6 Manfaat Sehat Dari Buah Delima

image: wmsamuelbradford.com
Delima adalah salah satu buah yang memiliki bentuk buah cukup unik. Dimana daging buah delima ini menyatu dengan bijinya. Jadi ketika kita menyantapnya harus dengan mengeluarkan sisa/bijinya. Rasa manis asam di dalam buah delima menjadi cirikhas tersendiri. Dalam memakan buah delima, sebenarnya kita hanya merasakan airnya saja. Di balik rasa asam manis yang menyegarkan, buah delima juga bisa digunakan sebagai obat alami. Beragam khasiat yang ada pada buah delima, ini memudahkan banyak orang dalam melakukan beberapa pengobatan tertentu. Buah delima ini tumbuh subur di Indonesia, sehingga kita bisa mendapatkannya secara mudah. Buah ini juga termasuk musiman karena tidak bisa didapatkan sepanjang tahun.
 
Buah delima mengandung alkaloid pelletierine, betulic acidalkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat, serta pati yang bisa didapatkan dari kulit buah delima ini. Selain itu, buah ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus sehingga mampu melepas dahaga di siang yang panas dengan terik matahari. Selain itu, Buah delima ini juga mengandung fruktosa, maltosa, glukosa, vitamin A, vitamin C, magnesium, natrium dan juga kalium yang membuat tubuh menjadi lebih sehat. Salah satu kegunaan buah delima yang bisa dirasakan secara mudah adalah sebagai pelepas dahaga. Kesegaran air dari buah delima membuat anda terhindar dari dehidrasi.
 
Hampir seluruh bagian tanaman buah delima ini memiliki manfaat. Mulai dari akar, biji, bunga, daun, dan juga buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya simak beberapa khasiat dan manfaat yang terdapat pada buah delima berikut ini :
 
1. Mengatasi masalah buang air kecil
Seseorang yang kencing dalam waktu lebih sering bisa diatasi dengan menggunakan buah delima. Penggunaannya cukup mudah, ambil isi buah delima segar atau yang sudah masak sebanyak 1 buah penuh. Kemudian campurkan dengan satu genggam kucai. Rebus kedua bahan ini dengan tiga gelas air, dan biarkan volumenya berkurang menjadi separuhnya saja. Selanjutnya sajikan dan dinginkan sebelum diminum.
 
2. Mengatasi sariawan
Masalah sariawan ini bisa saja dialami oleh setiap orang. Kurangnya asupan vitamin C membuat seseorang menjadi terserang sariawan. Untuk menggunakan buah delima sebagai obat sariawan, cukup dengan mengambil dua buah delima yang sudah matang. Ambil bijinya dan tumbuk sampai halus. Jika sudah, tambahkan ke dalam 1 gelas air dan aduklah sampai rata. Selanjutnya saring air campuran bahan tersebut, kemudian gunakan berkumur selama 2 hingga 3 kali dalam sehari.
 
3. Mengobati batuk
Mungkin tidak pernah disangka jika buah delima mampu mengobati batuk yang tidak kunjung sembuh. Cara menerapkannya ambil buah delima yang belum masak, kemudian kunyah dan buang bijinya. Lakukan langkah ini di malam hari sebelum tidur secara rutin, sehingga batuk anda bisa reda.
 
4. Mengatasi tenggorokan kering
Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengunyah lalu buang bijinya. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
 
5. Mengatasi cacingan pada anak-anak
Dalam hal ini buatlah buah delima sebagai jus, Yang mana delima ini harus dicampur dengan sayur wortel. Aduklah sampai rata kemudian minum secara rutin untuk mengatasi cacingan pada anak-anak.
 
6. Ramuan diet tradisional
Biji dari buah delima bisa dimanfaatkan sebagai obat diet yang alami. Untuk menggunakannya, Biji buah delima yang sudah kering bisa ditumbuk kemudian diseduh dengan air panas sebagai  penurun berat badan. Lakukan secara runtin agar mendapatkan hasil yang maksimal.
 
Nah, Disamping kita merasakan kesegaran dari buah delima, kita juga bisa mendapatkan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.
Artikel Terkait