Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Berteman Dengan Rekan Kerja

image: gethppy.com
Pekerjaan yang anda jalani di kantor atau dalam suatu perusahaan tertentu, pastinya tidak lepas dengan hubungan antara rekan kerja bukan….?. Dalam menjalin hubungan dengan rekan kerja ini, sudah selayaknya anda harus memiliki cara atau etika yang tepat dalam menjalin hubungan tersebut. Dan bagi pekerja di suatu perusahaan, tentu tidak hanya terpaku pada suatu pekerjaan yang dijalani. Namun di waktu senggang, para pekerja juga kerap menghabiskan waktu mereka untuk mengobrol, dan bercengkrama dengan rekan kerja mereka. 

Namun terkadang masih banyak para pekerja yang terlalu berlebihan dalam menjalin hubungan antar rekan kerja ini. Hal demikian mungkin disebabkan oleh saking dekatnya hubungan mereka, yang pada akhirnya berbagai urusan pribadi pun masuk dalam perbincangan. Sehingga mereka seringkali mengkaitkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi. Padahal, sudah seharusnya bagi seorang pekerja mengetahui akan batasan tentang suatu pekerjaan, dan persoalan pribadi yang harus dijaga.

Berdasarkan penjelasan dari seorang pakar hukum kerja yang berasal dari India, menunjukkan bahwa batas antara urusan pekerjaan dan pribadi yang menjadi larut ( tercampur ), akan bisa menciptakan masalah bagi pekerja yang profesional dan legal. Oleh Karena itu, dalam menjalin hubungan dengan rekan kerja, setidaknya anda memiliki etika yang tepat, agar nantinya anda tetap bisa menjadi seorang pekerja yang profesional dan berkualitas. Tentunya tanpa mengkaitkan persoalan pekerjaan dengan urusan pribadi anda. Dan inilah 5 perilaku yang tepat dalam menjalin hubungan persahabatan dengan rekan kerja.

1. Menghindari topik pembicaraan yang kurang tepat
Dalam bercengkrama dengan rekan kerja, sudah seharusnya bagi anda untuk mengetahui akan batasan topik yang hendak dibahas. Layaknya membahas topik yang berkaitan dengan kehidupan seksualitas, yang pada akhirnya bisa melakukan pelecehan seksual di tempat kerja. Sehingga hal demikian memang perlu dihindari, agar hubungan pertemanan di tempat kerja bisa tetap terjaga dengan baik. 

2. Jangan memfitnah kelompok tertentu di tempat kerja
Tahukah anda akibatnya bila pada saat ngobrol di tempat kerja dengan rekan kerja, hanya memfitnah kelompok tertentu?. Pastinya hal demikian akan bisa berdampak buruk pada profesional kerja anda, atau bahkan bisa berujung kurang baik bagi karir anda bukan…?. Oleh karena itu, dalam menjalin hubungan dengan rekan kerja, hindari dari memfitnah pada kelompok tertentu.

3. Jangan bergosip tentang orang lain di tempat kerja
Seringnya bergosip di tempat kerja, bisa menunjukkan bahwa kurang produktifnya diri di tempat kerja. Bahkan bergosip mengenai orang-orang yang berkaitan dengan kehidupan pribadi anda, sangatlah berisiko akan kualitas anda di tempat kerja. Sehingga hendaknya anda bisa menghindari hal tersebut, Agar tetap terjaga akan kualitas kerja anda sebagai seorang pegawai atau pekerja.

4. Berhati-hati dalam menjalin hubungan dengan rekan kerja
Bila rekan kerja anda kurang berperilaku sopan kepada anda atau orang lain, Maka setidaknya anda bisa berhati-hati mengenai bagaimana ia merespon anda. Terutama bila ia marah atau frustasi, Sementara anda kurang berhati-hati, maka anda akan terkena dampaknya. Oleh karena itu, kehati-hatian dalam menjalin hubungan dengan rekan kerja ini sangatlah penting.

5. Jangan ungkapkan kesalahan besar yang anda lakukan
Dalam menjalin hubungan dengan rekan kerja, pastinya anda akan berbicara dan bercengkrama bukan…?. Namun hendaknya anda tidak mengungkapkan mengenai kesalahan besar yang anda lakukan kepada rekan kerja anda. Hal demikian karena bisa jadi mereka dapat mengungkapkan hal tersebut kepada orang lain. Dan tidak seharusnya hal tersebut dilakukan, karena hanya akan merusak reputasi rekan kerja dan aibnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar