5 Langkah Mudah Supaya Bisa Tidur Lebih Cepat

image: thrive-team.com
Tidak sedikit orang yang sering mengalami sulit tidur. Padahal tidur ini menjadi salah satu hal penting bagi kesehatan tubuh. Tanpa tidur yang berkualitas, maka tubuh bisa menjadi kurang fit. Oleh sebab itu, seseorang harus mengatasi dengan baik ketika mengalami sulit tidur. Idealnya, seseorang itu harus tidur kurang lebih 7-8 jam dalam sehari. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, Serta mengistirahatkan beberapa organ tubuh seperti mata, kaki, tangan, dan juga mulut. Dengan tidur dalam waktu yang cukup, maka proses metabolisme di dalam tubuh bisa berjalan menjadi lebih baik. Sehingga sistem kekebalan tubuh bisa terjaga, dan seseorang tidak mudah sakit.
 
Agar bisa tidur lebih cepat, ternyata bisa dilakukan secara mudah tanpa harus mengonsumsi obat tidur. Hal ini perlu dilakukan bagi anda yang setiap harinya sulit untuk tidur, terutama di malam hari. Tubuh yang kurang tidur ternyata sangat rentan terhadap serangan jantung, darah tinggi, kemudian lebih mudah merasa lelah serta stres. Dengan demikian, Bagi anda yang mengalami masalah sulit tidur, Segera lakukan beberapa cara mudah berikut ini :
 
1. Singkirkan gadget anda
Sebelum tidur, anda sebaiknya menghindari bermain ponsel terutama smartphone. Pasalnya, kilatan cahaya yang berasal dari smartphone tersebut bisa membuat seseorang menjadi sulit tidur. Jadi ketika anda ingin cepat tertidur nyenyak, sebaiknya singkirkan terlebih dahulu smartphone atau gadget sejenisnya, Dan jangan letakkan di dekat anda.
 
2. Minumlah teh kamomil ( Chamomile )
Tahukah anda?, teh komamil itu ternyata bersifat menenangkan. Untuk meningkatkan kualitas tidur, anda bisa mengonsumsi teh komamil ketika hendak tidur. Teh ini mampu mengurangi rasa kecemasan dan juga stres, sehingga membantu anda untuk tidur lebih cepat.
 
3. Buat suhu kamar menjadi dingin
Ternyata kondisi kamar tidur yang terlalu hangat membuat seseorang menjadi sulit tidur. Untuk mendinginkan suhu kamar, anda bisa dengan mematikan lampu kemudian membuka cendela sebentar supaya udara di dalam kamar berganti. Kondisi kamar yang dingin dengan udara segar dari luar ruangan, Akan sangat efektif dalam meningkatkan kualitas tidur anda. 
 
4. Gunakan bantal yang nyaman
Nyenyak atau tidaknya tidur seseorang, itu memang sangat dipengaruhi dari bantal yang digunakan. Dalam hal ini, anda harus memilih bantal yang pas supaya merasa lebih nyaman saat tidur. Dengan demikian, hindari penggunaan bantal yang terlalu keras, dan jangan gunakan pula bantal yang terlalu lembut. Jadi, pilihlah bantal yang pas tidak terlalu lembut dan tidak terlalu keras.
 
5. Minum susu yang hangat
Minum susu hangat, Ternyata bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Satu gelas susu hangat mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kondisi pikiran yang rileks, mampu membuat seseorang menjadi lebih cepat tertidur.
 
Selain melakukan beberapa cara di atas, anda juga perlu memperhatikan penggunaan baju tidur supaya bisa tertidur dengan nyenyak. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan piyama yang senantiasa bisa membuat tidur lebih nyaman. Supaya tidur lebih cepat, sebaiknya kurangi konsumsi kafein di malam hari. Misalnya kopi hitam, Anda perlu mengurangi pengonsumsian kopi hitam ini supaya bisa tertidur dalam waktu lebih cepat. 
 
Dengan melakukan beberapa cara di atas, maka anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, sehingga tubuh pun menjadi lebih sehat. Kekebalan tubuh akan tetap terjaga ketika seseorang tidur dalam waktu yang cukup. Jadi, bagi Anda yang mengalami sulit tidur maka lakukan beberapa cara mudah yang telah dijelaskan di atas.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar