Khasiat Dan Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

image: decodedstuff.com
Buah duku merupakan salah satu buah yang masih satu famili dengan buah langsat. Duku memiliki rasa manis yang mampu membuat penyantapnya ketagihan. Berbeda dengan langsat yang memiliki rasa masam. Buah duku ini rasanya manis dan tidak membosankan. Di balik rasanya yang manis tersebut, Buah duku menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Mungkin beberapa orang belum mengetahui lebih detail tentang kegunaan dari buah duku ini, karena mereka sering menganggap buah ini sebagai pelengkap saja. Ketahuilah, semua jenis dari buah-buahan itu mengandung vitamin yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
 
Perlu anda tahu, Tanaman buah Duku tumbuh di daerah tropis salah satunya Indonesia. Di nusantara ini, buah duku bisa didapatkan dengan mudah bahkan seluruh daerah di Indonesia. Karena rasanya yang lebih manis, buah duku ini memiliki harga pasaran yang lebih mahal jika dibandingkan dengan buah langsat. Ragam senyawa alami di dalam buah ini membuat tubuh menjadi lebih sehat. Memanfaatkan buah duku dalam mengatasi penyakit, juga bisa diterapkan dengan cara mengkonsumsi buah tersebut.
 
Di dalam buah duku mengandung vitamin C yang senantiasa mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Antioksidan di dalam vitamin C akan menangkal radikal bebas di dalam tubuh, sehingga seseorang tidak mudah terserang penyakit seperti batuk, ataupun pilek. Dari banyaknya kandungan senyawa alami dalam buah duku tersebut, anda perlu mengetahui beberapa khasiat dan manfaat yang terkandung dalam buah duku berikut ini :
 
1. Menyehatkan pencernaan
Buah duku mampu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu buah duku juga mampu mencegah terjadinya sembelit, serta kanker kolon akibat kotoran yang menumpuk di dalam usus. Hal ini karena kandungan serat di dalam buah duku mampu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga ketika anda mengkonsumsi buah ini akan terhindar dari masalah sembelit, diare, ataupun lainnya.
 
2. Menjaga kesehatan gusi
Buah duku ternyata mengandung vitamin D yang cukup tinggi. Dimana vitamin D ini mampu menjaga kesehatan gusi, kesehatan mulut, dan mencegah terjadinya iritasi serta sariawan di dalam mulut. Jadi ketika anda mengalami gusi bengkak ataupun sariawan, salah satu solusi amannya adalah dengan mengkonsumsi buah duku ini.
 
3. Membuat gigi menjadi lebih kuat
Hal demikian karena buah duku tersebut mengandung fosfor, yang mana akan menutrisi kesehatan gigi dan mempertahankan kekuatan gigi seseorang.
 
4. Menjaga kadar kolesterol di dalam darah
Di dalam buah duku mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dimana vitamin C ini mampu menjaga kadar kolesterol di dalam darah. Sementara bagi anda yang menderita kolesterol juga bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah ini.
 
5. Mencegah Anemia
Buah duku mengandung zat besi yang ternyata mampu mencegah anemia atau tekanan darah rendah. Zat besi ini akan meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh, sehingga mampu memperlancar suplai di dalam darah. Selain itu bisa mengikat oksigen dengan mudah, sehingga membuat seseorang terhindar dari masaah lemah dan lesu.
 
Selain buahnya, biji duku juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan biji buah duku adalah penyakit malaria. Selain itu, kulit buah duku yang direbus dengan biji duku ini, bisa dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional dan aman bagi penderita malaria.
 
Buah duku juga bisa digunakan sebagai penurun berat badan. Sehingga bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan, sangatlah lebih baik untuk mengkonsumsi buah duku ini. Disisi lain, Vitamin E di dalam buah duku juga mampu menjaga kesehatan kulit seperti akibat sengatan matahari hingga kulit berminyak.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar