6 Tips Pertahankan Pernikahan Agar Tetap Langgeng

image: mercatornet.com
Membentuk suatu keluarga baru yang dilandaskan dengan pernikahan, itu memang masih dalam kategori mudah. Namun mempertahankan hubungan pernikahan agar tetap berlangsung langgeng dan bahagia, memang tak semudah yang dipikirkan bukan….?. Banyak perceraian yang sering melanda sepasang kekasih setelah mereka berdua akad resmi dalam pernikahan. 

Timbulnya berbagai masalah dalam rumah tangga yang belum bisa terselesaikan secara tuntas, kerap memicu pertahanan hubungan pernikahan tersebut menjadi pudar. Sehingga dalam mempertahankan hubungan pernikahan agar tetap bisa berjalan langgeng, dibutuhkan upaya yang gigih dalam memperjuangkannya. Namun tak hanya itu saja, berbagai faktor pendukung lainnya juga bisa dijadikan jalan untuk mempertahankan hubungan pernikahan. 

Nah, dalam mengaplikasikan sikap yang dibutuhkan dalam mempertahankan hubungan pernikahan tersebut, Ada beberapa tips yang perlu untuk diterapkan. Sehingga hubungan pernikahan yang anda jalani bersama pasangan bisa tetap romantis, langgeng, dan bahagia. Dan Inilah 6 tips dalam mempertahankan pernikahan agar tetap terjalin dengan baik.

1. Hormati pasangan
Dengan cara menghormati antara satu dengan yang lain, termasuk kunci pokok agar hubungan pernikahan yang dijalani bisa awet dan bahagia. Hal demikian karena saling menghormati antar pasangan dalam suatu rumah tangga, memang sangat membantu untuk memperkuat ikatan dalam menjalani hubungan pernikahan. Berdasarkan penjelasan dari seorang psikolog, yakni Seema Hingorrany, menunjukkan bahwa anda mungkin akan menikah dengan dia, dan dia dapat menjadi bagian integral dari kehidupan anda. 

Akan tetapi hal demikian tidak berarti bahwa anda semata memiliki dia.  Oleh karena itu, secara sepintas dapat dijelaskan bahwa sangat penting sekali untuk menghargai perasaan dan keputusan antar pasangan dalam menjalani hidup bersama.

2. Kompromi
Terkadang masih banyak orang yang enggan berkompromi dalam menjalin hubungan rumah tangga. Yang mana bagi sebagian orang masih beranggapan bahwa kompromi merupakan tanda kelemahan. Sehingga mereka pun kerap sekali tak mau berkompromi demi langgengnya suatu hubungan pernikahan. Padahal, kompromi dalam membangun suatu hubungan rumah tangga memang sangat membantu akan benteng pertahanan rumah tangga. Saling bertukar pikiran dan menemukan jalan tengah ketika ada permasalahan, Akan membantu terwujudnya suatu hubungan pernikahan yang langgeng.

3. Komunikasi
Tentunya perlu diingat, bahwa komunikasi dalam hubungan pernikahan merupakan pilar kokohnya hubungan rumah tangga tersebut. Dimana seringnya hilang komunikasi dalam menjalani hubungan pernikahan yang telah dijalin, memang bisa meruntuhkan dan merusak akan hubungan pernikahan seseorang. 

Dengan demikian, setidaknya anda bisa menyisihkan di sela-sela waktu luang, agar tetap bisa menjalin komunikasi bersama pasangan hidup anda sekarang. Dengan begitu, benteng pertahanan pernikahan yang anda jalani, bisa tetap kuat dan kokoh. Sehingga akan membawa anda dalam suatu hubungan yang langgeng.

4. Jangan biarkan cinta mati
Hal demikian memang sesuai dengan apa yang telah diungkapkan oleh seorang konselor pernikahan, Yakni Dr. Sanjoy Mukerji. Dimana beliau menjelaskan bahwa “ Berikanlah apresiasi, perhatian, dan waktu yang berkualitas dengan pasangan anda bila hal demikian benar-benar mungkin ’’. Sehingga buatlah pasangan anda menjadi istimewa. Oleh karena itu, Menjaga bara api cinta dan keromantisan antar sepasang suami istri, Merupakan hal yang sangat penting bukan…? 

5. Adanya ikatan dengan mertua
Setidaknya anda bisa bersikap ramah dan sopan dengan mertua anda, apalagi disaat anda sedang bertemu dengan mereka. Hal demikian karena mertua anda juga bisa menjadi sumber dan lambang akan terdukungnya hubungan anda berdua. Bahkan akan bisa menjadi tim support bila suatu ketika hubungan anda berdua sedang diambang permasalahan yang cukup berat. Oleh karena itu, baik-baiklah anda dengan mereka semua ( mertua).

6. Transparasi keuangan
Perlu anda tahu, bahwa setiap individu juga memiliki hak untuk menjaga stabilitas keuangan dalam rumah tangga. Ada baiknya bila anda memiliki rekening masing-masing diantara pasangan. Akan tetapi perlu diingat, bahwa adanya saling konfirmasi jika ada masalah keluar masuknya keuangan, itu sangatlah penting. Sehingga rasa saling percaya antar pasangan bisa tetap terjaga dengan baik. 

Dimana hilangnya rasa kepercayaan di antara pasangan, terutama dalam persoalan keuangan, bisa menjadi benalu bagi hubungan pernikahan anda. Oleh karena itu, saling terbuka dalam mengatur keuangan ini, Memang bisa menjadikan hubungan pernikahan anda bisa tetap langgeng dan bahagia.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar