Tak Disangka, 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Bau Mulut

image: pantrygardenherbs.com
Bau mulut merupakan salah satu masalah yang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Dengan bau mulut yang tidak sedap seseorang tentu merasa minder jika akan berbicara di hadapan orang lain secara tatap muka. Berbagai faktor menjadi penyebab terjadinya bau mulut mulai dari kondisi kebersihan gigi, kebersihan mulut, hingga pengonsumsian jenis makanan yang bisa meningkatkan bau mulut. Setiap orang yang mengalami bau mulut tentu akan melakukan upaya agar bau tersebut teratasi dengan baik. Tidak bisa dipungkiri, jika bau mulut itu mengurangi rasa percaya diri dalam berpenampilan. Terutama bagi anda yang setiap hari beraktifitas dengan banyak kalangan.

Selama ini, mungkin kita hanya mengetahui beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan bau mulut seperti jengkol, ataupun petai. Namun, untuk kali ini terdapat makanan yang biasa kita konsumsi ternyata menjadi penyebab terjadinya bau mulut. Berikut ini adalah sederet makanan dan minuman penyebab bau mulut yang sebelumnya tidak pernah diduga :

1. Pepermint
Rasa dingin dari permen pepermint biasanya dijadikan untuk menyegarkan nafas. Namun, ternyata pepermint akan membuat mulut menjadi lebih berbau dan hal ini tentu tidak diketahui oleh banyak orang. Memang, sesaat setelah mengonsumsi permen pepermint mulut bisa menjadi lebih segar. Tetapi, setelah permen tersebut hilang atau habis maka nafas akan menjadi lebih berbau. Untuk itu jika ingin membuat nafas tetap segar, jangan gunakan pepermint yang hanya menambah bau mulut.

2. Makanan manis
Selama ini mungkin dianggap tidak ada hubungannya antara makanan manis dengan bau mulut. Makanan manis memang sering dijadikan sebagai camilan praktis, bahkan ini menjadi hidangan yang tidak ketinggalan dalam sebuah acara. Dibalik rasa nikmat dari makanan manis ini, ternyata menyebabkan mulut menjadi bau. Hal ini disebabkan oleh sisa makanan manis yang menumpuk di dalam sela-sela gigi, sehingga menjadi bakteri penyebab bau mulut.

3. Daging
Selama ini daging dikenal sebagai makanan dengan kandungan nutrisi baik yang mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun, kandungan protein tinggi di dalam daging mampu membuat mulut menjadi berbau tidak sedap. Hal ini karena protein yang masuk ke dalam tubuh akan menghasilkan amonia yang membuat bau mulut semakin tidak sedap.

4. Kopi
Minuman berkafein yang bisa membuat mata melek ini, ternyata menjadi penyebab bau mulut. Beberapa orang mungkin sudah salah menggunakan kopi sebagai penghilang bau mulut setelah mereka mengonsumsi petai. Pasalnya, kandungan asam yang tinggi di dalam kopi memicu terjadinya perkembangan bakteri di dalam mulut. Sehingga meningkatkan aroma busuk di dalam mulut anda. Namun, bagi anda pecinta kopi bisa mencegahnya, Yakni dengan membersihkan mulut setelah konsumsi minuman ini supaya nafas tetap segar.

5. Alkohol
Mengonsumsi alkohol memang akan membuat mulut menjadi lebih kering. Mulut yang kering terjadi akibat produksi air liur yang sangat rendah. Padahal air liur itu mengandung oksigen yang memiliki peran penting untuk mengurangi bakteri di dalam mulut. Sementara alkohol membuat produksi air liur berkurang, pada akhirnya menyebabkan bau mulut.

Cukup mengherankan, ketika mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman yang disebutkan di atas mampu membuat mulut menjadi lebih berbau. Nah, Untuk mencegah terjadinya bau nafas yang lebih buruk, anda bisa menghindari konsumsi makanan dan minuman tersebut. Namun, jika ingin mengonsumsi tetap sah-sah saja, Tapi jangan lupa untuk segera membersihkan mulut supaya tidak berbau.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar