Manfaat Dan Khasiat Buah Durian Yang Luar Biasa

image: herworld.com.my
Durian atau disebut-sebut sebagai raja buah di Indonesia ini, ternyata memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Durian merupakan salah satu buah yang dianggap sebagai buah berbahaya bagi penderita hipertensi. Hal ini memang benar adanya, karena mengkonsumsi durian yang berlebih, maka bisa menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah di dalam tubuh. Namun ketika seseorang mengkonsumsi durian dalam jumlah yang pas, maka mereka bisa mendapatkan efek baik bagi kesehatannya. Kegunaan dari buah durian untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui, mengingat banyaknya orang yang sering merasa pusing setelah mengkonsumsi durian dalam jumlah banyak.
 
Aroma durian yang sangat khas ini, membuat banyak orang ketagihan dalam menyantapnya. Namun, tidak sedikit juga yang enggan menikmati buah durian karena tidak suka dengan aromanya ini. Buah Durian, cukup menjadi primadona apalagi harganya yang seringkali melejit. Harga pasaran buah durian memang sedikit mahal jika dibandingkan dengan buah lainnya. Tingkat kemahalan tersebut bervariasi dari setiap jenis durian. Misalnya jenis durian montong, simas, ataupun beberapa jenis lainnya. 
 
Sebelumnya perlu anda tahu, Si raja buah ini mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa diantaranya adalah protein, karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, fosfor, kalsium, dan juga kalium yang cukup tinggi. Dari ragamnya kandungan alami inilah buah durian memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat yang terdapat pada buah durian, yang mungkin belum diketahui banyak kalangan :
 
- Mencegah tubuh tidak mudah capek
Buah durian mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh. Tahukah anda, dalam 100 gram buah durian ini mengandung 21% karbohidrat. Sehingga hal itu mampu menambah energi tubuh untuk meningkatkan tenaga dan membuat tubuh tidak cepat capek.
 
- Penangkal depresi secara alami
Dimana buah durian itu mengandung vitamin B6 yang mampu memproduksi senyawa serotonin. Dari kandungan alami serotonin inilah yang mampu menangkal depresi pada diri seseorang.
 
- Menutrisi tulang dan gigi
Kandungan kalium, kalsium, vitamin B1, dan vitamin B2 ini mampu menyuplai beragam nutrisi penting yang dibutuhkan tulang serta gigi. Sehingga nutrisi tersebut sangat membantu dalam menjaga kesehatan serta pertumbuhan tulang dan gigi anda. 
 
- Membuat kulit lebih awet muda
Mungkin tidak pernah disangka jika buah ini mampu membuat kulit tetap awet muda. Hal ini karena kandungan vitamin C di dalam buah durian, mampu menangkal radikal bebas serta memperlambat proses penuaan pada kulit dan juga wajah anda.
 
- Menyehatkan pencernaan
Buah durian mengandung serat tinggi yang mampu membantu kerja organ pencernaan anda. Dengan kinerja pencernaan yang baik, maka kesehatan pencernaan pasti akan terjaga. Sehingga bagi anda yang mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar, sebaiknya konsumsilah buah durian ini.
 
- Menstabilkan kadar gula
Tahukah anda, buah durian ini tidak bahaya lho.. bagi penderita diabetes. Hal tersebut karena kandungan beberapa senyawa alami di dalam buah durian, mampu menormalkan gula darah dan merangsang sel beta pankreas dalam memproduksi hormon insulin.
 
Disamping mampu menstabilkan gula darah, buah durian juga bisa digunakan sebagai obat alami hipertensi. Sehingga bagi anda yang mengalami darah tinggi bisa mengonsumsi buah durian ini dengan takaran yang cukup. Itulah beberapa kegunaan yang ada pada buah durian, yang bisa anda jadikan sebagai informasi baru seputar dunia kesehatan dan juga kecantikan. Namun ingat ya.. jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya..!
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar