Ragam Manfaat Hebat Buah Salak Bagi Kesehatan

image: flickr.com/Fozing
Buah salak merupakan salah satu buah yang memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh. Mungkin tidak disangka jika buah ini bisa digunakan sebagai obat. Terdapat berbagai jenis buah salak yang bisa didapatkan di Indonesia seperti salak pondoh, salak bali, ataupun salak condet. Dari setiap jenis selalu memiliki rasa yang berbeda dari paling manis hingga dikombinasi dengan rasa masam. Beberapa orang mungkin sering menggunakan buah salak ini sebagai pencuci mulut, karena rasanya yang asam manis bisa membuat mulut menjadi lebih segar. Kegunaan buah salak bagi kesehatan ternyata juga cukuplah banyak, bahkan senyawa alami di dalam buah salak mampu mengatasi beberapa penyakit.
 
Tanaman buah salak ini tumbuh subur di Indonesia sehingga kita bisa mendapatkan dengan mudah. Biasanya buah salak menjadi oleh-oleh khas dari sebuah daerah seperti Bali, ataupun beberapa daerah penghasil salak lainnya. Salak bisa dinikmati dalam bentuk segar ataupun dijadikan sebagai jus. Selain itu, Kandungan nutrisi pada buah salak memang mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Yang mana berbagai kandungan vitamin di dalam buah salak akan membuat tubuh menjadi tetap sehat. Khasiat dari buah salak untuk kesehatan tubuh, memang masih belum diketahui banyak orang. 
 
Buah salak memiliki kulit bersisik yang seperti ular, bahkan di Amerika buah ini disebut dengan snake fruit lantaran bentuknya yang seperti sisik ular. Perlu anda tahu, Dalam 100 gram buah salak ternyata mengandung energi sebesar 0,8 gram protein, 90,3 gram karbohidrat, 368 miligram kalori, lemak 0,4 gram, fosfor 31 miligram, dan juga zat besi sebesar 3,9 gram. Dengan demikian ketahuilah beberapa manfaat dan khasiat yang terdapat pada buah salak berikut ini :
 
• Menjaga kesehatan mata
Tahukah anda, di dalam buah salak ini mengandung betakaroten yang mampu membuat mata menjadi tetap sehat. Sebuah penelitian membuktikan jika kandungan betakaroten di dalam buah salak ini lebih besar 5 kali dari buah semangka, dan 5,5 kali dari buah mangga. Ketika salak ini dikonsumsi dengan jus wortel, maka keduanya mampu menjaga kesehatan mata tetap optimal.
 
• Mencerdaskan otak
Tidak disangka jika buah salak ini mampu mencerdaskan otak. Hal ini karena di dalam buah salak mengandung pektin dan potassium yang mampu meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan potassium di dalam buah salak akan dimanfaatkan oleh sistem syaraf otonom yang merupakan pengendali detak jantung. Selain itu, senyawa alami tersebut juga mampu meningkatkan fungsi fisiologi serta fungsi otak kita. Oleh sebab itu buah salak sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh anak- anak.
 
• Mencegah sembelit
Dalam hal ini buah salak mengandung serat yang mampu membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Jika ada yang bilang buah salak itu bisa mengakibatkan susah BAB, itu tidak benar. Namun pengkonsumsian buah salak harus dengan kulit arinya, karena pada kulit ari tersebut terdapat serat yang mampu membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat.
 
• Cocok untuk program diet
Kandungan serat di dalam buah salak mampu membuat perut tetap merasa kenyang. Sehingga akan menekankan nafsu makan pada diri seseorang. Jadi, bagi anda yang sedang diet sangatlah lebih baik untuk mengkonsumsi buah salak.
 
Salak yang selama ini hanya dianggap sebelah mata, kini banyak kalangan yang membutuhkannya. Karena beragam kandungan senyawa alami di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Itulah beberapa kegunaan yang bisa didapatkan dari buah salak, semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi kita. Satu lagi, Jika Anda ingin mendapatkan khasiat yang maksimal dari buah salak, maka konsumsilah buah salak dalam waktu sering.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar