6 Manfaat Menakjubkan Jambu Air Bagi Kesehatan

image: pearlofthegospel.net
Jambu air merupakan salah satu jenis buah yang memiliki rasa khas, Dan disukai banyak kalangan. Jambu air ini memiliki beberapa jenis, mulai dari yang memiliki rasa manis saja, kemudian rasa asam manis, rasa segar, Serta dengan warna yang beragam mulai merah hingga hijau. Dari rasanya yang menyegarkan ini ternyata jambu air memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. 

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh sehat, sehingga bisa melakukan aktifitas dengan baik. Salah satu langkah sehatnya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan berantioksidan, salah satunya jambu air ini. Hampir di seluruh daerah Indonesia jambu air bisa didapatkan secara mudah. Jadi, bisa dipastikan jika semua orang yang ada di Indonesia ini pernah mengonsumsi jambu air.


Sebelumnya jambu air mungkin hanya dianggap sebelah mata. Beberapa orang mungkin menyukainya sebagai buah yang segar, dan cocok dijadikan sebagai campuran rujak manis. Namun, Ternyata buah asli dari Asia Tenggara ini mengandung khasiat yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Untuk itu bagi anda yang paling hobi menyantap jambu air, ketahuilah beberapa manfaat dari jambu air berikut ini :


1. Mampu mengontrol diabetes
Penderita diabetes biasanya sangat dibatasi dalam mengonsumsi buah, Dan hanya beberapa jenis saja yang aman untuk dikonsumsi, Salah satunya jambu ini. Ketahuilah di dalam jambu air mengandung senyawa yang disebut jambosine sejenis alkaloid, yang mampu mengatur konversi pati menjadi gula. Hal tersebut tentu menjadi hal yang sangat penting bagi penderita diabetes, Serta mampu mencegah terjadinya serangan diabetes yang lebih kronis. Senyawa jambosine ini terbukti mampu mengontrol kadar gula di dalam darah.


2. Menyehatkan sistem pencernaan
Hal ini karena di dalam jambu air mengandung serat yang cukup tinggi. Dari serat tersebut, jambu air mampu mengatasi masalah sembelit ataupun susah buang air besar. Selain buahnya, Biji dari jambu air ini juga bisa digunakan sebagai obat tradisional penyakit disentri dan juga diare.


3. Mencegah kanker
Banyak yang belum mengetahui jika buah ini bermanfaat sebagai pencegah kanker. Jambu air ini mengandung senyawa organik aktif yang terkombinasi dengan vitamin A, dan juga vitamin C. Sehingga beberapa kandungan tersebut mampu bekerja efektif dalam mencegah kanker. Sebuah penelitian membuktikan, bahwa mengonsumsi jambu air mampu menurunkan risiko serangan kanker prostat, dan kanker payudara.


4. Mengatasi masalah Toksisitas
Hal ini disebabkan  karena jambu air mempunyai sifat diuretik, Yang bisa membantu membersihkan organ ginjal dan hati. Dengan kedua organ tersebut yang bersih, maka efisiensi metabolisme tubuh akan mengalami peningkatan.


5. Menyehatkan jantung
Kandungan serat yang terkombinasi dengan berbagai nutrisi alami lainnya, Ternyata mampu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Yang mana mengarah pada penurunan risiko aterosklerosis. Dengan demikian jambu air mampu mencegah komplikasi kardiovaskular, Seperti serangan stroke, jantung, ataupun jantung koroner.


6. Menjaga sistem imun
Di dalam jambu air ternyata mengandung antimikroba dan anti jamur. Sebuah penelitian membuktikan, Kandungan vitamin C pada jambu air, Mampu melindungi kulit dari berbagai infeksi, serta mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.


Itulah beberapa manfaat di balik jambu air bagi kesehatan tubuh. Jadi, bagi anda yang selama ini menghindari konsumsi jambu air, Sebaiknya konsumsilah mulai sekarang. Manfaat yang sangat menakjubkan ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat, Tanpa harus mengonsumsi obat peningkat sistem imun. Dengan rutin mengonsumsi jambu air, maka tubuh akan menjadi lebih kebal dan terhindar dari berbagai penyakit.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar