Ragam Manfaat Buah Alpukat Dalam Bidang Kesehatan

image: buyfruit.com.au
Alpukat atau bisa disebut dengan avocado, merupakan salah satu buah yang berdaging tebal serta memiliki satu biji dengan ukuran cukup besar. Buah ini mengandung berbagai nutrisi alami yang mampu membuat tubuh ataupun kulit menjadi lebih sehat. Pohon buah alpukat bisa tumbuh subur di daerah Indonesia, serta buah ini pun banyak diminati oleh berbagai kalangan. Yang mana mulai dari anak-anak  hingga orang dewasa banyak yang hobi menikmati buah alpukat. Beragam khasiat dari buah alpukat ini bisa didapatkan ketika seseorang mengkonsumsinya dalam bentuk segar ataupun sebagai jus.

Alpukat merupakan buah musiman yang sering dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dan juga kecantikan. Hal tersebut karena berbagai kandungan senyawa alami di dalam buah alpukat, ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan beberapa kalangan lebih memilih untuk melakukan perawatan kulit dengan menggunakan buah alpukat. Beragam kegunaan buah alpukat kini semakin dikenal banyak orang, sehingga tidak heran jika buah ini semakin dicari-cari. 

Buah alpukat juga mengandung serat yang tinggi, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu harian bagi orang yang sedang menjalankan program diet. Untuk diet alpukat bisa dikonsumsi tanpa campuran bahan apapun, jadi tidak perlu ditambahkan gula. Serat tinggi di dalam buah ini mampu membuat perut tetap terasa kenyang, sehingga bisa menekan nafsu makan yang berlebih.

Sebenarnya tidak hanya buahnya saja, namun daun dan juga kulit dari pohon alpukat juga memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel kali ini akan menjelaskan tentang manfaat dan khasiat yang terkandung pada buah alpukat bagi kesehatan tubuh. Nah, Berikut ulasannya:

1. Membantu penyerapan nutrisi lebih cepat
Sebuah penelitian membuktikan, Bahwa nutrisi di dalam tubuh bisa terserap lebih cepat ketika seseorang mengkonsumsi buah alpukat.

2. Menjaga kesehatan mata
Di dalam buah alpukat mengandung zat lutein yang cukup tinggi, dibandingkan dengan buah lainnya. Lutein ini merupakan bagian dari karotenoid yang secara alami diproduksi di dalam kloroplas dan chromoplast tanaman. Dimana lutein ini akan meningkatkan daya penglihatan serta menjaga kesehatan mata menjadi lebih baik.

3. Mencegah sel kanker
Di dalam buah alpukat mengandung senyawa alami yang mampu menghancurkan sel-sel kanker di dalam tubuh. Senyawa alami ini, akan menghancurkan sel kanker tanpa mengganggu fungsi sel-sel di dalam tubuh lainnya.

4. Menurunkan kolesterol
Sebuah studi membuktikan jika buah alpukat ini mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Bagi anda yang mengalami masalah kolesterol, alangkah lebih baiknya jika mengkonsumsi buah ini dalam waktu sering. Untuk cara mengkonsumsinya bisa dalam kondisi tawar, ataupun mencampurnya dengan madu murni. Sementara madu dan alpukat memiliki nutrisi yang alami dan menyehatkan, sehingga akan membantu dalam penurunan kolesterol. Dengan demikian jantung anda akan tetap dalam kondisi sehat.

5. Sumber glutathione antioksidan
Glutathione antioksidan, Merupakan antioksidan yang paling kuat. Dengan adanya senyawa ini tubuh bisa menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Hal demikian karena radikal bebas di dalam tubuh akan tertangkal oleh zat antioksidan tersebut.

6. Sangat baik bagi bayi dan juga ibu menyusui
Hal ini karena tekstur alpukat yang lunak, cocok sekali untuk diberikan pada bayi. Selain itu kandungan asam folat di dalam buah alpukat, mampu merangsang perkembangan otak si kecil. Dengan demikian, bagi anda seorang ibu berikanlah alpukat untuk si kecil supaya bisa membantu menutrisi otak bayi dengan baik.

Selain mampu menjaga kesehatan, buah alpukat juga bisa mencerahkan kulit Anda. Gunakanlah alpukat sebagai masker alami dengan mencampurnya menggunakan madu. Kandungan senyawa alami di dalam kedua bahan tersebut mampu mengangkat sel-sel kulit mati, Sehingga membuat kulit anda lebih cerah alami.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar