Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kebiasaan Sepele Ini Tingkatkan Serangan Jantung

image: tapgenes.com
Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, oleh sebab itulah harus dijaga kesehatannya. Tanpa organ jantung yang berfungsi dengan baik, maka beberapa bagian tubuh lainnya bisa mengalami gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena peredaran darah yang tidak lancar, sehingga tubuh terasa mudah lemah ataupun pusing akibat tidak lancarnya aliran darah ke otak. Kesehatan jantung bisa saja dipicu dari kebiasaan makan seseorang dalam sehari-hari. Jenis makanan yang dikonsumsi biasanya akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan jantung.
 
Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat dengan berbagai organ dalam yang bisa berfungsi dengan baik. Ketika seseorang mengalami gangguan kesehatan, maka mereka akan berusaha supaya tubuhnya kembali sehat. Tidak terkecuali dalam menjaga kesehatan jantung. Untuk memiliki jantung yang sehat, sebaiknya anda menghindari 5 kebiasaan sepele berikut ini, Yang ternyata meningkatkan risiko terkena penyakit jantung :
 
1. Malas konsumsi buah dan sayur
Ini merupakan kebiasaan yang harus ditinggalkan karena memicu serangan jantung. Dalam hal ini, untuk menjaga kesehatan jantung itu seseorang disarankan mengonsumsi makanan nabati. Dimana seseorang harus rajin mengonsumsi buah-buahan, kemudian sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak yang mampu membuat jantung lebih sehat. Disamping itu seseorang juga disarankan untuk menghindari makanan junk food yang tidak menyehatkan itu. Sebuah penelitian membuktikan, seseorang yang mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, Maka risiko serangan jantung akan berkurang hingga 20%.
 
2. Suka konsumsi makanan asin
Seringnya konsumsi makanan yang asin ternyata tidak menyehatkan. Ketahuilah, Semakin tinggi kandungan garam yang dikonsumsi, maka risiko serangan darang tinggi juga semakin besar. Ketika seseorang terserang darah tinggi, maka risiko serangan jantung akan meningkat. Dengan demikian, jika anda hobi konsumsi makanan asin maka kurangilah sedikit demi sedikit, Supaya tubuh tetap sehat dan tidak berisiko terhadap serangan jantung.
 
3. Tidak menjaga berat badan
Perlu diketahui, Berat badan yang tidak terkontrol bisa membuat tubuh menjadi obesitas. Kondisi tersebut akan membuat seseorang lebih rentan terhadap serangan jantung. Untuk menjaga berat badan anda, Disarankan untuk mengonsumsi sayur, buah, dan mengganti minuman manis dengan air putih.
 
4. Konsumsi alkohol
Minuman beralkohol memang memicu berbagai gangguan kesehatan. Tidak hanya kesehatan jantung, alkohol juga mampu merusak kesehatan paru-paru. Selain itu, alkohol juga menyebabkan peningkatan berat badan. Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan buruk dengan mengonsumsi alkohol di setiap harinya. Untuk menghindari serangan jantung, Sebaiknya jangan konsumsi minuman jenis alkohol. 
 
5. Tidak menjaga kesehatan gigi
Banyak yang belum mengetahui jika kesehatan gigi masih berhubungan dengan kesehatan jantung. Ketahuilah, seseorang yang tidak menjaga kesehatan giginya maka mereka bisa mudah terserang penyakit jantung. Kebersihan gigi sangat erat kaitannya dengan kesehatan jantung. Salah satu kasus, Ketika seseorang membersihkan sela-sela gigi dengan benang, Maka penumpukan bakteri akan terjadi dan bisa menyebabkan peradangan pada gusi. Sehingga peradangan tersebut bisa menyebabkan terjadinya aterosklerosis. Dengan demikian, Dalam menjaga kesehatan gigi salah satunya dengan rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari.
 
Dari lima kebiasaan tidak baik di atas, Mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang. Dengan demikian, bagi anda yang ingin sehat dan tidak mudah terserang jantung maka sudah seharusnya menghindari kebiasaan di atas, serta mengarah pada gaya hidup sehat. Perbanyak konsumsi sayur, buah, dan juga berolahraga supaya jantung tetap sehat. Berjalanan kaki setiap hari juga mampu membuat jantung menjadi lebih sehat. Jadi, segeralah beralih ke dalam hidup sehat.