Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbahaya, Jangan Langsung Mandi Setelah Makan

image: huffingtonpost.com
Mengkonsumsi makanan dan minuman memang sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap manusia. Dimana makanan dan minuman, Merupakan modal utama bagi manusia untuk menambah kekuatan dan perkembangan dalam menjalankan segala aktifitas yang anda. Namun di sisi lain, Hendaknya dalam mengkonsumsi makanan ini setidaknya seseorang mengetahui tentang aturannya. 

Perlu anda ketahui, Bahwa ternyata dalam mengisi perut alias makan, Ada tata cara yang perlu diperhatikan. Diantaranya jika seseorang langsung mandi setelah makan, Maka akan bisa memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Hal demikian karena dari berbagai alasan pun bisa dipastikan, Bahwa mengkonsumsi makanan kemudian langsung mandi akan berpengaruh sekali pada kinerja organ yang ada dalam tubuh. Dan tentunya hal demikian akan memberikan efek berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. 

Sebenarnya mengkonsumsi makanan ini, pastinya hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika diselingi dengan mandi setelah makan, Tentunya akan berbalik arah pada kondisi yang tidak baik bagi tubuh. Lantas, Mengapa bisa sampai demikian….?

Hal demikian karena ketika seseorang usai mengkonsumsi makanan, maka suhu tubuh pun akan meningkat. Sehingga jika setelah mengkonsumsi makanan langung saja mandi, Maka kondisi pada suhu tubuh akan turun secara tiba-tiba. Dan dari situ akan menyebabkan volume aliran darah pada saluran lambung dan usus menjadi berkurang. Kemudian apa dampaknya….?, Hal tersebut bisa berdampak pada fungsi lambung yang melemah, bahkan sistem pencernaan dalam tubuh bisa terganggu.

Disaat tubuh sedang melakukan proses metabolisme, maka tubuh pun akan menyerap, mengolah, dan mengalirkan beberapa zat makanan ke seluruh organ tubuh. Sehingga suhu dalam tubuh pun juga akan meningkat tajam. Dimana biasanya tubuh juga sering merasa gerah dan berkeringat seusai mengkonsumsi makanan. Yang mana suhu tubuh ini bisa meningkat karena aliran darah dalam tubuh lebih cepat. 

Sehingga jika tubuh dalam kondisi yang seperti itu langsung saja disiram dengan air atau mandi, maka hal demikian akan memberi kejutan di area permukaan tubuh anda. Dimana saraf-saraf di kulit dan aliran darah secara tiba-tiba menjadi dingin. Dari situ nantinya akan menimbulkan kerusakan permanen pada pembuluh darah jika kebiasaan langsung mandi setelah makan ini sering terulang. Selain itu, kasus yang seperti ini akan menjadi cikal bakal dari timbulnya stroke atau penyumbatan pada aliran darah dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, Yang mana saat setelah makan, Maka darah dalam tubuh akan berkumpul dalam sistem pencernaan. Dan jika di saat itu anda langsung mandi, maka pembuluh darah yang ada dalam tubuh akan mengembang. Sehingga dari situ akan membuat darah mengulang kembali fungsi kerjanya. Dengan adanya hal tersebut, Maka bisa menjadikan sirkulasi darah dalam sistem pencernaan mengalami gangguan. 

Nah, Oleh sebab itu setelah kita makan, Hendaknya kita jangan langsung mandi. Tunggulah minimal 30 menit setelah makan, baru kita bisa mandi. Sehingga dengan begitu, Tubuh kita bisa menjalankan fungsi kerjanya dengan baik dan maksimal.