Ketahui, 6 Hormon Ini Bikin Wanita Menjadi Gemuk

image: boldsky.com
Selain kebiasaan dan makanan yang dikonsumsi, ternyata ada beberapa hormon yang menjadikan wanita cepat mengalami kegemukan. Pastinya anda pernah mendengar, di saat kebanyakan wanita sedang datang bulan atau PMS, Yakni selalu menyalahkan hormon mereka sambil merasa resah. Namun ada juga wanita yang cukup merasa senang bila susunan hormon dalam tubuh mereka sedemikian rupa. Sehingga dari situ bisa menjadikan mereka merasa lebih feminin dan cantik. Dan sama halnya dengan yang satu ini, bahwa kurangnya keseimbangan hormon yang ada pada tubuh wanita, juga menjadi salah satu penyebab wanita mudah untuk mengalami kegemukan.

Sehingga dari adanya hormon yang kurang seimbang, menjadikan berat bandan pun sulit untuk diturunkan. Sehingga untuk menanggulanginya pun, setidaknya anda mengetahui beberapa hormon yang biasanya menjadikan tubuh muda gemuk. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan solusi yang tepat, agar hormon yang menjadikan tubuh mudah gemuk tersebut bisa tertanggulangi secara efektif.  Dengan demikian, program diet yang anda jalani akan lebih mudah dan lancar. Dan Inilah 6 hormon yang bisa membuat tubuh wanita menjadi gemuk.

1. Hormon Testosteron
Pada tubuh wanita memang terdapat hormone Testosteron, yang mana bila hormon tersebut mengalami peningkatan, maka wanita akan mengalami sindrom ovarium polikistik ( PCOS). Sehingga di saat sindrom ini menyerang, maka berat badan dari tubuh wanita akan naik, hingga kenaikan berat otot yang berlebih. Oleh sebab itulah, Hormon Testosteron ini juga menjadi penyebab tubuh wanita cepat mengalami kegemukan.

2. Hormon kortisol
Yang mana hormon kortisol itu sendiri kerap dikenal dengan istilah hormon stres. Dan pada saat seorang wanita mengalami tingkat stres yang tinggi, maka hormon kortisol akan meningkat pula. Sehingga akan menjadikan melonjaknya nafsu makan, dan pada akhirnya berat badan tubuh pun meningkat. Oleh karena itu, bila anda menjalani program diet setidaknya bisa menurunkan tingkat stres anda, sehingga hormon kortisol ini tidak sampai meningkat.

3. Hormon insulin
Perlu anda ketahui, bahwa hormon insulin memang berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Namun bila hormon insulin ini mengalami kenaikan yang tidak terkendali, maka tidak hanya serangan diabetes yang terjadi, bahkan akan menjadikan berat badan menjadi naik. Hal demikian karena selain mengontrol gula darah, hormon penting ini juga berperan untuk mengatur regulasi lemak,  serta karbohidrat dalam tubuh. Sehingga dari situ, menjadikan hormon insulin ini bisa menyebabkan tubuh menjadi cepat mengalami kegemukan.

4. Hormon progesteron Yang menurun
Adanya hormon ini bisa menjadikan tubuh wanita menjadi cepat gemuk dan berat badan pun bisa melonjak.  Dan perlu anda ketahui, bahwasannya pada saat menopause, kadar hormon progesteron akan menurun. Sehingga dari situ akan membuat tubuh menjadi membengkak, dan berat badan pun naik. Hal demikian disebabkan karena retensi air dan lemak yang berlebih. Sehingga berat badan pun menjadi naik pula.

5. Hormon teroid yang terserang penyakit
Jika hormon teroid ini terserang penyakit, maka efek buruk yang ditimbulkan yakni bertambahnya berat badan. Biasanya jenis penyakit yang disebabkan oleh terjangkitnya hormon ini, kerap dikenal dengan istilah penyakit hipotiroidisme.  Yang mana penyakit ini juga menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah, kulit kering, dan sembelit. Sehingga jika hormon teroid ini sampai terkena penyakit, maka bisa menjadikan tubuh mudah mengalami kegemukan.

6. Menurunnya hormon estrogen
Bila sampai terjadi penurunan terhadap hormon estrogen pada tubuh wanita, maka akan menyebabkan dampak buruk, yakni berat badan melonjak terutama berada di sekitar bagian usus dan perut. Dengan demikian, ketika wanita mengalami menopause, maka akan mengalami kenaikan berat badan yang tidak terkendali. Sehingga menurunnya hormon ini bisa menyebabkan  tubuh menjadi mudah gemuk.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar