6 Manfaat Menyusui Bagi Kesehatan Sang Ibu

image: myrtlebeachbirthservices.com
Menyusui bayi pasti pernah dilakukan oleh setiap ibu, karena nutrisi terbaik untuk bayi yang baru lahir adalah ASI. Tidak ada yang lebih baik selain nutrisi dari ASI. Sistem imunitas bayi akan terjaga secara baik dengan mendapatkan asupan ASI dalam jumlah cukup. ASI eksklusif harus diberikan pada bayi minimal sejak usia 0-6 bulan. Namun, seorang anak boleh diberi ASI dengan makanan pendamping hingga usianya 2 tahun. Dibalik manfaat yang luar biasa bagi kesehatan si kecil, menyusui juga tawarkan berbagai manfaat bagi sang ibu. 
 
Sebagian ibu ternyata masih ada yang tidak mau menyusui, melainkan lebih memilih pemberian susu formula. Biasanya mereka tidak ingin penampilan bagian “organ tertentu” berubah menjadi kendur. Bahkan masih ada banyak alasan yang membuat para ibu tidak mau menyusui anaknya. Mereka tidak pernah mengetahui jika menyusui itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sang ibu. Untuk itu, ketahuilah sederet manfaat bagi kesehatan yang ditawarkan dari menyusui :
 
1. Menurunkan berat badan
Tahukah anda, mengapa menyusui mampu turunkan berat badan?, Hal ini disebabkan sebagian besar dari makanan yang dikonsumsi ibu tidak menjadi daging tubuh, Melainkan diproduksi sebagai ASI, dan kemudian diberikan kepada sang bayi. Jadi, menyusui ini mampu mencegah terjadinya kegemukan setelah masa kehamilan.
 
2. Tulang menjadi lebih sehat
Ini akan meminimalisir terjadinya osteoporosis. Apalagi wanita lebih rentan terserang osteoporosis. Ketahuilah, wanita yang menyusui memiliki risiko lebih rendah untuk terserang osteoporosis.
 
3. Mencegah kanker payudara
Penyakit yang sangat ditakuti bagi wanita ini, bisa dicegah dengan menyusui. Perempuan yang menyusui mempunyai penurunan risiko kanker payudara hingga 25%. Penurunan risiko tersebut terjadi seiring dengan meningkatnya durasi dalam menyusui bayi.
 
4. Menjadi kontrasepsi alami
Ketahuilah, menyusui dapat menunda ovulasi dan hal ini dapat digunakan sebagai kontrasepsi alami. Jadi selama menyusui, anda tidak harus selau menggunakan alat kontrasepsi baik itu suntik, pil, ataupun lainnya.
 
5. Meredakan stres dan juga kecemasan
Jadi menyusui ini tidak hanya menjaga kesehatan fisik sang ibu, namun juga menjaga kestabilan emosionalnya. Seorang ibu yang menyusui bayi, mempunyai mental yang lebih tenang dan mampu bersikap santai. Sehingga ketika seorang ibu menyusui merasa stres atau cemas, Maka hal tersebut akan segera berkurang seiring dengan durasi menyusui.
 
6. Mengurangi risiko serangan kanker rahim
Seorang ibu yang menyusui, hormon estrogen di dalam tubuh akan mengalami penurunan. Penurunan hormon tersebut mampu mencegah terjadinya serangan kanker rahim. Hal demikian karena hormon estrogen yang terlalu tinggi, Bisa meningkatkan serangan penyakit mematikan tersebut.
 
Dengan mengetahui beberapa manfaat menyusui bagi tubuh sang ibu, Apakah anda masih ingin untuk tidak memberikan ASI kepada sang bayi?, Banyaknya manfaat tersebut akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat. Jadi, sebaiknya jangan pernah takut untuk memberikan ASI kepada bayi anda. Selain tubuh bayi menjadi lebih sehat, kondisi kesehatan tubuh anda pun tetap terjaga dengan baik. 
 
Sementara, Apakah anda tidak lebih takut jika tidak menyusui maka risiko kanker rahim, payudara, serta osteoporosis menjadi lebih tinggi..?, Dibandingkan dengan mereka yang menyusui. Untuk itu bagi anda ibu-ibu muda janganlah merasa malu, serta dengan banyak alasan untuk tidak menyusui buah hati anda. Sehatkan tubuh anda dengan menyusui buah hati sejak lahir, Dan pastikan asupan nutrisi terbaik bagi tubuh Anda, supaya menghasilkan ASI yang berkualitas.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar