Awas, 6 Jenis Makanan Ini Membuat Penyakit Asma Semakin Buruk

image: soy.com
Sebagai penderita asma, seseorang harus berhati-hati dalam mengonsumsi jenis makanan. Meskipun asma identik kambuh akibat polusi ataupun berjalan yang terlalu jauh, namun ternyata terdapat beberapa makanan yang dapat membuat serangan asma menjadi lebih parah. Banyak kalangan yang belum memahami jika penyakit asma bisa menjadi lebih buruk akibat konsumsi jenis makanan tertentu. Di sekitar kita terdapat berbagai jenis makanan sehat, namun tidak semua menu sehat itu aman bagi penderita asma. Selain menghindari polusi, asap rokok, serta makanan berbahan kimia, pengidap asma juga perlu mengetahui jenis makanan alami yang bisa membuatnya menjadi lebih parah.
 
Perlu anda tahu, Asma merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Asma ini terjadi akibat peradangan kronis, sehingga menyebabkan penderita menjadi sulit untuk bernafas. Setiap orang bisa saja mengalami gejala asma yang berbeda-beda. Biasanya penyakit asma ditandai dengan munculnya beberapa gejala seperti batuk, sesak nafas, sesak di dada, dan sejenisnya. Sejauh ini penyakit asma belum bisa disembuhkan, jadi penderita cukup mengendalikannya supaya tidak terjadi kambuh lagi. Untuk itu ketahuilah berikut jenis makanan yang bisa memperparah kondisi penderita asma :
 
- Telur
Telur selama ini dianggap sebagai makanan sehat dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, telur bisa menyebabkan alergi pada penderita asma. Putih telur yang memiliki kandungan protein itulah yang akan memperparah kondisi tubuh penderita asma.
 
- Kerang
Bagi anda yang menderita asma dan hobi mengonsumsi kerang, maka hindari kebiasaan ini. Tahukah anda, di dalam kerang mengandung beberapa senyawa yang ternyata bisa memperburuk kondisi penderita asma, sehingga bisa mengalami kambuh dalam waktu yang sering.
 
- Susu
Susu merupakan salah satu jenis menu sehat yang disarankan karena kalsium dan protein yang tinggi. Namun, di balik itu semua susu ternyata tidak baik bagi penderita asma. Protein tinggi di dalam susu bisa membuat asma menjadi kambuh sewaktu-waktu. Jadi, jika anda penderita asma dan tidak ingin sering kambuh, sebaiknya hindari pengonsumsian susu. Untuk memenuhi kalsium tubuh, anda bisa menggantinya dengan minuman berkalsium jenis lainnya, atau sesuai dengan saran dokter.
 
- Kacang
Sebuah penelitian membuktikan jika kacang ini bisa memperburuk kondisi penderita asma. Namun tidak semua jenis kacang membahayakan tubuh penderita asma. Ada beberapa jenis kacang seperti kacang tanah, walnut, dan sejenisnya yang mengandung protein, Yang mana jenis kacang tersebut bisa memicu terjadinya asma kambuh.
 
- Wine
Mungkin banyak yang tidak mengetahui jika wine itu menyebabkan asma kambuh sewaktu-waktu. Wine ini memicu terjadinya batuk dan juga bersin. Ketika bersin dan batuk semakin parah, maka asma akan terjadi pada tubuh penderita. Wine merah juga memicu terjadinya alergi pada sejumlah orang, dan sangat membahayakan kondisi kesehatan penderita asma.
 
- Kedelai
Kedelai merupakan tanaman leguminose, yang dikenal baik untuk kesehatan tubuh. Namun hal ini berbalik fungsi untuk penderita asma. Karena kedelai bisa memperburuk kondisi kesehatan penderita asma. Hal tersebut karena kandungan protein tinggi di dalam kedelai memicu terjadinya alergi, serta akan membuat asma kambuh.
 
Beberapa jenis makanan di atas harus dihindari oleh penderita asma. Dengan pengendalian yang baik, maka penyakit asma tidak akan berlanjut menjadi lebih buruk. Disamping itu, seseorang juga harus menghindari polusi asap rokok, debu, asap kendaraan, yang bisa membuatnya menjadi semakin parah. Asma yang semakin parah akan mengancam nyawa penderita, karena jika kambuh dan tidak segera tertolong bisa menyebabkan kematian.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar