6 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Bagi Kesehatan

image: guavaleafextract.com
Jambu biji merupakan buah yang memiliki rasa khas dan terdapat biji-biji kecil di dalam daging buah. Namun, biji tersebut bisa dimakan secara bersamaan dengan daging buahnya. Meskipun demikian, makan jambu dengan bijinya juga harus dibatasi, karena isinya juga kurang baik jika terlalu banyak dikonsumsi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, seseorang bisa membuatnya sebagai jus dan kemudian menyaring isinya. Khasiat dari buah jambu biji ternyata juga sangat luar biasa, meskipun terdapat banyak biji di dalamnya, buah ini bisa lebih menyehatkan dan menyegarkan ketika dikonsumsi dalam bentuk jus.

Buah jambu biji mempunyai rasa manis segar, terutama untuk jambu biji yang merah. Jambu biji yang putih juga memiliki rasa manis, terutama buahnya yang sudah masak. Namun rasanya tidak senikmat jambu biji yang merah. Meski memiliki banyak biji, buah ini sangat digemari oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa banyak yang suka dengan buah ini. Dibalik bijinya yang banyak, ternyata jambu biji mampu menjaga kesehatan tubuh karena mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Perlu anda tahu, Jambu biji mengandung vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk dan juga kiwi. Bahkan buah jambu biji ini seringkali disebut sebagai raja vitamin C. Selain itu, Jambu biji juga mengandung serat larut sehingga mampu menyehatkan sistem pencernaan anda. Tidak hanya itu, buah jambu biji juga mengandung asam amino esensial seperti tryptophan, serta fitokimia asam elagat, yang mana berkhasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak ini, anda perlu mengetahui beberapa manfaat dan khasiat dari buah jambu biji berikut ini :

1. Mengatasi infeksi
Hal ini karena di dalam buah jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang meningkat maka infeksi pada tubuh seseorang akan teratasi dengan baik.

2. Mencegah kanker
Senyawa flavonoid di dalam buah jambu biji mampu menghambat produksi nitrosamin atau zat pemicu kanker. Disamping itu, vitamin C dan juga senyawa likopen di dalam buah ini, mampu menghambat perkembangan sel kanker terutama kanker payudara, prostat, ataupun usus besar.

3. Mengatasi penyakit jantung koroner
Kandungan kalium pada jambu biji mampu meningkatkan detak jantung lebih teratur. Selain itu kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen dan serat alami, mampu mengikat lemak dan menghindari terbentuknya plak pada pembuluh darah.

4. Menurunkan gula darah
Hal demikian karena serat pektin yang ada di dalam buah jambu biji mampu mengatasi penyakit diabetes. Dengan demikian, Kadar gula akan terus terkontrol dengan baik ketika anda rutin dalam mengkonsumsi buah jambu biji.

5. Mengatasi hipertensi
Bagi anda yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka bisa mengatasinya dengan menggunakan buah jambu biji ini. Hal tersebut karena kandungan kalium yang tinggi pada jambu biji, mampu mengikat lemak sehingga tekanan darah tinggi bisa teratasi dengan baik.

6. Anti peradangan
Jambu biji mengandung vitamin C yang membentuk kolagen, dimana senyawa ini berkhasiat sebagai obat penyembuh luka. Sehingga jika anda gemar mengkonsumsi jambu biji, Maka ketika mengalami luka akan cepat mengering.

Di sisi lain sebuah riset membuktikan, Bahwa jambu biji merah itu mampu meningkatkan trombosit darah. Jadi, seseorang yang terserang demam berdarah sangat disarankan untuk mengkonsumsi jus jambu merah. Disamping itu daun jambu biji juga mampu meningkatkan trombosit, Yang mana dengan cara meminum air rebusan daun tersebut. Dengan demikian, Ternyata buah dan daun jambu biji sama-sama memiliki khasiat yang luar biasa dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar