7 Tips Agar Tetap Sehat Bagi Pekerja Shift Malam

image: theamericangenius.com
Bagi anda pekerja shift malam, sebaiknya mengetahui beberapa kiat yang perlu dilakukan supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Berbagai risiko bisa terjadi pada pekerja shift malam, oleh sebab itulah harus diperhatikan tentang kesehatan pekerja sift malam. Meskipun bekerja sesuai dengan jadwalnya, namun shift malam bisa menimbulkan beberapa risiko. 

Ketahuilah, melakukan aktifitas kerja yang berlawanan dengan siklus tidur alami, bisa menyebabkan gangguan tidur ataupun kelelahan yang cukup kronis. Ketika tubuh merasa lelah, maka beberapa gangguan bisa terjadi, selain itu juga menurunkan refleks dan juga kemampuan kognitif seseorang. Tidak hanya itu, kondisi tubuh yang lelah juga menyebabkan sistem imun menjadi lemah, hingga akhirnya seseorang menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Melakukan pekerjaan di malam hari memang bukan hal yang umum dilakukan. Namun, pekerjaan di malam hari harus dilakukan oleh seorang karyawan yang mendapatkan jadwal shift malam. Nah.., Supaya anda bisa terhindar dari masalah penyakit dan tetap sehat, maka ketahuilah beberapa tips menyehatkan bagi pekerja sift malam berikut :

1. Konsumsi makanan sehat
Dalam menjaga sistem imun, seorang pekerja malam harus mengonsumsi makanan sehat. Pada dasarnya, makanan sehat itu mengandung berbagai nutrisi yang bisa membuat tubuh menjadi lebih fit. Sehat atau tidaknya tubuh seseorang, sangat dipengaruhi dari pengonsumsian jenis makanan. Disebut harus mengonsumsi makanan sehat, maka anda disarankan untuk menyantap sayuran, dan juga buah yang mengandung antioksidan serta serat.

2. Hindari konsumsi kafein
Mengingat bekerja di malam hari tentu seseorang bisa saja merasa ngantuk. Dalam hal ini mereka biasa menyeruput secangkir kopi supaya rasa kantuknya itu berkurang. Boleh-boleh saja konsumsi kafein, namun jangan melebihi satu cangkir atau 150ml. Karena, lebih dari jumlah tersebut bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi, bahkan sulit tidur di siang harinya.

3. Konsumsi air putih
Seperti yang kita ketahui, air putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, air putih juga mampu membuat tubuh tetap terhidrasi. Bekerja pada malam hari, ternyata bisa mengurangi tingkat energi dan juga air di dalam tubuh. Oleh sebab itu, setiap pekerja yang melakukan shift malam sangat disarankan supaya konsumsi air putih dalam jumlah cukup.

4. Hindari konsumsi minuman energi
Saat bekerja shift malam, sebaiknya hindari konsumsi minuman berenergi. Jadi, untuk menjaga energi di dalam tubuh, sebaiknya jangan konsumsi minuman ini. Pasalnya, jenis minuman energi itu rata-rata mengandung kafein tinggi, sehingga memicu terjadinya gangguan tidur ketika selesai kerja shift malam.

5. Kontrol asupan gula
Sebagai pekerja di malam hari, anda harus bisa mengontrol asupan gula. Mengonsumsi gula terlalu banyak, memicu kenaikan berat badan. Jadi, bagi mereka yang tidak bisa mengontrol asupan gula, Maka tubuhnya pasti berubah menjadi lebih gemuk.

6. Berjalan-jalan
Untuk menjaga kesehatan selama bekerja di malam hari, seseorang perlu berjalan-jalan untuk menenangkan pikiran dan juga mata. Dengan berjalan-jalan sebentar, maka tubuh akan menjadi lebih segar, dan kekebalan tubuh yang terjaga dengan baik.

7. Hindari konsumsi makanan yang berminyak
Karena jenis makanan ini bisa memperlambat pencernaan. Selain itu, makanan berminyak umumnya juga mengandung kolesterol yang tidak menyehatkan tubuh.
Dengan beberapa tips di atas, anda bisa lebih mudah dalam menjaga kesehatan selama bekerja di malam hari. Kiat-kiat sehat itu perlu dilakukan jika anda ingin tetap sehat dalam bekerja. Melalui cara tersebut, anda bisa mengatur waktu tidur anda di siang hari setelah menjalankan kerja shift malam.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar