5 Cara Menghilangkan Kapalan Dengan Mudah

image: londonpodiatry.com
Kapalan mungkin sebuah istilah yang sudah familiar di telinga kita. Namun, beberapa diantaranya masih ada yang belum mengetahui apa itu sebenarnya kapalan. Dalam istilah kedokteran, kapalan adalah sebuah penebalan dan pengerasan yang terjadi pada lapisan kulit. Kapalan ini terjadi akibat gesekan tekanan secara terus menerus. 
 
Oleh sebab itulah kapalan sering terjadi pada bagian telapak kaki, kemudian telapak tangan, dan juga sela-sela jari yang sering digunakan memegang benda-benda tertentu. Sebenarnya kapalan ini bukanlah sebuah penyakit, dan munculnya kapalan pada kulit tidak membayahakan kesehatan, namun perlu dihilangkan. Pasalnya, kapalan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit tersebut.
 
Menghilangkan kapalan bisa dilakukan secara mudah dan tidak harus melakukan pengobatan  ke dokter. Benjolan kecil yang mengeras ini akan mulai berkurang ketika gesekan dikurangi secara sedikit demi sedikit. Selain itu, seseorang juga bisa menghilangkan kapalan dengan memanfaatkan beberapa bahan alami berikut ini :
 
- Cengkeh dan lemon
Untuk membantu pengikisan kulit kapalan, anda bisa memanfaatkan campuran air lemon dengan cengkeh. Ramuan ini bisa dibuat dengan mudah, dimana campurkan air lemon dengan cengkeh selama 15 menit. Jika sudah, anda keluarkan cengkehnya dan kemudian usapkan air tersebut pada kulit yang mengalami kapalan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda melakukan cara ini dengan rutin.
 
- Bawang putih dan cuka
Campuran kedua bahan ini mampu mengatasi kapalan dengan baik. Pembuatan ramuan pun bisa dilakukan secara mudah. Di mana, anda cukup mencampur bawang putih yang sudah dihaluskan dengan air cuka di dalam sebuah mangkuk. Kemudian, letakkan mangkuk di luar ruangan supaya terkena sinar matahari. Lalu, Oleskan pada kulit kapalan sebelum anda tidur. Dengan bahan tradisional ini kulit kapalan akan menjadi semakin lunak secara berkala.
 
- Vitamin A atau E
Perlu diketahui, bahwa vitamin A dan juga E mampu membantu mengikis kulit yang kapalan. Setelah anda mengoleskan vitamin A maupun E pada kulit kapalan, maka gunakan kaus kaki, jadi kaki harus terbungkus rapat. Tujuannya supaya minyak dari vitamin ini mampu melunakkan kulit yang kapalan. Dengan sering menggunakan bahan alami ini, maka kapalan akan hilang secara efektif.
 
- Baking soda
Bahan ini ternyata sangat efektif dalam menghilangkan kapalan. Cara penggunaannya cukup dengan merendam kaki di dalam air hangat yang dicampur dengan baking soda. Perendaman ini bisa dilakukan selama 15 menit. Jika sudah, gosokkan batu apung untuk mengikis kulit yang kapalan pada kaki anda.
 
- Kulit lemon
Selain airnya yang berkhasiat, ternyata kulit dari buah lemon juga mampu menghilangkan kapalan. Karena tekstur kulit yang kapalan sangat kasar, maka kulit lemon ini bisa digosokkan supaya kulit kaki cepat mengikis. Kandungan senyawa alami di dalam kulit dari buah lemon ini, ternyata efektif dalam mengatasi kapalan pada kaki maupun tangan.
 
Jika kapalan terjadi pada tangan, tentu akan membuat seseorang tidak percaya diri saat berjabat tangan dengan orang lain. Pasalnya, kulit kapalan itu akan menimbulkan tekstur yang kasar. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami menyarankan supaya anda menggunakan beberapa bahan alami supaya kapalan bisa teratasi dengan baik. 
 
Kembalikan rasa percaya diri anda dengan mengatasi kapalan secara mudah dan sangat hemat. Jadi, bagi anda yang mengalami kapalan cukup parah, maka segera lakukan treatment alami tersebut secara rutin.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar