Hobi Dengarkan Musik, Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

image: onlinelearningtips.com
Musik merupakan salah satu hiburan yang bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks, nyaman, bahkan bisa melakukan aktifitas dengan lebih cepat karena mendengarkan musik. Di balik hobi mendegarkan musik ternyata menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan. Setiap orang mungkin suka dengan musik bahkan mereka selalu memiliki lagu kesayangan. Baik pagi, siang, sore, maupun malam seseorang akan tetap merasa senang dengan mendengarkan musik. Bahkan beberapa diantaranya memilih untuk menghibur diri dengan mendegarkan musik. Lagu-lagu yang sangat banyak inilah bisa membuat suasana hati berubah. Mulai dari lagu mellow, lagu senang, rock, hingga dangdut, yang membuat seseorang menjadi terbawa suasana. Bahkan mendengarkan musik bisa membuat mood seseorang menjadi meningkat.

Bagi anda yang hobi mendengarkan musik sebaiknya berbanggalah dan pertahankan kebiasaan ini. Hal itu tidak mengganggu kesehatan, justru akan membuat anda mendapatkan beberapa manfaat yang menyehatkan. Musik, merupakan alunan lagu yang bertempo dengan nada khusus sehingga mampu menciptakan lantunan yang khas. Setiap orang akan menyimpulkan hal yang berbeda dari mendengarkan musik. Bahkan, musik ini disebut-sebut sebagai pewarna dan penyemangat hidup seseorang. Suasana hati pun bisa berubah ketika seseorang mendengarkan musik. Jadi, ketahuilah manfaat yang luar biasa dari mendengarkan musik berikut ini :

- Mengurangi rasa sakit selama operasi
Mungkin tidak pernah disangka, bahkan dianggap aneh ketika seseorang yang dioperasi harus mendengarkan musik. Namun, hal ini benar adanya jika musik itu mampu membantu mengurangi rasa sakit selama proses pembedahan. Sebuah penelitian di London melakukan 73 percobaan operasi yang pasiennya mendengarkan musik. Hasilnya rasa sakit yang dirasakan akan berkurang, dan proses pemulihan bisa terjadi lebih cepat.

- Mampu membuat otak menjadi lebih sehat
Mungkin banyak yang belum mengetahui, jika mendengarkan musik mampu membuat otak menjadi lebih sehat. Menyehatkan otak ternyata tidak hanya dengan konsumsi makanan bergizi saja, namun mendengarkan musik juga menyehatkan sistem kerja otak seseorang. Sebuah penelitian menyimpulkan, bahwa mendengarkan musik itu akan meningkatkan respon otak dan mempertajam kemampuan seseorang untuk mendengar dan berbahasa. Namun, jangan terlalu keras jika anda menggunakan headset ataupun earphone, supaya tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan telinga. 

- Menghilangkan rasa nyeri
Ini menjadi sesuatu hal baru yang harus diketahui banyak orang. Mengurangi rasa nyeri tidak harus dilakukan dengan konsumsi obat-obatan, namun mendengarkan musik mampu membantu mengurangi rasa nyeri. Hal ini karena musik akan bertindak sebagai morfin alami ketika masuk ke dalam tubuh. Disamping itu, mendengarkan musik juga mampu menghilangkan rasa lelah di dalam tubuh anda.

- Membuat seseorang merasa nyaman
Tahukah anda, mendengarkan musik mampu membuat seseorang menjadi lebih nyaman dan aman. Hal ini karena suasana hati kita selalu terbawa dengan musik ataupun lagu yang sedang diputar. Jadi ketika gelisah, panik, ataupun sedih,  sebaiknya memutar musik yang bernuansa ceria supaya suasana tidak menjadi lebih buruk, dan bisa merasa nyaman dalam melakukan aktifitas. Untuk menghindari terbawa perasaan negatif secara terus menerus, sangatlah lebih baik jika anda memutar musik yang bertema gembira supaya hati tidak menjadi sedih.

Mendengarkan musik, ternyata menyimpan berbagai manfaat yang luar biasa. Untuk itu jika anda ingin sehat dan tetap nyaman, maka sering-seringlah mendengarkan musik. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat anda semakin mudah untuk memutar lagu cukup melalui ponsel saja. Sekian penjelasan dari manfaat mendengarkan musik, semoga bermanfaat guys..
Artikel Terkait