6 Makanan Kaya Antioksidan, Tangkal Radikal Bebas

image: thebodyconsultants.com
Makanan berantioksidan tinggi mampu membuat anda menjadi lebih sehat. Pasalnya, antioksidan ini merupakan senyawa alami yang mampu menangkal radikal bebas. Tahukah anda apa itu radikal bebas?, Ya radikal bebas adalah zat bebas yang memiliki elektron berbeda. Unsur ini akan beraktifitas secara kimiawi, dan bersifat reaktif serta destruktif atau merusak. Ketika radikal bebas ini tidak bisa tertangkal, maka berbagai gangguan kesehatan pun bisa terjadi. Ketahuilah, radikal bebas menjadi penyebab utama terjadinya serangan penyakit  kronis seperti stroke, kanker, diabates, jantung, hingga penyakit mematikan lainnya. Untuk menangkal radikal bebas, seseorang disarankan mengkonsumsi makanan sehat dengan antikoksidan tinggi.

Menangkal radikal bebas dengan konsumsi makanan berantioksidan
 
Makanan dengan antioksidan tinggi mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Tahukah anda apa itu antioksidan?, Ya antioksidan merupakan senyawa alami yang di dapatkan dari buah, sayur, air mineral, ataupun teh yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Dengan radikal bebas yang tertangkal, maka serangan penyakit akan tercegah secara efektif. Antioksidan ini akan bekerja secara aktif dalam menangkal aktifitas radikal bebas, yang dapat merusak nutrisi di dalam tubuh. Untuk lebih mudah dalam memenuhi asupan antioksidan, anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini :

- Kacang-kacangan
Sebelumnya sudah diketahui jika jenis kacang-kacangan itu sehat. Tetapi jenis kacang yang mengandung antioksidan tinggi adalah kacang yang berwarna. Studi membuktikan jika kandungan antioksidan tinggi itu didapatkan pada kacang-kacangan berwarna misalnya kacang hijau, kacang merah, kacang polong, dan sejenisnya. Dengan begitu, antioksidan tersebut mampu mencegah terjadinya penyakit kanker dan jantung.

- Anggur
Buah ini memiliki rasa yang khas dan banyak disukai oleh berbagai kalangan. Buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C di dalam buah anggur mampu menjaga kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

- Sayuran hijau
Di dalam sayuran hijau mengandung nutrisi yang mampu mengatasi berbagai gangguan penyakit. Vitamin C, E dan A serta kalsium pada sayuran hijau, akan membuat tubuh menjadi lebih fit. Selain itu sayuran hijau juga mengandung kalium dan magnesium, yang akan memenuhi nutrisi  tubuh dengan baik. Antioksidan di dalam sayuran hijau juga mampu melebarkan pembuluh darah, dan memiliki sifat antikanker.

- Ubi jalar
Ubi jalar mengandung vitamin C, kalium, dan vitamin B6 yang aman bagi tubuh. Belum lagi vitamin A di dalam ubi jalar, akan mencegah radikal bebas dengan baik. Selain itu, Serat dan kalium di dalam ubi jalar akan menyehatkan sistem pencernaan.

- Ikan
Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Dimana senyawa ini sangat baik bagi tubuh. Sebuah penelitian membuktikan jika asam lemak omega 3 terutama yang berasal dari ikan, itu bisa membantu menjaga terjadinya penyakit inflamasi, seperti halnya jantung koroner. Untuk mendapatkan omega 3 dari ikan, seseorang disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon, tuna, sarden, mackerel, dan juga ikan haring.

- Biji-bijian
Biji-bijian seperti gandum misalnya, merupakan makanan kaya antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Sebuah penelitian membuktikan, jika seseorang mengkonsumsi satu porsi gandum utuh sehari, maka bisa terhindar dari penyakit stroke dan jantung. Hal demikian karena di dalam gandum mengandung selenium, yang mampu mencegah kanker dan juga jantung.

Jadi, Jika anda yang ingin terhindar dari beberapa serangan penyakit kronis, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat berantioksidan tinggi. Beberapa jenis makanan di atas dapat dijadikan sebagai menu pilihan, supaya anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit akibat radikal bebas di dalam tubuh.
Artikel Terkait