6 Manfaat Hebat Olahraga Lari Bagi Kesehatan

image: iran-daily.com
Bagi anda yang hobi olahraga berlari ternyata sangat diuntungkan. Pasalnya lari mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Lari ini merupakan olahraga yang simpel karena bisa dilakukan kapan saja. Tidak hanya membantu pembakaran lemak, namun juga menyehatkan jantung. Secara umum, olahraga ini biasa dilakukan pada saat pagi hari. 

Lari atau Jogging di pagi hari akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan fit, sehingga bisa melakukan aktifitas dengan penuh semangat. Banyak orang yang melakukan olahraga ini bersama keluarganya. Apalagi di hari libur, beberapa tempat akan dipadati para pelari pagi. Untuk kali ini, kami akan membahas tentang manfaat luar biasa yang didapatkan dari olahraga lari.

Berlari tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, tapi juga akan membuat seseorang menjadi riang gembira. Segala masalah akan terasa ringan dengan manfaat melakukan lari pagi. Mungkin banyak kalangan yang belum mengetahui jika berlari itu bisa membuat hati semakin Ceria. Nah, untuk lebih gamblangnya, simak beberapa manfaat dari olahraga lari berikut ini:

1. Kardiovaskular menjadi lebih sehat
Dengan berlari selama 1 jam dalam satu minggu, akan bisa membantu mempertahankan keelastisan arteri, serta memperkuat kinerja jantung. Selain itu, berlari juga bisa mengurangi risiko serangan jantung. Dengan berlari secara rutin, juga akan membantu mengontrol tekanan darah ataupun kolesterol. Jadi, jika anda ingin terhindar dari penyakit jantung, kolesterol, ataupun darah tinggi, maka anda bisa menerapkan olahraga lari secara rutin.

2. Mengontrol berat badan
Ini sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan program diet. Ingin langsing tanpa efek samping, solusi terbaiknya adalah dengan berlari secara rutin. Perlu diketahui, berlari mampu membakar 100 kalori setiap mil. Jadi bisa disimpulkan, jika berlari kurang dari 10 menit mampu membakar hingga 100 kalori. Ini akan sangat membantu anda dalam mengontrol berat badan.

3. Meningkatkan kualitas tidur
Sebuah penelitian membuktikan, jika olahraga ini mampu membantu kualitas tidur seseorang. Perlu diketahui, jika olahraga itu memicu terjadinya peningkatan suhu tubuh dan penurunan suhu tubuh, sehingga setelah olahraga bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Olahraga ini juga mengurangi terjadinya insomnia, karena mampu menurunkan kecemasan ataupun gejala depresi.

4. Membuat kulit menjadi lebih sehat
Mungkin banyak yang belum mengetahui jika berlari mampu membuat kulit menjadi lebih sehat. Hal demikian karena berlari akan mengeluarkan keringat pada tubuh, sehingga akan meningkatkan minyak alami tubuh. Dari situlah kesehatan kulit bisa menjadi lebih baik dan tetap segar.

5. Meningkatkan memori
Tidak hanya mengkonsumsi makanan sehat saja yang mampu meningkatkan kualitas memori otak kita. Berlari ternyata juga mampu meningkatkan memori dan mencegah terjadinya demensia. Disamping itu, berlari juga mengurangi risiko serangan Alzheimer. Jadi, jika anda ingin memiliki memori yang lebih kuat maka berlarilah secara rutin.

6. Mencegah kanker
Mencegah penyakit kanker ternyata bisa dilakukan dengan berlari secara rutin. Penyakit berbahaya dan mematikan ini, memang haruslah dicegah. Proses pencegahan tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat, namun juga harus diimbangi dengan berolahraga, salah satunya berlari ini. Pakar kesehatan menjelaskan, bahwa seorang wanita yang rutin berolahraga lari, mereka akan terhindar dari risiko kanker payudara dan juga kanker usus.

Nah, Berlari merupakan olahraga mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Bagi anda yang ingin sehat dengan memori otak yang kuat, maka lakukan olahraga lari tersebut secara rutin. Imbangi dengan konsumsi makanan sehat yang mampu melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh. Jangan lupa untuk konsumsi sayur dan juga buah di setiap harinya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar