebih sebelum tidur akan membuat perut menjadi mulas. Selain itu juga memicu terjadinya kenaikan asam lambung, sehingga menimbulkan rasa nyeri di bagian dada. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya hindari pengonsumsian makanan kaleng, makanan berlemak, makanan pedas, cokelat, dan juga buah jeruk di malam hari. Disamping itu anda juga harus berhenti makan 2-3 jam sebelum tidur.

- Peningkatan kadar gula
Tahukah anda, konsumsi makanan berlebih di malam hari bisa meningkatkan jumlah kadar gula di dalam darah. Hal ini terjadi pada seseorang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana, sehingga memicu terjadinya peningkatan kadar gula darah. Jadi, hindari konsumsi makanan berkarbohidrat sederhana, ataupun kadar gula yang tinggi di malam hari sebelum tidur.

- Peningkatan berat badan
Tentunya hal Ini sudah diketahui oleh banyak orang, jika makan di malam hari itu menyebabkan berat tubuh menjadi terus meningkat. Terutama jika seseorang mengonsumsi makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi, yang mampu meningkatkan berat badan. Oleh sebab itu, Jika anda merasa lapar di malam hari, sebaiknya hindari konsumsi makanan berlemak dan lebih utamakan pada jenis makanan berserat dan menyehatkan pencernaan. Layaknya seperti yogurt rendah lemak, muffin gandum, atau jenis-jenis buah yang berserat tinggi dan bisa membuat perut menjadi kenyang.

Dari beberapa ulasan di atas, membuat seseorang menjadi lebih berhati-hati jika sering makan di malam hari. Khusus bagi anda yang hobi makan bakso, sate, rendang, ataupun jenis makanan berlemak lainnya di malam hari, sebaiknya hindarilah kebiasaan itu. 

Namu jika ingin tetap menyantapnya, sebaiknya konsumsi di siang atau sore hari. Konsumsi beberapa makanan berlemak tersebut di malam hari, akan meningkatkan risiko obesitas yang tentunya akan membahayakan kesehatan anda. Sah-sah saja makan di malam hari itu, tapi jangan berlebihan ( kurangi porsinya ), dan jangan makan makanan berlemak tinggi. Seseorang lebih disarankan mengonsumsi buah dan sereal gandum untuk mengganjal perut yang sedang lapar di malam hari.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar