Beberapa Alasan Kenapa Anda Bisa Terbangun Di Tengah Malam

image: feed.id
Terbangun di tengah malam mungkin akan membuat seseorang menjadi merasa jengkel. Biasanya, terbangun ini akibat mimpi buruk ataupun kaget suara keras. Namun, tanpa kedua hal tersebut seseorang juga bisa terbangun secara tiba-tiba sehingga mengalami insomnia. Gangguan tidur ini tentu membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Pasalnya terbangun di tengah malam secara tiba-tiba bisa menyebabkan kualitas tidur menurun. Bahkan keesokan harinya, seseorang menjadi ngantuk dalam melakukan aktifitasnya. Berbeda dengan seseorang yang tidur berkualitas, tubuhnya tentu akan lebih fit dan tidak mengalami gangguan tidur. Kondisi tubuh seseorang memang berbeda-beda, namun terdapat sejumlah alasan yang bisa membuat seseorang menjadi terbagun di tengah malam. 

Terbangun di tengah malam mungkin membuat anda merasa tidak nyaman. Namun, ketahuilah terbangun di tengah malam secara tiba-tiba itu merupakan suatu kondisi yang normal dan merupakan bagian dari DNA manusia. Meskipun demikian, anda tetap perlu mengetahui beberapa alasan mengapa kita sering terbangun di tengah malam. Berikut adalah 5 alasan yang membuat seseorang terbangun di tengah malam :

1. Ingin buang air kecil
Ini merupakan suatu hal yang hampir dialami oleh semua orang, karena ini termasuk hal wajar. Hasrat buang air kecil di malam hari atau disebut dengan Nocturia, menjadi penyabab bangun tengah malam dan hal ini paling sering terjadi. Bagi anda yang hampir setiap harinya mengalami hal ini, sangat disarankan untuk mengkonsumsi air minum dan dicampur dengan sedikit garam. Cairan ini disarankan untuk dikonsumsi 30 menit sebelum tidur.

2. Suhu kamar terlalu panas
Dimana suhu yang terlalu tinggi akan menciptakan rasa gerah. Sehingga suhu kamar yang terlalu tinggi bisa membuat seseorang menjadi terganggu dan tidurnya tidak lelap. Untuk menjaga kualitas tidur anda, sebaiknya aturlah suhu 16-18 derajat celcius, sehingga mampu membuat anda lebih cepat tidur setelah terbangun secara tiba-tiba.

3. Membuka media social
Tidak ada yang mengira jika hal ini menjadi alasan terbangun di malam hari. Bagi anda yang memiliki kebiasaan membuka media sosial sebelum tidur, maka hal itu akan mengganggu kualitas tidur anda. Ketahuilah, paparan sinar ponsel ke mata yang terjadi saat malam, itu akan menghentikan tubuh dalam membuat melatonin atau hormon tidur. Untuk mencegah terjadinya bangun di tengah malam, sebaiknya matikan lampu saat anda tidur.

4. Mengkonsumsi alkohol
Seseorang yang mengkonsumsi alkohol sebelum tidur, bisa membuat anda terbangun di tengah malam. Memang, beberapa jam setelah mengonsumsi alkohol akan menimbulkan rasa ngantuk, tetapi setelah tertidur lebih dari 3 jam, anda akan terbangun dan merasa tidak nyaman pada bagian perut. Hal ini akan membuat anda sulit untuk tertidur kembali.

5. Stres
Pikiran yang kacau atau stres akan mengganggu tidur malam anda. Akibat pikiran yang stres ini, seseorang bisa terbangun tengah malam dan sulit untuk tidur lagi karena pikiran yang tidak tenang. Untuk mengatasinya, coba lakukan meditasi supaya pikiran stres ini bisa berkurang dan anda merasa lebih rileks.

Beberapa alasan yang dijelaskan kenapa bisa terbangun tengah malam diatas, akan membuat anda menjadi lebih mudah untuk menghindari hal yang menyebabkan anda terbangun. Jika ingin memiliki kualitas tidur yang baik, maka lakukan hal-hal positif yang bisa membuat anda tetap nyenyak selama tidur malam.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar