Manfaat Hebat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh


image: johnvenaproduce.com
Buah rambutan merupakan salah satu buah khas Indonesia. Buah musiman ini memiliki rasa segar sehingga cocok untuk dinikmati saat cuaca panas. Daging buah rambutan yang berwarna putih ini memiliki tekstur seperti buah kelengkeng, namun rasanya sangat jauh berbeda. Meskipun buah rambutan terkadang bisa menyebabkan batuk, Namun ternyata buah ini juga memiliki berbagai manfaat dalam dunia kesehatan. Ragam khasiat dan manfaat yang terdapat pada buah rambutan, bisa dijadikan sebagai pilihan tepat untuk mengatasi beberapa penyakit. Pada dasarnya buah rambutan ini bisa berwujud dalam warna kuning, merah, ataupun perpaduan kuning dan juga merah. Pada umumnya, Buah ini sangat mudah didapatkan pada bulan Februari ataupun Maret.


Kegunaan pada buah rambutan yang sangat banyak ini, dikarenakan buah tersebut mengandung beberapa senyawa alami yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Di dalam buah rambutan mengandung karbohidrat yang cukup, sehingga mampu memenuhi kebutuhan energi di dalam tubuh. Kemudian, buah rambutan juga mengandung protein sehingga mampu mengganti kerusakan sel yang rusak dengan menggantinya menjadi sel-sel baru. Selain itu, Kandungan serat di dalam buah rambutan ini juga akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Tidak hanya itu saja, buah rambutan juga mengandung vitamin A, dimana tingginya kandungan vitamin A ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Selain itu, vitamin A pada buah rambutan juga mampu menyehatkan mata. Rambutan ternyata juga mengandung vitamin C sehingga mampu memberikan antioksidan pada tubuh. Belum lagi ditambah dengan zat besi, kalsium, potassium, niasin, fosfor dan juga magnesium yang baik bagi kesehatan. Dari banyaknya kandungan tersebut, anda perlu mengetahui beberapa manfaat buah rambutan bagi kesehatan berikut ini :

- Mengobati hipertensi
Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, disarankan untuk mengkonsumsi buah rambutan. Hal tersebut karena senyawa alami di dalam buah rambutan mampu meredakan penyakit hipertensi. Dengan rutin mengkonsumsi buah ini, maka hipertensi bisa teratasi dengan baik.

- Mengatasi diare
Kondisi pencernaan yang tidak sehat bisa juga diatasi dengan mengkonsumsi buah rambutan. Kandungan serat di dalam buah rambutan mampu menormalkan sistem pencernaan yang terganggu akibat masalah diare.

- Menurunkan kolesterol
Mungkin masih banyak yang belum mengetahui jika buah rambutan ini mampu menurunkan kolesterol jahat. Hal ini karena kandungan flavonoid di dalam buah rambutan, mampu membantu meluruhkan kolesterol yang mengendap di dalam darah.

- Mengatasi masalah penyakit radang
Buah rambutan mengandung zat anti inflamasi, sehingga mampu mengatasi berbagai masalah peradangan yang terjadi pada bagian tubuh. Yang mana radang sendi, radang tenggorokan, radang otot, ataupun radang paru-paru, bisa segera diobati dengan mengkonsumsi buah rambutan.

Selain bermanfaat sebagai obat alami di atas, buah rambutan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ulasannya :

- Pencegah kanker
Buah rambutan mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, sehingga sel-sel kanker bisa teratasi dengan baik. Dengan demikian, ketika anda rutin mengkonsumsi buah rambutan maka risiko kanker bisa berkurang hingga 50%.

- Menjaga kesehatan ginjal
Buah rambutan mengandung mineral fosfor, yang mana berfungsi untuk menetralkan toksin dan menyempurnakan fungsi ginjal. Maka dari itu, mengkonsumsi buah rambutan juga baik untuk membantu kesehatan ginjal.

- Sebagai bahan diet alami
Dengan mengkonsumsi buah rambutan yang kaya akan serat ini, maka bisa membantu anda dalam menjalani program diet. Jadi, buah rambutan ini bisa dijadikan sebagai menu tambahan selama anda diet.

Nah, Buah rambutan ternyata memiliki segudang manfaat yang hingga kini masih jarang diketahui sebagian orang. Khasiat luar biasa bisa dirasakan oleh setiap orang yang menikmatinya. Dengan mengetahui beragam keistimewaan buah rambutan tersebut, semoga anda bisa lebih memanfaatkannya sebagai obat alami dan menjaga kesehatan. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsinya karena bisa menyebabkan batuk.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar