Ini 4 Dampak Buruk Jika Terlalu Banyak Minum Kopi

Minum kopi boleh-boleh saja, namun apa jadinya jika keseringan konsumsi minuman berkafein ini?, Ya, tentunya akan terjadi gangguan kesehatan. Kopi menjadi salah satu minuman yang khas dan disukai oleh banyak orang. Tidak hanya kaum lelaki saja yang hobi minum kopi, faktanya tidak sedikit kaum wanita yang juga hobi mengkonsumsi kopi di waktu luangnya. Beberapa orang lebih memilih untuk mengkonsumsi kopi di pagi ataupun malam hari. Kafein memang bermanfaat bagi kesehatan otak, namun pengkonsumsian yang terlalu sering itu justru membahayakan kesehatan. Tidak hanya kopi hitam, namun semua jenis kopi baik itu cappucino, mochachino, ataupun jenis kopi yang dikombinasikan lainnya.
 
Bagi anda yang hobi mengkonsumsi kopi, wajib mengetahui beberapa efek samping ini. Minum kopi disarankan cukup dua kali atau satu kali saja dalam sehari. Mengingat efek sampingnya yang mampu mengganggu kesehatan. Dengan demikian bagi anda yang paling hobi mengkonsumsi kopi, ketahuilah dampak buruk minum kopi yang berlebihan berikut ini :
 
1. Psikologis dan kecemasan
Hal ini bisa terjadi akibat kafein yang memicu seseorang menjadi lebih sensitif dan sering merasa cemas. Para pecandu kopi lebih mudah tersinggung karena kondisi psikologis terganggu akibat senyawa kafein. Jadi, jika anda pecandu kopi dan ingin terhindar dari kecemasan dan gangguan psikologis, maka kurangi kebiasaan minum kopi dan batasi jumlah konsumsinya.
 
2. Halusinasi dan delusi
Halusinasi dan delusi merupakan salah satu gejala umum dari skizofrenia, yang mana bisa membuat seseorang mendengar suatu hal yang sebenarnya tidak ada. Hal ini akan dialami mereka yang setiap harinya mengkonsumsi kopi dalam jumlah berlebih. Mayo clinic menyarankan, bagi siapa saja yang setiap harinya mengkonsumsi 500 miligram kopi atau sekitar 5 cangkir, maka disarankan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Jadi, cukup mengkonsumsi kopi satu kali atau maksimal dua kali saja supaya terhindar dari halusinasi dan delusi.
 
3. Gugup dan gelisah
Hal ini terjadi karena efek stimulan yang ada di dalam kopi mengarah pada pusat otot dan hati, sehingga mempengaruhi aktifitas motorik. Bagi mereka yang mengkonsumsi 50 miligram kafein per harinya, bisa dipastikan bahwa seseorang tersebut akan mengalami detak jantung, atau takikardia dan agitasi. Dari sebuah penelitian membuktikan jika hal tersebut benar adanya. Disamping itu, terlalu berlebih dalam mengkonsumsi kopi akan memicu terjadinya kejang otot dan juga kegelisahan. Tidak hanya kegelisahan, namun mengkonsumsi kopi dalam waktu sering akan menyebabkan mata kabur serta mata terus berkedut. Jadi bagi anda yang mengkonsumsi kopi dan mengalami hal ini, sebaiknya hentikan kebiasaan konsumsi kopi dalam jumlah berlebih.
 
4. Osteoporosis
Banyak yang tidak mengetahui jika mengkonsumsi kopi ini bisa menyebabkan osteoporosis atau kelainan tulang belakang. Efek ini bisa dialami oleh semua pecandu kopi. Seseorang yang setiap harinya mengkonsumsi kopi lebih dari 5 cangkir, maka risiko osteoporosis ini bisa dialaminya. Sehingga kepadatan tulang belakang bisa berkurang, akibat kafein yang terlalu berlebih.
 
Empat efek berbahaya dari pengkonsumsian kopi dalam jumlah berlebih tersebut, ternyata masih jarang diketahui. Disamping itu, konsumsi kopi di malam hari juga bisa menyebabkan gangguan tidur atau insomnia. Gangguan tidur ini bisa terjadi akibat kandungan kafein dari kopi menumpuk terlalu banyak, sehingga mengganggu sistem kerja syaraf otak, serta membuat seseorang menjadi sulit tidur. Dengan penjelasan tersebut, semoga anda lebih memahami bagaimana cara yang baik dalam mengkonsumsi minuman berkafein, layaknya kopi.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar