5 Cara Sehat Mengatasi Sakit Punggung

image: hrosm.com
Sakit punggung merupakan salah satu masalah yang sangat lazim. Sembilan dari sepuluh orang, pasti pernah mengalami sakit punggung. Namun ternyata hanya sebagian kecil yang melakukan cara sehat. Mereka justru memilih cara instan dengan mengonsumsi obat kimia tanpa memikirkan efek samping dalam jangka panjangnya. Rasa sakit pada punggung bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari terlalu capek dalam bekerja, hingga terlalu lama duduk. Beberapa orang ternyata mencoba untuk mengabaikan rasa sakit yang muncul pada punggungnya. 
 
Secara umum, rasa sakit pada punggung akan melibatkan semua bagian punggung. Tetapi, nyeri lebih sering terjadi pada bagian punggung bawah. Hal ini disebabkan karena bagian punggung belakang menanggung beban tubuh yang lebih besar, jika dibandingkan dengan punggung bagian atas. Dalam hal tersebut, punggung bagian bawah juga mengalami tekanan sepanjang hari sehingga sakitnya akan lebih parah.
 
Sakit punggung lebih sering dialami bagi mereka yang sehari-harinya bekerja di depan komputer. Selain terlalu capek, ternyata sakit punggung juga bisa disebabkan akibat kurangnya kalsium di dalam tulang, Ataupun asupan nutrisi yang kurang tepat. Untuk mengatasinya lakukan beberapa langkah alami berikut ini :
 
- Perbaiki postur tubuh
Ini bisa dilakukan dengan menaruh sebuah bantal pada bagian punggung bawah. Selanjutnya cobalah untuk duduk dengan tegak. Sementara, Ketika anda berada di depan komputer sebaiknya duduklah secara tegak, dan jangan terlalu lama menekuk punggung. Karena menekuk punggung terlalu lama bisa menyebabkan sakit punggung.
 
- Tidur malam dalam waktu cukup
Seseorang yang mengalami sakit punggung, diharuskan untuk tidur malam dalam waktu cukup. Karena dengan tidur malam yang cukup akan membantu memperbaiki otot, dan juga mampu mengurangi peradangan pada tulang punggung.
 
- Olahraga
Dalam hal ini seseorang disarankan untuk melakukan olahraga ringan, misalnya berjalan kaki secara pelan-pelan. Olahraga ringan ini akan memperkuat otot serta meredakan rasa sakit pada punggung.
 
- Yoga
Olahraga yang satu ini, Bisa dijadikan sebagai cara mudah dalam mengatasi sakit punggung.  Yoga disebut sebagai langkah sehat yang akan membebaskan anda dari sakit punggung dalam beberapa hari. Untuk menerapkan olahraga ini, anda bisa melakukan yoga yang fokus pada pernafasan. Karena pernafasan yang efektif, Akan mampu mengurangi ketegangan otot, Dan pada akhirnya bisa mengurangi nyeri di bagian punggung.
 
- Konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan magnesium
Ketika anda mengalami sakit punggung, maka disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan berkalsium dan magnesium yang tinggi. Dalam hal ini, anda bisa mengonsumsi susu, telur, kemudian sayuran hijau, kacang-kacangan, buah apel, dan juga buah pisang yang mana deperkaya dengan kalsium yang tinggi.
 
Dari cara-cara alami yang disebutkan di atas, anda bisa mendapatkan kesembuhan sehingga bisa melakukan aktifitas dengan baik. Sementara, bagi anda yang mengalami sakit punggung lebih parah, maka bisa mengonsumsi ramuan alami. Salah satu ramuan herbal yang mudah dibuat sendiri di rumah adalah ramuan kulit manggis. 
 
Dimana kulit manggis ini mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, senyawa alami di dalam kulit manggis juga mampu melancarkan peredaran darah, sehingga rasa sakit pada punggung akan berkurang dengan baik. Untuk mencegah terjadinya sakit punggung, seseorang dianjurkan untuk selalu menggerak-gerakkan punggungnya setiap kali bangun tidur, dan setelah duduk dalam waktu lama. Itulah beberapa cara mengatasi masalah sakit punggung, Semoga bermanfaat bagi anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar