Awas, 9 Jenis Penyakit Ini Ancam Peminum Alkohol

image: wearechange.org
Seperti yang diketahui, jika alkohol itu tidak baik bagi kesehatan. Meskipun demikian, masih banyak orang yang mengkonsumsi alkohol di setiap harinya. Padahal senyawa kimia di dalam alkohol ini bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, hingga mengancam nyawa pengkonsumsi. Biasanya minuman beralkohol dijadikan sebagai pelengkap dalam beberapa acara. Bahkan sejumlah orang akan tetap mengkonsumsi ini karena beranggapan supaya dirinya menjadi lebih fit dalam beraktifitas, Namun mereka tidak memikirkan jangka panjangnya. Ketahuilah, alkohol ini bisa merusak sistem kerja organ dalam, Oleh sebab itulah setiap orang harus mengetahui apa bahaya dari mengkonsumsi minuman beralkohol. Beberapa penelitian membuktikan, Bahwa seseorang yang mengkonsumsi alkohol lebih dari 10 tahun lamanya, maka mereka berisiko terhadap serangan penyakit paru-paru dan juga jantung.

Tidak menjadi sebuah rahasia jika konsumsi alkohol bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan, Bahkan berbagai penyakit kronis bisa menyerang pecandu alkohol. Namun, minuman yang mengandung alkohol justru menjadi minuman favorit yang konon dimanfaatkan sebagai penambah stamina. Bagi anda yang masih menjadi pecandu alkohol, maka ketahuilah bahayanya berikut ini, dan segera hindari minuman tersebut :

- Menyebabkan Anemia
Anemia merupakan penyakit yang bisa dialami oleh pecandu alkohol. Mungkin banyak yang tidak menyangka jika kekurangan darah bisa menyerang pecandu alkohol. Seseorang yang mengkonsumsi alkohol secara berlebih, bisa memicu jumlah sel darah merah menjadi menurun sehingga jumlahnya jauh di bawah kondisi normal. Selain itu, Anemia bisa menyebabkan kelelahan, pingsan, hingga terjadinya sesak nafas. 

- Kanker
Penyakit kanker merupakan penyakit yang menjadi momok bagi banyak orang, pasalnya proses penyembuhannya sangat sulit. Sejumlah ilmuwan mengatakan, jika konsumsi alkohol berlebih akan bisa memicu terjadinya kanker. Proses ini terjadi ketika alkohol masuk ke tubuh, kemudian diubah menjadi asetaldehida, yang merupakan jenis karsinogen kuat. Kanker yang bisa terjadi pada pecandu alkohol diantaranya adalah kanker hati, kanker mulut, kanker tenggorokan, kemudian kanker laring dan juga kanker esofagus.

- Penyakit kardiovaskular
Ketahuilah, seseorang yang mengkonsumsi alkohol secara berlebih menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular. Dimana asupan alkohol yang sangat berlebihan bisa membuat trombosit mengumpul, serta dapat memicu terjadinya penyakit stroke ataupun jantung. 

- Sirosis
Perlu diketahui, alkohol ini merupakan racun bagi sel-sel hati. Dan hampir semua peminum beratnya memiliki risiko serangan sirosis, atau kerusakan pada hati sehingga membuat hati tidak berfungsi dengan baik.

- Demensia
Seiring dengan bertambahnya umur otak, akan mengalami penyusutan rata-rata sekitar 1,9% per dekae. Namun Jika seseorang pecandu alkohol, penyusutan bisa terjadi lebih cepat sehingga menyebabkan hilangnya memori.

- Kejang
Penyakit kejang atau epilepsi, bisa terjadi ketika seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. 

- Gout
Gout merupakan penyakit yang disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat pada sendi. Jadi meskipun tidak memiliki penyakit keturunan, Penyakit gout bisa saja menyerang bagi para pecandu alkohol.

- Tekanan darah tinggi
Ketahuilah, konsumsi alkohol secara berlebih bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Disamping itu juga bisa menyebabkan penyakit ginjal, jantung, hingga stroke akibat tingginya tekanan darah di dalam tubuh.

- Pankreatitis
Minum alkohol tidak hanya menyebabkan iritasi lambung. Namun konsumsi alkohol juga bisa merusak pankreas, sehingga menyebabkan terjadinya penyakit pankreatitis. 

Dengan mengetahui beberapa penyakit yang membahayakan bagi pecandu alkohol, Maka membuat seseorang lebih waspada untuk menghentikan konsumsi minuman beralkohol. Untuk memulihkan kondisi organ tubuh yang terkena senyawa kimia dari alkohol, seseorang disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mampu meluruhkan racun berbahaya dari alkohol tersebut.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar