6 Manfaat Hebat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh

image: real-noni.com
Buah mengkudu atau buah noni adalah salah satu buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah mengkudu ini memiliki bentuk agak lonjong dan berbintik di bagian permukannya. Beberapa orang ada yang tidak menyukai buah ini karena memiliki aroma yang tidak sedap. Secara umum, buah mengkudu dijadikan sebagai campuran rujak ataupun digunakan sebagai ramuan obat. Sejak lama buah mengkudu dikenal sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi beragam penyakit, ataupun meningkatkan kesehatan tubuh. Kegunaan pada buah mengkudu sangatlah beragam mulai dari obat diabetes, hipertensi, dan beberapa jenis pengobatan lainnya.
 
Sebuah penelitian membuktikan jika buah mengkudu ini efektif untuk pencegahan sekaligus pengobatan. Aroma yang tidak sedap dari mengkudu menjadikannya lebih bermanfaat dalam dunia kesehatan. Daun dari tanaman mengkudu juga bisa dimanfaatkan sebagai sayur, biasanya dikonsumsi oleh para penderita hipertensi. Hingga kini buah mengkudu masih terus dimanfaatkan sebagai obat alami, karena sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun. 
 
Sebelumnya perlu anda tahu, Buah mengkudu mengandung senyawa terpenoid yang bermanfaat untuk pemulihan sel-sel tubuh yang rusak akibat penyakit tertentu. Mengkudu juga mengandung protein, mineral, dan juga vitamin penting sebagai antioksidan di dalam tubuh. Dengan adanya sederet senyawa yang ada di dalam buah mengkudu tersebut, Alangkah  lebih baiknya jika anda mengetahui beberapa khasiat dan manfaat dari buah mengkudu berikut ini :
 
- Mengobati darah tinggi
Buah mengkudu ternyata bisa dijadikan sebagai obat hipertensi atau darah tinggi. Caranya cukup mudah dengan menyediakan 2 buah mengkudu yang sudah tua. Parut buah mengkudu untuk diambil airnya, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu. Konsumsi ramuan ini secara rutin untuk menormalkan tekanan darah di dalam tubuh.
 
- Mengatasi batuk
Banyak yang tidak mengetahui jika buah mengkudu mampu menyembuhkan batuk. Caranya cukup dengan membuat ramuan dari 1 buah mengkudu, kemudian dicampur dengan 1 genggam daun poo (bujanggut). Rebus kedua bahan tersebut dengan menggunakan 2 gelas air. Biarkan air rebusan tersisa separuhnya, kemudian saring dan konsumsi pada pagi dan sore hari.
 
- Obat sakit perut
Untuk mengatasi masalah ini anda bisa menggunakan 2 hingga 3 lembar daun mengkudu. Kemudian cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Tambahkan garam ke dalam tumbukan daun mengkudu dan seduh menggunakan air panas. Biarkan hingga hangat, kemudian saring dan minumlah air tersebut.
 
- Mengatasi penyakit kuning
Buah mengkudu mengandung senyawa alami yang mampu mengatasi penyakit kuning. Cara pembuatannya parut 2 buah mengkudu, kemudian peras airnya dan campur dengan madu sampai rata. Saring air ramuan tersebut, dan konsumsi minimal 2 kali dalam sehari.
 
- Mengatasi Demam, Influenza, dan masuk angin
Ketiga masalah kesehatan ini bisa diatasi dengan menggunakan buah mengkudu. Caranya sediakan 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kemdian campur kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air. Rebus hingga mendidih dan biarkan kapasitas air berkurang menjadi separuhnya. Jika sudah dingin, saring air tersebut dan ramuan ini bisa dikonsumsi secara rutin hingga demam, influenza, serta masuk angin teratasi dengan baik.
 
- Mengatasi diabetes
Penyakit gula ini bisa diatasi dengan menggunakan jus mengkudu. Buah mengkudu ini, mengandung senyawa yang bersifat seperti hormon insulin. Sehingga mengkudu mampu menguraikan glukosa yang menumpuk di dalam darah.
 
Beberapa kegunaan yang didapat dari buah mengkudu di atas, bisa dijadikan sebagai langkah alternatif bagi anda yang ingin sembuh dari penyakit, tanpa risiko efek samping layaknya mengkonsumsi obat-obatan kimia.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar