Ragam Khasiat Buah Mangga Yang Menyehatkan Tubuh

image: freshtexproduce.com
Buah mangga merupakan salah satu buah yang populer di Indonesia. Terdapat banyak sekali jenis buah mangga dengan rasa dan aroma yang berbeda-beda. Misalnya mangga arum manis, mangga podang, mangga gadung, ataupun mangga madu. Dari jenis-jenis mangga tersebut memiliki tingkat kemanisan yang berbeda-beda. Dengan rasanya yang segar, Buah musiman ini banyak diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia. Uniknya, Buah ini bisa dinikmati dalam keadaan mentah dan juga masak. Tak heran, buah mangga memang mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat, karena banyak kandungan nutrisi alami di dalamnya.
 
Perlu anda tahu, jika buah mangga ini mengandung beragam nutrisi dan vitamin yang bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan. Buah yang tumbuh subur di Indonesia ini mengandung banyak vitamin C, yang ternyata mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Senyawa-senyawa alaminya, akan membuat tubuh menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Buah musiman yang dagingnya berwarna oranye ini, memiliki rasa yang khas bahkan selalu membuat kita ketagihan. Sebenarnya manfaat yang terdapat pada buah mangga sangatlah banyak, mulai dari mengatasi sariawan hingga beberapa masalah kesehatan lainnya.
 
Dari dahulu hingga sekarang buah mangga terus menjadi primadona bagi masyarakat. Apalagi mangga arum manis yang memiliki rasa khas dengan kenikmatan tersendiri. Di dalam buah mangga mengandung vitamin A, B6, vitamin C, tembaga, serat, kalium dan juga magnesium. Dari beberapa kandungan tersebutlah buah mangga mampu memenuhi asupan nutrisi harian pada tubuh. Untuk lebih detailnya, simak beberapa manfaat dan khasiat buah mangga yang luar biasa berikut : 
 
- Mencegah kanker
Mungkin banyak yang tidak menyangka jika buah mangga ini mampu mencegah penyakit kanker. Mengkonsumsi buah mangga dalam waktu sering ternyata mampu membunuh sel-sel penyebab kanker. Hal ini menyangkut semua jenis kanker, baik kanker usus, payudara, hingga kanker prostat.
 
- Menurunkan kolesterol
Buah mangga yang memiliki rasa enak ini ternyata juga efektif dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Bagi penderita kolesterol, seseorang sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah mangga. Hal ini karena kandungan serat dan juga vitamin C di dalam buah mangga, mampu meluruhkan kolesterol jahat di dalam darah.
 
- Menutrisi mata
Kandungan vitamin A di dalam buah mangga, mampu menyehatkan organ mata anda. Sehingga dengan mengkonsumsi buah mangga, anda bisa memiliki penglihatan yang lebih tajam.
 
- Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Kandungan serat alami di dalam buah mangga mampu menyehatkan sistem pencernaan dengan baik. Jadi, ketika anda mengalami masalah sembelit atau sulit BAB bisa mengkonsumsi buah mangga ini.
 
- Meningkatkan sistem imunitas
Tubuh akan sangat rentan terkena penyakit ketika musim pancaroba tiba. Solusi paling tepatnya adalah meningkatkan sistem imun anda dengan mengkonsumsi buah mangga. Hal demikian karena Vitamin C, A dan 25 jenis karotenoid di dalam buah mangga, membuatnya semakin aktif dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.
 
- Menutrisi kulit secara alami
Buah mangga ternyata mampu mengatasi penyumbatan pori-pori pada kulit. Sehingga buah mangga ini bisa dijadikan sebagai penghilang jerawat ataupun komedo.
 
- Menurunkan berat badan
Bagi anda yang sedang melangsungkan program diet, maka sangat lebih baik jika mengkonsumsi buah mangga ini. Pasalnya, Serat di dalam buah mangga membuat anda tetap merasa kenyang. Dengan demikian nafsu makan yang berlebih bisa tertekan, dan tubuh akan menjadi lebih langsing.
 
Beragam kegunaan buah mangga yang telah dijelaskan di atas, bisa dijadikan pilihan tepat bagi anda yang ingin sehat dan terhindar dari risiko penyakit kanker. Terlebih bagi anda yang ingin terhindar dari obesitas, konsumsilah makanan sehat dan imbangi dengan mengkonsumsi buah mangga, Baik dalam bentuk jus ataupun dalam kondisi utuh.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar