Ini Penyebab Mata Kedutan, Dan Cara Mengatasinya

image: eyestrain.com.au
Kedutan pada mata sangat berkaitan dengan sel saraf yang pergerakannya tidak terkontrol. Banyak mitos yang menyebutkan bahwa mata kedutan adalah pertanda sesuatu hal, entah itu baik atau buruk. Namun sebenarnya kondisi ini bisa dijelaskan secara medis. Meskipun tidak menyakitkan, mata kedutan cukup menjengkelkan.
 
Dan perlu anda tahu, bahwa mata kedutan ini biasanya terjadi cukup spontan, Dimana timbulnya gerakan secara tiba-tiba pada bagian kelopak mata anda. Bahkan mata kedutan bisa terjadi di semua kalangan usia, baik itu kalangan muda maupun seseorang yang sudah lanjut usia. 
 
Namun, timbulnya mata kedutan sebenarnya juga dipengaruhi oleh beberapa sebab yang mungkin seseorang mengetahui. Maka dengan mengetahui penyebabnya, Anda akan bisa lebih mudah untuk mengatasi bila terjadi keduatan pada bagian mata anda. Dengan begitu, mata kedutan yang anda alami pun bisa tertanggulangi secara tepat dan efektif.
 
Berikut adalah beberapa penyebab dari kedutan pada mata :
 
-    Konsumsi kafein secara berlebih
-    Konsumsi alkohol yang melebihi batas
-    Kebiasaan merokok
-    Sel saraf yang sulit terkontrol
-    Stres
-    Penggunaan gadget yang berlebihan
-    Sindrom pandangan komputer
-    Kurang tidur
-    Kelelahan
-    Mata kaku
-    Mata kejang
-    Kurangnya nutrisi pada mata
 
Dari penyebab itulah sebenarnya kedutan bisa terjadi, Serta tidak ada hubungan dengan pertanda apapun yang berbau mitos. Kondisi mata kedutan dapat terjadi mulai dari beberapa detik, beberapa menit, hingga berhari-hari. Ketika kedutan ini terjadi lebih dari satu hari, Berarti terjadi masalah pada sistem saraf di mata anda. 
 
Dengan demikian jangan pernah anggap sepele tentang kedutan pada mata. Ketika anda mengalami kedutan secara terus-menerus dalam waktu lama, maka sudah seharusnya melakukan konsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan mata Anda. Setelah melakukan pemeriksaan, Maka anda bisa dengan mudah dalam melakukan pengobatan. Jika mata anda mengalami kedutan dan disertai dengan pembengkakan ataupun mata berwarna merah, Maka juga harus diwaspadai dan segera lakukan pengobatan. Mengingat mata sangat berkaitan dengan saraf, maka jangan dianggap sebagai hal sepele ketika mata anda berkedut dengan indikasi tersebut.
 
Cara mengatasi mata yang kedutan :
 
Dari beberapa kasus yang terjadi, mata kedutan itu menjadi tanda awal akan gangguan neurologis atau kejang pada mata. Sehingga ketika penanganan lambat, Maka bisa menjadi serangan yang lebih serius. Selain itu, Mata yang sudah mengalami kondisi cukup parah, Maka kedutan bisa disebabkan iritasi kornea ataupun konjungtiva, Sehingga mata terus berkedut dalam waktu lama. Untuk perawatan mata yang kedutan sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. 
 
Perawatan di rumah ini bisa dilakukan setelah anda melakukan konsultasi pada dokter. Pada dasarnya, ketika mata mengalami kedutan maka saran utama untuk mengatasinya adalah mengistirahatkan mata anda. Hal ini menjadi cara efektif yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah kedutan. Karena secara garis besar, kedutan itu terjadi akibat kurang tidur dan pikiran yang terlalu stres. Dengan demikian terapkan pola hidup sehat dengan memperhatikan beberapa hal sepele yang bisa menyebabkan mata menjadi kedutan. 
 
Cara mencegah mata kedutan :
 
Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasi mata kedutan, Anda juga perlu mengetahui cara mencegah mata kedutan. Jadi sebenarnya kedutan itu bisa dihindari dengan melakukan beberapa pencegahan. Berikut adalah 4 cara menghindari atau mencegah terjadinya mata kedutan :
 
1. Ketika tubuh merasa lelah, Sebaiknya anda tidur. Karena kondisi tubuh yang terlalu lelah memicu terjadinya kedutan pada mata.
 
2. Istirahatkan mata anda setelah berjam-jam di depan layar komputer.
 
3. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Hindari konsumsi minuman beralkohol, Serta kurangi minuman berkafein. Karena keduanya bisa memicu terjadinya kedutan.
 
4. Hindari pikiran stres. Jadi usahakan anda terus merasa tenang tanpa harus berfikir dengan tegang yang bisa menyebabkan stres. Hingga akhirnya mata menjadi kedutan terus menerus.
 
Dengan mengetahui penyebab, tips mengatasi dan cara mencegah dari mata yang kedutan, Maka anda bisa menyimpulkan jika kedutan yang terjadi pada mata itu tidak berhubungan dengan mitos. Namun sangat erat kaitannya dengan kondisi kesehatan tubuh seseorang.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar