7 Alasan Penderita Diabetes Dianjurkan Konsumsi Ubi Jalar

image: ontariosweetpotato.com
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula di dalam darah. Meningkatnya kadar gula ini disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari terlalu banyak mengonsumsi gula hingga gangguan organ pankreas yang tidak mampu memproduksi hormon insulin. Sehingga kadar gula semakin menumpuk di dalam darah. Penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan terjadinya masalah komplikasi. 

Untuk mencegah terjadinya komplikasi kardiovaskular, seorang penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan. Terdapat beberapa makanan khusus untuk penderita diabetes, supaya kadar gulanya tidak mengalami peningkatan. Selain gandum dan beras merah, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi ubi jalar. Tahukah anda mengapa dianjurkan mengonsumsi ubi jalar?, Untuk informasi yang lebih jelas anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Sejak lama ubi jalar telah dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini terkait sebuah penelitian yang membuktikan, Bahwa ubi jalar itu mampu membantu mengatasi diabetes dengan aman. Perlu diketahui, Bahwa ubi jalar mengandung atioksidan yang mampu membuat tubuh tetap sehat. Kandungan vitamin C di dalam makanan ini, ternyata mampu melindungi kesehatan tubuh dari kerusakan syaraf. Dengan demikian bagi anda yang mengalami diabetes, Ketahuilah alasan berikut mengapa ubi jalar sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

1. Mengontrol kadar gula di dalam darah
Hal ini disebabkan karena di dalam ubi jalar mengandung gula alami, Yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh penderita diabetes. Dengan demikian, kadar gula darah terus terkontrol dengan baik.

2. Menjaga kesehatan mata
Penderita diabetes bisa mengalami gangguan pengelihatan akibat tingginya kadar gula di dalam darah. Untuk mencegah terjadinya kerusakan mata, Penderita disarankan untuk mengonsumsi ubi jalar karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

3. Menjaga kesehatan otot
Tidak pernah disangka, jika ubi jalar mampu menjaga kesehatan otot. Hal ini disebabkan karena ubi jalar mengandung kalium yang mampu mengobati kelemahan otot, kram, ataupun pembengkakan.

4. Meningkatkan aliran oksigen di dalam tubuh
Hal demikian karena ubi jalar mengandung magnesium serta kalium, Yang mana mampu meningkatkan sirkulasi di dalam darah. Dengan begitu, pasokan oksigen akan menjadi lebih lancar terutama pada sel-sel tubuh. Sehingga, Hal ini mampu mencegah terjadinya kerusakan pada organ tubuh penderita diabetes.

5. Meningkatkan sistem imun
Tak pernah disangka, Jika ubi jalar ini mampu membuat kekebalan tubuh tetap terjaga. Ubi jalar mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh penderita diabetes.

6. Aman untuk program diet
Setiap penderita diabetes, Sangat dianjurkan untuk melakukan diet. Ubi jalar ini aman untuk digunakan sebagai menu diet bagi penderita diabetes. Kandungan protein dan karbohidrat di dalam ubi jalar tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

7. Melindungi kesehatan jantung dan otak
Hal ini karena ubi jalar mengandung vitamin B6 yang mampu mencegah terjadinya stroke maupun jantung akibat penyakit diabetes.

Itulah beberapa alasan kenapa penderita diabetes dianjurkan untuk konsumsi ubi jalar. Jadi, pada dasarnya ubi jalar itu sangat menyehatkan bagi penderita diabetes. Untuk mengontrol kadar gula di dalam darah, seorang penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ubi jalar ini. Disamping itu, juga perlu diimbangi dengan konsumsi makanan sehat mulai sayur dan buah yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh. Penderita diabetes juga perlu melakukan olahraga ringan supaya sistem imun tubuh tetap terjaga dengan baik.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar