Dampak Buruk Makan Dan Minum Sambil Berdiri

image: totalmouthfitness.com
Memang benar adanya, Bahwa mengabaikan hal-hal yang biasa dianggap sepele, terkadang juga bisa menimbulkan efek buruk bagi diri sendiri. Dimana pengabaian tersebut akan bisa menjadikan karakter, dan pada akhirnya sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihindari. Layaknya pada saat mengkonsumsi makanan dan minuman setiap hari, Masih ada sebagian orang yang makan dan minum sambil berdiri. Padahal kebiasaan yang seperti ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. 

Pastinya anda pernah mendengar, tentang etika pada saat mengkonsumsi makanan dan minuman haruslah dengan menerapkan cara yang baik. Namun masih banyak orang yang mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut sambil berjalan, berdiri, dan tidak menghiraukan akan etika yang benar. Dan tidak hanya hal tersebut dikatakan kurang sopan, bahkan dampak buruk bagi kesehatan pun akan bisa timbul, karena kebiasaan buruk ini. 

Berbagai alasan secara ilmiah telah membuktikan, bahwa  kebiasaan makan dan minum sambil berdiri akan menjadikan sebagian organ tubuh mengalami masalah, dan akhirnya kesehatan tubuh pun akan mengalami gangguan pula.

Perlu anda tahu, Ketika tubuh mengkonsumsi minuman dengan cara duduk, maka air yang masuk ke dalam tubuh akan disaring oleh sfringer. Yang mana sfringer itu sendiri memang merupakan struktur tubuh muscular / berotot, yang berguna untuk membuka dan menutup agar air kemih bisa lewat dengan mudah. Akan tetapi sfringer ini hanya berfungsi pada saat posisi tubuh duduk.  Dan tidak akan berfungsi bila posisi tubuh berdiri. 

Kemudian apa dampaknya…?, Dengan demikian jika masuknya minuman ke dalam tubuh sambil berdiri, maka minuman tersebut akan langsung masuk begitu saja, tanpa adanya penyaringan terlebih dahulu oleh sfringer. Sehingga dari situ akan memiliki kemungkinan besar, Bahwa minuman yang tak disangka mengandung banyak kotoran yang tidak diperlukan tubuh, akan bisa masuk tanpa disaring terlebih dahulu. Oleh sebab itulah, kebiasaan minum sambil berdiri ini, tidaklah baik bagi kesehatan tubuh, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Bahkan jika terus menerus kebiasaan buruk ini dibiarkan, Maka air dalam tubuh akan bisa langsung menuju ke kandung kemih, dan menyebabkan pengendapan pada saluran ureter. Dimana sisa-sisa yang sudah mengendap di ureter, Akan bisa mengkristal di bagian ginjal. Sehingga lambat laun akan bisa membahayakan kesehatan ginjal anda.

Selain itu, Bahwa terjadinya pengkristalan di ginjal merupakan salah satu penyakit yang cukup serius. Sehingga sangat berbahaya jika kita terus menerus membiasakan minum sambil berdiri. Yang mana akan bisa membahayakan bagi kesehatan organ dalam tubuh anda.

Sementara, Mengkonsumsi makanan sambil berdiri akan bisa menyebabkan saraf kelana (nervus vagus) yang berguna untuk melakukan refleksi menjadi terlalu berlebih. Dimana pada saat menelan makanan sambil berdiri, akan bisa menyebabkan terjadinya refleksi pada saraf kelana terlalu keras dan mendadak. Dan jika hal demikian dilakukan secara berulang-ulang, maka akan bisa membahayakan kesehatan jantung dalam tubuh. Bahkan hal yang lebih parah, kematian secara mendadak pun juga bisa memungkinkan hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, memang sangat berbahaya bagi tubuh, bila kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman sambil berdiri ini tidak segera dihindari.
Artikel Terkait