6 Manfaat Hebat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

image: youtube.com
Buah sirsak merupakan salah satu buah yang mengandung berbagai nutrisi alami di dalamnya. Selain daunnya yang bermanfaat sebagai obat tradisional, buah sirsak juga bermanfaat dalam bidang kesehatan. Buah yang memiliki daging lembut berkulit hijau ini, memiliki rasa khas dan membuat banyak orang sering merasa ketagihan. Buah sirsak ini, akan lebih enak ketika dinikmati dalam bentuk minuman jus. Beragam khasiat yang ada dalam buah sirsak, membuat beberapa orang terus mencari-cari buah ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Di dalam buah sirsak mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sekitar 29 mg per 100 gram daging buah ini. Sehingga hal itu mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh.
 
Buah sirsak juga mengandung fosfor dengan jumlah 27 mg, dan 14 mg kalium dalam 100 gram buah tersebut. Kedua mineral itu sangat penting dalam pembentukan massa tulang, sehingga mampu membuat tulang tetap kuat dan mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu, Buah sirsak juga mengandung sodium dan juga potasium yang masing-masing jumlahnya 14 mg dan 278 mg per 100 gram buah sirsak. 
 
Perlu anda tahu, Perbandingan kalium dan natrium yang cukup tinggi, membuat buah sirsak sangat bermanfaat sebagai pencegah penyakit hipertensi. Selain komponen gizi, buah sirsak juga mengandung non-gizi yang juga berguna bagi kesehatan. Dengan banyaknya kandungan senyawa alami tersebut, beragam khasiatnya bisa dirasakan bagi setiap penikmatnya.
 
Daging buah sirsak yang lembut dan berwarna putih membuat seseorang merasakan sebuah kenikmatan dan kesegaran ketika menyantapnya. Perpaduan rasa asam dan manis bisa membuat lidah anda terus bergoyang-goyang. Lantas manfaat apa sajakah yang tersimpan di dalam buah sirsak ini ?, Simak penjelasannya berikut :
 
- Menurunkan kolesterol
Di dalam buah sirsak mengandung vitamin C dan juga serat yang sangat baik bagi tubuh. Serat di dalam buah sirsak ini ternyata mampu menyerap kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Jadi, buah sirsak ini menjadi salah satu obat alternatif paling aman dalam menurunkan kolesterol jahat. Mengkonsumsi buah sirsak dalam kondisi segar ataupun jus maka kolesterol jahat bisa teratasi dengan baik.
 
- Meningkatkan sistem imun
Ketahuilah, dalam 300 gram buah sirsak ini mengandung 60 mg vitamin C. Dimana kandungan vitamin C di dalam buah sirsak ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sehingga dengan vitamin C yang tercukupi, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat dengan baik.
 
- Menyehatkan tulang
Disamping mengandung vitamin C, buah sirsak juga mengandung 14 mg kalsium serta 27 mg fosfor. Yang mana kedua senyawa alami tersebut mampu menjaga kesehatan tulang, dan bisa mencegah terjadinya osteoporosis.
 
- Menghambat pertumbuhan sel kanker
Jadi bisa dikatakan jika buah sirsak merupakan pencegah penyakit kanker secara alami. Hal tersebut karena di dalam buah sirsak mengandung senyawa fitokimia, yang mampu menangkal berbagai virus penyebab penyakit kanker. 
 
- Mengatasi bisul
Di dalam buah sirsak ini mengandung bahan alami yang berifat sebagai anti inflamasi. Sehingga dari situ mampu mengatasi bisul dengan baik.
 
- Mengatasi migrain
Hal demikian karena buah sirsak mengandung vitamin B2 atau riboflavin yang cukup tinggi. Sehingga mampu mengatasi masalah migrain secara efektif.
 
Beberapa manfaat serta khasiat di dalam buah sirsak yang dijelaskan di atas, bisa dijadikan sebagai informasi dan pengalaman baru bagi anda yang ingin tetap sehat dengan buah tersebut. Di sisi lain, buah ini sudah seringkali diterapkan oleh kalangan masyarakat sebagai ramuan alami dalam mengatasi beberapa penyakit yang ada.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar