6 Makanan Dan Minuman Ini Sehatkan Tulang Anda

image: pipandpear.ie
Tulang membutuhkan nutrisi tepat supaya tetap sehat dan kuat. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tulang adalah kalsium. Dengan asupan kalsium yang tercukupi, maka kesehatan dan kekuatan tulang akan terjaga dengan baik. Seseorang bisa beraktifitas dengan baik ketika tulangnya sehat, serta tidak mengalami nyeri ataupun linu. Karena tulang ini sangat penting maka kesehatannya harus dijaga pula, Mulai dari asupan makanan hingga olahraga yang mampu menjaga kesehatan tulang. 

Kesehatan tulang biasanya akan mulai menurun ketika memasuki usia 30 tahun. Jadi, bagi anda yang ingin memiliki tulang yang kuat sebaiknya konsumsilah makanan sehat yang mengandung kalsium dan vitamin D. Menghindari makanan berbahan kimia tinggi juga mampu mencegah terjadinya gangguan kesehatan tulang.

Dalam menjaga kesehatan tulang seseorang perlu mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang menyehatkan. Selain asupan vitamin D, tulang juga membutuhkan asupan kalsium untuk menguatkannya. Tulang yang mendapatkan asupan nutrisi tepat, akan tetap kuat dan tidak mudah rapuh. Apalagi dengan asupan nutrisi dan vitamin D yang tercukupi, seseorang juga bisa terhindar dari risiko osteoporosis. Kalsium, juga merupakan nutrisi penting dan harus terpenuhi sejak bayi, masa anak-anak, hingga usia remaja supaya pertumbuhan tulang seseorang tetap kuat. Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang anda perlu mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini :

1. Yogurt
Yogurt merupakan salah satu produk susu fermentasi yang bisa menyehatkan tulang kita. Yogurt ini ternyata mengandung vitamin D yang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan vitamin D pada tulang. Mengkonsumi yogurt sebanyak 1 cangkir akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Tidak hanya itu, yogurt juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

2. Susu
Minuman susu merupakan sumber kalsium yang sudah diketahui banyak orang. Sehingga tidak heran jika pada masa pertumbuhan seseorang sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu, supaya kebutuhan kalsium terpenuhi dengan baik.

3. Telur
Telur mengandung protein dan juga vitamin D yang ternyata sangat dibutuhkan tulang. Dengan demikian, jika anda ingin memiliki tulang kuat maka konsumsilah telur setiap hari secara rutin.

4. Almond
Mungkin banyak yang belum mengetahui jika kacang almond mampu menyehatkan tulang. Dengan mengkonsumsi segenggam almond di setiap harinya, akan mampu memenuhi kebutuhan kalsium hingga 18%. Tidak hanya itu, almond juga mampu mencegah terjadinya penyakit jantung.

5. Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang kaya vitamin K dan kalsium. Selain mampu mencegah kanker, brokoli ini juga mampu meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang. Untuk itu, jika anda ingin tulang sehat dan tidak mudah terserang osteoporosis, sebaiknya konsumsilah brokoli dalam waktu sering. Entah itu dijadikan sebagai olahan masakan, ataupun dibuat jus dan dicampur dengan wortel.

6. Jus Jeruk
Hal ini karena buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Dan tahukah anda, Bahwa vitamin C itu sangat dibutuhkan oleh tulang kita. Jadi, dengan mengkonsumsi jus jeruk di setiap harinya, maka akan mampu menyumbang kebutuhan kalsium harian sebanyak 6%. 

Dari enam jenis makanan dan minuman tersebut mengandung nutrisi yang sangat menyehatkan bagi tulang dan juga tubuh anda. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat tubuh semakin sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Bagi anda yang sudah berusia 40 tahun keatas dan ingin terhindar dari masalah osteoporosis, sebaiknya konsumsilah beberapa jenis makanan dan minuman tersebut. Jadi, segera beralih dengan konsumsi makanan sehat jika ingin memiliki tulang kuat dan sehat di usia senja.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar