5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes

image: claycountyhospital.org
Diabetes melitus, Adalah suatu sindrom yang menyerang pada sistem metabolisme akibat dari kombinasi keturunan dan juga lingkungan. Hal tersebut menyebabkan kondisi kadar gula menjadi tidak normal. Kadar gula darah dikontrol interaksi yang kompleks oleh sejumlah zat kimia, dan juga hormon-hormon di dalam tubuh ( termasuk hormon insulin yang diproduksi oleh sel-sel beta di dalam pankreas ). 

Dengan demikian, dapat dikatakan jika diabetes melitus merupakan golongan penyakit kronis. Yang mana mengacu pada penyakit dengan gejala kadar gula darah yang mengalami peningkatan secara drastis. Peningkatan kadar gula ini disebabkan oleh tubuh yang tidak memiliki hormon insulin, atau insulin tidak bisa bekerja sesuai fungsinya.


Dalam kehidupan sehari-hari, memang terdapat berbagai kebiasaan yang dilakukan oleh setiap orang. Dari beberapa kebiasaan yang dilakukan tersebut, ternyata memicu terjadinya gangguan kesehatan. Namun banyak kalangan yang tidak menyadari jika kebiasaan yang mereka lakukan itu memicu beberapa penyakit. Untuk kali ini, Artikel ini akan membahas tentang beberapa kebiasaan yang memicu terjadinya serangan diabetes. Nah, Berikut adalah kebiasaan buruk yang sudah seharusnya dihindari jika tidak ingin mengalami diabetes :
 
1. Konsumsi minuman yang mengandung pemanis
Ketahuilah, minuman berpemanis itu mengandung banyak kalori dan juga gula. Kedua bahan ini bisa meningkatkan jumlah kadar gula di dalam darah. Ketika gula darah meningkat hingga melebihi batas normal, maka seseorang bisa terserang penyakit diabetes. Untuk menghindari terjadinya peningkatan gula darah, maka seseorang harus mengurangi konsumsi minuman berpemanis seperti soda, hingga berbagai jenis minuman kemasan dengan beberapa varian rasa.
 
2. Telat makan
Bagi anda yang sering terlambat makan, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan ini. Riset membuktikan bahwa terlambat makan itu bisa meningkatkan risiko diabetes. Ketahuilah, bahwa terlambat makan bisa mempengaruhi peningkatan kadar gula darah, sehingga risiko serangan diabetes juga akan meningkat. Untuk itu, aturlah waktu makan anda dengan baik. Mulai dari sarapan tepat waktu yakni sebelum jam 9 pagi, kemudian makan siang yang rutin jam 12, dan untuk makan malam dianjurkan sebelum jam 19.00. Selain itu, utamakan untuk mengonsumsi makanan sehat rendah kalori.
 
3. Kurang mengonsumsi serat
Tahukah anda, serat ternyata sangat baik bagi kesehatan. Seseorang yang kurang mengonsumsi serat, maka mereka lebih berisiko terserang diabetes. Kandungan serat ini bisa didapatkan dari sayur ataupun buah. Sehingga bagi anda yang jarang mengonsumsi sayur ataupun buah, berhati-hatilah karena diabetes bisa saja menghantui anda. Nah.., Untuk mengurangi risiko serangan diabetes anda harus mengonsumsi makanan berserat.
 
4. Ngemil di tengah malam
Hal ini tidak dianjurkan bagi semua orang. Jadi, pada saat anda mengalami insomnia dan terbangun di tengah malam, sebaiknya jangan mengonsumsi camilan. Terutama konsumsi camilan manis yang berisiko meningkatkan kadar gula di dalam darah. 
 
5. Stres
Terlalu sering stres, ternyata bisa meningkatkan risiko diabetes. Jadi hindari kebiasaan stres dan rileksasikan pikiran anda supaya tidak stres. 
 
Mengingat diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, maka sudah seharusnya seseorang melakukan pencegahan. Bagi anda yang memiliki beberapa kebiasaan di atas, sebaiknya segera hindari kebiasaan tersebut, dan segera beralih dalam kebiasaan lebih sehat. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis, kemudian hindari konsumsi alkohol, serta lakukan diet sehat bagi anda yang memiliki tubuh gemuk. Cara-cara tersebut mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dengan kadar gula yang terkontrol, Sehingga anda akan terbebas dari serangan diabetes.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar