7 Jenis Makanan Ini Mampu Sehatkan Mata Anda

image: slate.com
Menjaga kesehatan mata diperlukan karena organ penting ini merupakan sebagian salah satu keseimbangan tubuh. Supaya  terjaga dari segala penyakit serta bisa melihat dengan baik dan nyaman, maka kesehatan mata harus diperhatikan. Karena mata yang sehat, kita bisa melihat apapun keindahan alam semesta ini. Berbagai cara dapat diterapkan untuk merawat dan menjaga kesehatan mata dengan baik. Terutama pada saat membaca buku juga harus diatur, janganlah terlalu dekat dengan mata anda.  Sebaiknya dalam membaca buku, aturlah jarak baca antara buku dengan mata kurang lebih 30cm untuk mencegah terjadinya mata rabun dekat. Kemudian hindari membaca sambil tiduran supaya tidak mudah mengalami rabun. 

Mempunyai mata yang indah dan sehat menjadi keinginan banyak orang, dimana mereka bisa tampil lebih cantik dan percaya diri. Mata yang terlihat putih bening, mampu membuat seseorang menjadi tampil lebih menawan. Saat ini banyak hal yang dilakukan untuk mempercantik mata seperti eyeshadow, mascara maupun eyeliner. Namun kali ini akan memberikan tips paling mudah dan menyehatkan untuk bisa mendapatkan mata indah dan sehat. Berikut 7 jenis makanan yang mampu memperindah dan menyehatkan mata anda :

1. Wortel
Sejak lama wortel dikenal sebagai sayuran yang mampu menjaga kesehatan mata dengan baik. Sayuran berwarna orange ini memang terbukti mampu mempertajam pengelihatan dengan menormalkan fungsi retina. Hal ini disebabkan karena wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Dengan demikian seseorang disarankan untuk mengkonsumsi wortel, baik dalam bentuk jus ataupun sebagai sayuran.

2. Jeruk
Banyak yang belum mengetahui jika buah jeruk mampu meningkatkan kesehatan mata. Vitamin C di dalam buah jeruk ternyata mampu membantu meningkatkan fungsi jaringan mata. Disamping itu, kandungan vitamin E pada jeruk juga mampu meregenerasi antioksidan di dalam organ mata.

3. Black currants
Black currants, merupakan buah yang mengandung antosianin atau zat antioksidan dengan lemak esensial cukup tinggi. Zat tersebut sangat baik bagi kesehatan mata, dan mencegah katarak serta degenerasi makula.

4. Jagung
Jagung mengandung senyawa lutein dan juga zeaxanthin yang mampu mengatasi stres pada mata. Jagung ini juga mampu mempertajam pengelihatan. Untuk itu jika anda ingin memiliki penglihatan lebih tajam, sebaiknya konsumsilah jagung rebus dalam waktu sering.

5. Bayam
Bayam termasuk salah satu sayuran hijau yang bisa menyehatkan mata. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya mampu membuat mata menjadi lebih indah dan sehat. Hal tersebut karena lutein dan zeaxanthin di dalam sayur bayam mampu menyehatkan pengelihatan. Jadi, konsumsilah sayur bayam secara rutin supaya mata anda tetap sehat.

6. Telur
Tidak hanya mencerdaskan otak saja, namun telur juga mampu menyehatkan mata. Di dalam telur mengandung asam amino, lutein, serta sistein yang mampu menyehatkan pengelihatan. Dengan mengkonsumsi telur dalam waktu sering, maka anda bisa mendapatkan mata sehat dan tentunya tetap menawan.

7. Kedelai
Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman leguminose yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, tidak terkecuali kesehatan mata. Di dalam kedelai mengandung vitamin E yang berkhasiat sebagai anti inflamasi, yang mampu memperbaiki gangguan pengelihatan. Kedelai ini bisa dikonsumsi dalam bentuk susu kedelai, kemudian seduhan bubuk kedelai, ataupun dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Beberapa makanan yang telah disebutkan diatas, sangat disarankan bagi anda yang ingin memiliki mata sehat dan indah. Sementara, Kesehatan mata dipicu dari pengkonsumsian makanan, karena asupan nutrisi di dalam makanan sangat dibutuhkan oleh perkembangan jaringan organ mata kita.
Artikel Terkait