7 Makanan Ini Mampu Cegah Risiko Osteoporosis Pada Pria

image: organicfacts.net
Osteoporosis menjadi suatu hal yang paling ditakuti oleh banyak kalangan. Osteoporosis ini bisa terjadi pada mereka yang usianya lebih dari 35 tahun. Seiring dengan bertambahnya usia, kepadatan tulang juga akan menyusut, serta kelainan tulang belakang tidak hanya terjadi pada kaum wanita. Ternyata kaum laki-laki juga berisiko terhadap masalah osteoporosis. Seseorang yang mengalami kelainan tulang belakang bisa sulit untuk melakukan aktifitas. Bahkan mereka tidak bisa duduk ataupun berjalan ketika fungsi tulang belakang ini terganggu. Selain itu, Osteoporosis bisa menyebabkan kelumpuhan, pasalnya tubuh tidak mampu untuk berdiri dan melakukan aktifitas seperti biasanya.
 
Kelainan tulang belakang atau osteoporosis ini jangan dianggap sebagai hal remeh. Sebuah hal fatal bisa saja terjadi akibat gangguan pada tulang belakang ini. Kepadatan tulang yang berkurang membuatnya menjadi rapuh dan tidak berfungsi secara normal. Bagi seorang pria, anda juga harus melakukan pencegahan supaya terhindar dari risiko osteoporosis. Dengan demikian, ketahuilah beberapa makanan yang harus dikonsumsi pria untuk mencegah risiko osteoporosis.
 
Sayuran
Ini lebih diutamakan jenis sayuran hijau yang mengandung vitamin K. Tahukah anda, selain kalsium tulang juga membutuhkan asupan vitamin K untuk menjaga kepadatan dan kekuatannya. Hal ini karena Vitamin K mampu membuat tulang menjadi tetap kuat, sehingga akan terhindar dari masalah tulang rapuh.
 
Kenari 
Dengan mengkonsumsi kenari, ternyata mampu meningkatkan kepadatan tulang. Di dalam kenari mengandung zinc dalam jumlah banyak, dan kandungan ini sangat baik untuk tulang.
 
Buah citrus 
Yang dimaksud dengan buah citrus adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi. Seperti jeruk, lemon, dan sejenisnya. Vitamin C di dalam buah citrus mampu meningkatkan kepadatan tulang belakang. Dengan sering mengkonsumsi buah ini, maka kesehatan tulang belakang anda akan tetap terjaga dengan baik.
 
Jenis kacang-kacangan 
Dimana golongan makanan ini mengandung fosfor dan juga mangan yang cukup tinggi. Sehingga kedua zat ini mampu meningkatkan kepadatan tulang, yang nantinya mampu mencegah terjadinya osteoporosis. Sebagai laki-laki yang ingin sehat tanpa masalah osteoporosis, anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kedelai, almond, dan sejenisnya.
 
Ikan 
Tahukah anda, di dalam daging ikan itu mengandung vitamin D yang tinggi. Dimana vitamin D ini memiliki peran dalam metabolisme kalsium. Dengan mengkonsumsi ikan salmon seminggu sekali, maka kepadatan tulang akan meningkat secara baik. Vitamin D ini juga baik bagi tubuh karena mampu mencegah tumbuhnya sel kanker.
 
Pisang 
Pisang termasuk salah satu buah yang mengandung serat dan kalium yang cukup tinggi. Selain serat, Kandungan nutrisi pada pisang mampu menyehatkan sistem pencernaan. Kalium di dalam buah ini juga sangat dibutuhkan oleh tulang. Jadi, jika ingin terhindar dari masalah osteoporosis, sebaiknya konsumsilah buah pisang dalam waktu sering.
 
Kismis 
Tidak pernah disangka, jika buah yang sering dijadikan sebagai toping roti ini, mampu membuat tulang menjadi lebih kuat. Hal demikian karena di dalam kismis ternyata mengandung magnesium yang mampu meningkatkan kepadatan tulang. 
 
Khusus bagi pria yang ingin terhindar dari masalah osteoporosis, sangat disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan di atas. Kandungan senyawa alami di dalam makanan tersebut, akan meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang belakang. Disamping itu, seseorang juga disarankan mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium tinggi, Karena sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatan tulang belakang anda. 
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar