Segudang Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

image: crunchyroll.com
Buah belimbing atau star fruit merupakan buah yang memiliki bentuk cukup unik. Belimbing manis ini, memiliki rasa khas dengan kandungan air yang cukup banyak. Teksturnya yang tidak terlalu keras membuat banyak orang menyukai buah ini. Tidak hanya itu, buah belimbing juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Beberapa khasiat dan manfaat pada buah belimbing ini, bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Selain itu buah belimbing bisa dicampur dalam makanan rujak ataupun dikonsumsi dalam kondisi segar.
 
Selain bisa digunakan campuran makanan rujak, buah belimbing juga bisa dinikmati dalam bentuk minuman jus. Belimbing memiliki warna kuning pekat yang mampu membuat tubuh anda terasa lebih segar. Jadi, bagi anda yang sedang mengalami dehidrasi sangatlah cocok untuk mengkonsumsi buah ini. Di Indonesia buah belimbing ini tumbuh dengan subur. Jadi ketika sudah musimnya, kita bisa mendapatkan buah ini dengan mudah. Namun sebagian orang mungkin belum mengetahui tentang kandungan nutrisi buah belimbing yang  sangat luar biasa ini.
 
Perlu anda tahu, Buah belimbing mengandung beragam nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari nutrisi tersebutlah buah belimbing bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh. Sehingga seseorang bisa lebih sehat ketika mendapatkan asupan yang tepat, termasuk nutrisi pada buah belimbing ini. Untuk itu simaklah penjelasan dari beberapa manfaat dan khasiat yang terdapat pada buah belimbing berikut ini :
 
# Meningkatkan sistem imun tubuh
Mungkin banyak yang belum tahu jika buah belimbing mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu memperkuat sistem imun pada tubuh. Selain itu kandungan air yang cukup banyak, mampu membantu tubuh untuk menggantikan ion yang hilang setelah melakukan aktifitas seharian. 
 
# Mengatasi berbagai penyakit
Buah belimbing ternyata juga mampu mengatasi beberapa jenis penyakit. Salah satunya adalah penyakit diabetes. Hal ini karena di dalam buah belimbing mengandung senyawa alami yang mampu mengendalikan kadar gula di dalam darah. Sehingga buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain diabetes, belimbing juga mampu menurunkan kolesterol, mencegah kanker, mengatasi hipertensi, dan juga menurunkan demam pada tubuh.
 
# Meningkatkan nafsu makan
Belimbing mengandung senyawa retinol dan juga vitamin A yang mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Jadi, jika anak anda atau seseorang yang kurang memiliki selera makan sebaiknya mengkonsumsi buah belimbing tersebut.
 
# Mengatasi sejumlah masalah kulit
Buah belimbing juga bermanfaat bagi kecantikan wajah. Berbagai masalah kulit bisa diatasi dengan menggunakan buah belimbing. Cukup dengan menggunakan belimbing sebagai masker, maka masalah kulit bisa teratasi dengan baik. Berikut beberapa masalah kulit yang bisa diatasi dengan memanfaatkan masker dari buah belimbing :
 
1. Mengurangi minyak pada kulit wajah
2. Menghilangkan komedo secara alami
3. Mencegah dan mengatasi jerawat secara alami
4. Mengatasi kulit wajah yang kusam dan kasar
5. Mengecilkan pori-pori kulit
  
# Meremajakan kulit
Buah belimbing mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda. Hal tersebut karena kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam buah belimbing, mampu mencegah terjadinya tanda penuaan di usia dini. Yang mana tanda penuaan tersebut meliputi dari kerutan kulit, wajah kusam, bintik hitam, dan beberapa tanda penuaan lainnya.
 
Beberapa kegunaan buah belimbing bagi kesehatan maupun kecantikan tersebut, semata-mata didukung oleh kandungan nutrisi alami dan vitamin di dalamnya. Dengan mengetahui beberapa manfaat dari buah belimbing di atas, anda bisa dengan mudah dalam memilih langkah alternatif baik dalam dunia kecantikan ataupun kesehatan.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar