Awas, Kutu Sekecil Pasir Ini Sangat Mematikan

image: animaldiversity.org
Tak disangaka, Bahwa ternyata ada hewan kecil yang cukup mengancam akan kesehatan tubuh manusia. Secara sepintas, Tentunya kebanyakan orang mengetahui tentang keberadaan kutu yang identik sekali dengan sebutan hewan. Yang mana kerap menghinggap di bagian tubuh manusia, serta membuat rasa gatal. 

Namun kutu yang berukuran kecil, Biasanya sering dianggap sebuah serangga biasa yang tak terlalu membahayakan bagi tubuh. Bahkan bagi sebagian orang seringkali membiarkannya jika ada jenis serangga menghinggap pada bagian kepala mereka. Padahal bila diperhatikan secara cermat, ternyata ada jenis serangga kecil yang cukup mematikan bila sampai menyerang tubuh manusia. 

Jenis kutu yang mematikan tersebut bernama Tunga Penetrans, atau juga dikenal dengan istilah Jigger. Yang mana jigger ini memiliki ukuran yang sangat kecil sekali, Sehingga bila mereka berada dan bersembunyi di pasir, maka sangat sulit untuk membedakan antara jigger dengan butiran pasir. 

Dan perlu anda ketahui, bahwa si kutu mematikan ini atau jigger biasanya banyak ditemui di daerah Afrika. Yang mana jenis serangga ini bergerak masuk ke dalam kulit kaki manusia. Sehingga dari situlah nantinya jigger akan menggerogoti kesehatan tubuh secara perlahan. Bahkan jigger juga mampu mengancam akan keselamatan hidup manusia. Cukup mengerikan bukan….?

image: natgeocreative.com
 Berawal dari cara jigger ini masuk ke dalam tubuh manusia, dimana jika mereka telah menempel pada bagian kaki manusia, maka terlebih dahulu Si kutu mematikan ini akan mengubur kepalanya ke dalam daging. Namun jigger ini sengaja membiarkan bagian perutnya terbuka. Setelah dua minggu kemudian, maka perut dari jigger pun akan terisi penuh dengan telur di dalamnya. Dan jika telur jigger ini sampai menetas satu saja, maka Si induk kutu akan mati. Sehingga dari situ akan menyebabkan infeksi pada bagian daging manusia yang dihinggapi oleh jigger. 

Bahkan tidak akan berhenti dari situ saja, Bahwa bila anak-anak jigger sudah menetas semua, maka mereka akan berusaha untuk menghancurkan  jaringan saraf lunak dan pembuluh darah pada manusia. Sehingga dari situ akan menjadikan tubuh merasakan sakit yang cukup hebat bila tidak segera ditangani secara medis.

image: vacunasyviajes.es
 Sementara hewan-hewan kecil ini pun memang bersifat parasit. Dimana jigger akan selalu meninggalkan luka atau infeksi pada tubuh manusia. Lebih parahnya, Nantinya akan bisa mengakibatkan terjadinya amputasi pada anggota tubuh yang terpapar, Bahkan sampai menimbulkan kematian bagi orang yang dihinggapi oleh si kutu kecil ini. 

Oleh karena itu, Setidaknya anda bisa waspada akan keberadaan jigger yang menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh manusia. Dan tetap selalu jaga kebersihan tubuh serta lingkungan, Supaya bisa terhindar dari segala sesuatu yang membahayakan bagi kesehatan tubuh kita.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar