Ingat, 7 Hal Ini Sebaiknya Jangan Dilakukan Saat di Prasmanan

image: huffingtonpost.com
Dalam berkunjung pada sebuah pertemuan maupun acara pernikahan misalnya, dimana dari situ biasanya anda akan dihidangkan dengan berbagai macam menu makanan yang berbentuk prasmanan. Sehingga bentuk sajian makanan yang seperti ini, pastinya anda akan tidak sabar untuk segera bisa mencicipi hidangan yang telah disajikan tersebut. Namun dalam menikmati hidangan yang berbentuk prasmanan ini, setidaknya anda juga mengetahui tentang hal-hal yang sebaiknya jangan dilakukan pada saat mulai menyantap beberapa menu makanan yang telah dihidangkan tersebut. 

Hal demikian bertujuan agar anda tidak terkesan negatif, serta tidak merugikan orang lain yang ada di sekitarnya. Sehingga anda bisa melakukan sikap yang pas pada saat menyantap setiap  menu makanan yang ada di pertemuan prasmanan tersebut. Dengan demikian, pada saat  anda makan pun bisa terlihat profesional dalam menikmati sederatan menu makanan yang telah disajikan. Dimana sederetan menu makanan dari prasmanan ini, memang sering menjadikan banyak orang kalap, Sehingga tidak tahan untuk segera menyantap semua makanan yang ada. Dan inilah beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada saat menikmati makanan dalam acara prasmanan.

1. Mengambil makanan langsung dengan tangan
Bagaimanapun alasannya, setidaknya anda jangan sampai mengambil setiap makanan yang ada dalam acara prasmanan dengan menggunakan tangan langsung. Dimana cara yang seperti ini bisa cenderung kuran sopan, dan juga bisa menyebabkan kontaminasi pada makanan. Oleh karena itu, Hendaknya anda bisa menggunakan penjepit atau sendok yang sudah tersedia, agar bisa tetap terjaga akan kebersihanya. 

2. Bersin
Jika anda sedang mengambil makanan, maka hendaknya anda bisa meengusahakan untuk tidak bersin pada saat mengambil makanan dalam acara prasmanan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bersin menjadi hal yang tak terduga. Akan tetapi jika Anda hendak mau bersin, maka anda bisa menaruh piring terlebih dahulu, dan sedikit menjauh dari tempa prasmanan tersebut. Hal demikian bertujuan agar bekteri atau kuman tidak sampai terkena makanan pada saat anda sedang bersin. 

3. Melahap semua makanan
Perlu anda ketahui, bahwa adanya jejeran menu yang terdapat pada hidangan prasmanan, memang cukup menggoda untuk segera melahap semua makanan yang disajikan. Akan tetapi perlu anda ingat, setidaknya anda bisa mengontrol terhadap porsi makan anda. Yang mana bila anda memakan semua makanan yang ada, maka tentu tidak baik bagi perut dikarenakan kekenyangan makanan.

4. Salah dalam mengambil piring
Biasanya di setiap prasmanan tersedia dua  piring yang berbeda ukuran. Jika anda sampai mengambil piring kecil yang seharusnya untuk roti atau makanan ringan, kemudian anda gunakan untuk menuangkan makanan utama, maka yang demikian termasuk hal yang tidak pas, dan tentunya memalukan bukan…?.

5. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat
Bila anda terlalu banyak makan makanan yang tinggi akan karbohidrat, maka bisa membuat tubuh anda cepat merasa kenyang. Dan sebaiknya anda bisa mengambil makanan yang diperkaya protein atau serat agar tubuh anda bisa lebih ternutrisi. 

6. Makan terlalu cepat
Mengkonsumsi makanan terlalu cepat pada waktu acara prasmanan, maka bisa terkesan seperti orang kelaparan. Dan cara ini pun juga tidak baik untuk kondisi pencernaan tubuh anda. Oleh karena itu, makanlah dengan pelan-pelan saja, dan nikmatilah waktu makan anda dengan kondisi nyaman dan tenang.

7. Menyantap banyak makanan dalam sekali waktu
Setidaknya anda bisa menyantap makanan dengan cara menggunakan beberapa sesi, dan janganlah menyantap makanan dalam satu waktu. Sehingga dari situ anda bisa meluangkan perut  untuk beristirahat sejenak. Kemudian barulah anda bisa mekan kembali untuk sesi yang kedua bila anda penasaran dengan menu makanan yang lain.  Dengan begitu, anda bisa selalu terlihat profesional dan santun  pada saat berada di acara prasmanan tersebut.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar