Hindari 5 Hal Ini Setelah Berhenti Merokok

image: health.clevelandclinic.org
Merokok merupakan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan beragam gangguan kesehatan. Kandungan senyawa kimia di dalam rokok akan memicu terjadinya gangguan kinerja organ dalam tubuh kita. Meskipun merokok ini sangat berbahaya, beberapa orang masih saja memiliki kebiasaan ini. Disamping banyaknya perokok, ternyata ada beberapa kalangan yang berhasil berhenti merokok karena mereka ingin kembali menjadi sehat. 

Setelah berhasil berhenti merokok, seseorang akan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan khusus, dan harus menghindari jenis makanan yang bisa membuat tubuhnya menjadi tidak sehat. Jadi, sebenarnya menjadi seorang perokok itu akan mendapatkan berbagai masalah kesehatan. Untuk itu berhentilah merokok sebelum digerogoti penyakit berbahaya.

Setelah berhenti merokok, seseorang tidak dianjurkan untuk melakukan beberapa hal. Karena masa dalam berhenti merokok ini, Bisa disebut dalam masa pemulihan dengan keluarnya racun-racun rokok yang mengumpul di dalam tubuh. Untuk itu, bagi anda sebagai perokok dan sudah berhasil berhenti merokok, maka sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan berikut ini :

1. Konsumsi kopi
Seperti yang kita ketahui, kopi dan rokok seakan tidak bisa dipisahkan. Semua perokok pasti suka minum kopi karena sudah kecanduan. Ketika anda sudah berhasil berhenti merokok maka sebaiknya hentikan kebiasaan minum kopi, setidaknya satu minggu setelah berhenti merokok. Dalam hal ini disarankan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak. Tujuannya, racun-racun di dalam tubuh supaya luntur terlebih dahulu. Dan, ketika sudah membaik anda baru mengonsumsi kopi, Namun harus dibatasi takarannya misalnya 1 kali dalam sehari.

2. Konsumsi alkohol
Alkohol biasanya juga menjadi pelengkap bagi pecandu rokok. Racun rokok yang menumpuk akan menyebabkan gangguan kesehatan jika anda mengonsumsi alkohol. Jadi, setelah anda sukses berhenti merokok, sebaiknya hindari konsumsi alkohol hingga beberapa bulan kemudian. Namun, alangkah lebih baik jika anda menghindari konsumsi alkohol seterusnya supaya tubuh tetap sehat.

3. Stres
Bagi perokok, stres akan menjadi faktor yang bisa meningkatkan keinginan untuk merokok lagi. Seseorang yang stres, biasanya ingin menghisap rokok dengan melampiaskan pikirannya yang sedang kacau. Oleh sebab itulah, setelah berhenti merokok hindari hal-hal yang bisa membuat anda stres. Sebaiknya relaksasikan pikiran anda dengan melakukan kegiatan positif, yang senantiasa mampu membuat perasaan menjadi lebih ceria.

4. Kecemasan
Ternyata tidak hanya stres saja, namun sebuah kecemasan bisa membuat seseorang menjadi ingin menghisap rokok lagi. Untuk mencegah terjadinya keinginan merokok lagi, seseorang perlu menghindari kecemasan. Dengan demikian jangan mudah merasa cemas ataupun over thinking supaya kebiasaan merokok ini bisa benar-benar berhenti.

5. Adu argumen
Sebagai seorang yang baru berhenti merokok, sebaiknya anda menghindari adu argumen. Karena, hal ini bisa membuat anda menjadi stres sehingga ingin menghisap rokok lagi. 

Itulah beberapa hal yang harus anda hindari setelah berhasil berhenti merokok. Disamping anda harus menghindari ke lima hal tersebut, ternyata juga terdapat sejumlah hal yang harus anda lakukan. Pertama konsumsi sayuran hijau yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga racun dan radikal bebas di dalam tubuh bisa berkurang dengan baik. Kemudian tingkatkan konsumsi air putih yang mampu mendetoksifikasi racun-racun di dalam tubuh. 

Tanpa dijelaskan pun seseorang mungkin sudah mengetahui akan bahaya dari merokok. Dari banyaknya bahaya tersebut, sangatlah lebih baik jika anda berhenti dari kebiasaan tersebut. Untuk itu, jika anda ingin kembali sehat setelah berhenti merokok, maka lakukan hal-hal positif dan hindari 5 hal di atas.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar