6 Rahasia Di Balik Gerakan Sholat Dari Segi Kesehatan

image: worldbulletin.net
Sholat lima waktu menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim. Di sisi lain, Sholat ternyata tidak hanya menjadi bekal atau amalan utama di akhirat nanti, Namun ternyata gerakah-gerakan yang dilakukan saat sholat mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dari segi medis, sholat disebut sebagai gudang obat dari beragam penyakit. Jadi, sholat itu dianggap mampu mengatasi beragam gangguan kesehatan pula.

Perlu anda tahu, Gerakan sholat dari awal hingga salam ternyata menyimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan fisik, mental, hingga keseimbangan spiritual serta emosional. Namun, sampai saat ini ada sebagian orang yang belum memahami bahwa gerakan sholat itu menyimpan rahasia manfaat bagi kesehatan.

Menunaikan Sholat 5 waktu, Sudah tentu menjadi hal yang utama setiap muslim dalam menggapai Ridlo Allah S.W.T. Sebagai seorang muslim yang rutin melakukan kewajiban ini, Anda harus mengetahui keajaiban dari gerakan sholat, Yang mana mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sehingga anda bisa menjalankan sholat dengan penuh tuma’ninah, Serta dengan penuh kekhusyu’an tentunya.

- Takbiratul Ihram (Niat)
Takbiratul Ihram, Merupakan gerakan pertama yang dilakukan saat sholat. Dimana seseorang berdiri tegak dan mengangkat kedua tangan di atas dada / di samping telinga dengan membaca niat, Diiringi fikiran yang lebih fokus kepada Allah. Gerakan ini akan melancarkan aliran darah, getah bening, serta kekuatan otot lengan Anda.

- Rukuk
Dimana dalam gerakan ini, Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Sehingga rukuk mampu menjaga fungsi tulang belakang yang memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. 

- I’Tidal
Gerakan bangun dari rukuk, Dimana tubuh kembali tegak dan mengangkat kedua tangan hingga di samping telinga. Gerakan berdiri dari membungkuk ini mampu membuat pencernaan lebih sehat. Pasalnya, organ di dalam perut akan mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian.

- Sujud
Sujud merupakan gerakan menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, kemudian ujung kaki, Serta dahi pada lantai / alas. Gerakan sujud ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Dimana aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Sementara posisi jantung di atas otak mampu membuat darah bisa mengalir ke otak secara maksimal. Dengan begitu, aliran darah tersebut akan berpengaruh baik pada pikiran seseorang. 

- Duduk
Dalam sholat terdapat dua jenis duduk, yaitu tahiyat awal dan tahiyat akhir, Dengan peletakan posisi telapak kaki yang berbeda. Manfaat utamanya adalah menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang biasanya membuat kaki menjadi linu. Duduk pada tahiyat akhir mampu menekan aliran kandung kemih. Dengan demikian, Duduk di saat sholat mampu membuat kaki lebih sehat dan terhindar dari rasa nyeri.

- Salam
Salam merupakan gerakan terakhir di waktu sholat. Dimana, Salam ini adalah gerakan memutar kepala ke arah kanan dan kiri secara maksimal. Manfaat utamanya adalah mampu merelaksasi otot di sekitar leher, serta lebih menyempurnakan aliran darah di bagian kepala. Selain itu, gerakan ini juga mampu mencegah terjadinya sakit kepala, dan mampu menjaga kekencangan kulit wajah. Sungguh tak disangka, bahwa sholat juga membantu merawat kesehatan kulit wajah.

Nah…, Tidak hanya mendapat pahala saja ketika kita menjalankan rukun islam yang ke dua ini (sholat). Berbagai manfaat bagi kesehatan ternyata akan membuat tubuh menjadi lebih baik. Sholat juga mampu membuat mental seseorang menjadi lebih kuat. Sementara, Sholat ini sangat mudah untuk dikerjakan, Serta gerakan-gerakan yang dilakukan dalam sholat juga tidak membuat seseorang merasa sulit. 

Sebagai umat muslim, tentu anda sudah belajar sholat sejak kecil bukan..?. Dan setelah mengetahui manfaat sholat dari segi kesehatan tersebut, Masihkah anda mau meninggalkan sholat?. Mulai sekarang, Segera penuhi sholat 5 waktu beserta sholat sunnah dengan penuh rasa ikhlas dan khuyu’. Karena di balik semua itu, Selain mendapat Ridlo Allah S.W.T, Kita juga akan mendapatkan sisi positif bagi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar