6 Cara Meredam Emosi Saat Bertengkar Dengan Pasangan

image: socialjunk.net
Terkadang kejernihan berpikir seseorang dalam mengatasi sebuah masalah bisa saja terganggu, apalagi di saat sedang genting atau bertengkar dengan pasangan hidup. Sehingga tingkat emosi yang meluap menjadikan diri kurang terkendali. Alhasil, bisa menimbulkan dampak tidak baik terhadap hubungan tersebut. Yang mana emosi yang tak terkendali malah menjadi benalu akan eratnya berhubungan, terutama dengan pasangan idaman anda.

Hal demikian memang perlu ditemukan sebuah cara tepat untuk mengolah emosi tersebut, agar tidak timbul perkara yang lebih fatal. Dengan begitu emosi bisa mereda, Dan hubungan anda dengan pasangan pun bisa terjalin erat kembali. Setidaknya anda harus berpikir bahwa emosi bukanlah suatu solusi, akan tetapi malah akan menjadi ‘’boomerang’’ bagi hubungan anda.

Untuk meredamkan emosi tersebut, ada beberapa tips yang cukup efektif dan tepat yang bisa anda terapkan.  Apalagi jika tingkat emosi pasangan anda yang semakin meningkat secara tak terduga, maka dengan menggunakan beberapa  tips ini, setidaknya anda langsung bisa merespon untuk segera mengendalikannya. Dan inilah 6 cara ampuh untuk meredamkan emosi saat bertengkar dengan pasangan anda.

1. Berusaha menjadi pendengar yang baik
Bilamana pasangan anda saat ini sedang emosi tinggi, dan selalu mengungkapkan pembelaan dirinya, sebaiknya anda bisa menjadi pendengar yang baik atas pembelaannya tersebut. Dan ingat, dengarkan dengan seksama mengenai apa yang telah ia bicarakan, dan responlah dengan lebih positif. Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan bara api dalam hubungan anda.

2. Bersikap Toleran
Mengaplikasikan sikap toleran terhadap pasangan anda yang sedang memiliki emosi tingkat tinggi atau “panas hati”, Cukup mampu untuk menjadi solusi tepat dalam mendinginkan dan menenangkan suasana. Sehingga anda bisa bersikap lebih sabar, toleran, dan cobalah untuk menempatkan diri di posisinya. Sehingga kondisi genting ini bisa teratasi segera dengan tepat.

3. Hindari kata “Terserah, Selalu, Tidak Pernah, Aku benci kamu”
Perlu anda ketahui, bahwa beberapa kata yang perlu untuk dihindari bila anda sedang bertengkar dengan pasangan yakni, “Kamu Selalu Begitu”, “Terserah Kamu”, “Kamu Tidak Pernah Mengerti” , dan  “Aku Benci Kamu” . Dimana penggunaan kata-kata tersebut hanya akan memperuncing pertengkaran dengan pasangan anda. Oleh karena itu, meskipun kata-kata tersebut kerap sekali terlontar pada umumnya, hendaknya anda bisa untuk tidak mengucapkannnya. Hal demikian agar urusan segera terselesaikan, dan emosi  pasangan anda pun bisa mereda.

4. Hindari kata “Benar, Salah“
Hendaknya anda atau pasangan bisa menghindari mengucapkan  kata kata “Benar, Salah, Menang, Kalah” dengan nada tinggi layaknya menganggap anda selalu benar disaat sedang bertengkar. Sehingga hal tersebut akan tambah memperparah situasi.  Karena masalah bukan ajang perdebatan atau kompetisi yang mencari pemenag, melainkan untuk diselesaikan atau dipecahkan bersama. Oleh karena itu, agar tidak semakin tambah memperparah pertengkaran, setidaknya anda dan pasangan juga bisa menghindari kata-kata tersebut. 

5. Selalu tawarkan perdamaian
Ketika anda atau pasangan memang seringkali bertengkar hingga panjang lebar, dan sampai berlarut-larut, maka kebiasaan buruk seperti itu perlu segera disingkirkan.  Dan ada baiknya bila anda menjadi orang pertama yang meminta maaf, sehingga anda dengan pasangan tidak membuang-buang waktu yang tak bermanfaat. Dan amarah serta emosi pun bisa segera mereda, Dan hubungan anda pun bisa membaik kembali.

6. Segera menyelesaikan masalah
Bilamana anda maupun pasangan memiliki kebiasaan buruk, Layaknya merasa puas dengan sebuah pengakuan setelah bertengkar, maka sebaiknya anda bisa menunjukkan bahwa sudah tidak ada permasalahan yang perlu untuk dibahas dan diperpanjang. Dengan begitu, akan bisa membuat hubungan anda tidak semakin meruncing. Sehingga masalah pun juga cepat terselesaikan.
Artikel Terkait