Menakjubkan, Jembatan Gantung Pertama Kali Di Dunia Untuk Sepeda Onthel

image: gizmodo.com
Tentunya anda sudah mengenal tentang kebiasaan di sekitar masyarakat yang ada di Negeri Kincir Angin ini bukan….?. Dimana kegiatan bersepeda di sepanjang jalan memang sudah menjadi suatu hal lazim dilakukan masyarakat Belanda. Bahkan dari pihak pemerintah Belanda sendiri sudah menyediakan jalur khusus untuk melakukan kegiatan bersepeda ini. Sehingga bagi masyarakat sekitar yang sedang bersepeda, bisa merasa nyaman dan aman.

Namun tak hanya itu saja, yang lebih mengagumkan, bahwa baru-baru ini pihak pemerintah Belanda sudah membangun suatu hal yang cukup menakjubkan bagi masyarakat yang melakukan kegiatan dengan menggunakan sepeda onthel. Yakni berupa jembatan gantung yang cukup indah dan menawan, Sehingga kebanyakan orang yang menggunakan sepeda onthel bisa merasa lebih seru untuk mengitari sepanjang jalanan yang ada di Negara tersebut.

Hal demikian memang sengaja disajikan oleh pemerintah Belanda untuk para pecinta sepeda onthel, agar mereka lebih merasa senang dalam melakukan rutinitas bersepeda. Yang mana mayoritas dari penduduk negeri kincir angin ini, memang sangat hobi sekali melakukan kegiatan bersepeda.

Seperti dilansir pada laman huffingtonpost.ca, bahwa jembatan gantung tersebut bisa ditemukan di sekitar kota Eindhoven, Veldhoven, dan Meerhoven. Dimana sepanjang jalan kota-kota tersebut memang dipenuhi dengan persimpangan yang cukup penuh dan sibuk akan berbagai kendaraan bermotor dan sepeda. Sehingga mau tidak mau menjadikan jalur kendaraan dan sepeda saling berbagi tempat. Meskipun demikian, tetap saja pembagian akan  jalur sepeda dan kendaraan mobil masih mengalami kendala, terutama pada saat melewati lampu merah. 
image: gizmodo.com
Oleh karena itu,  dari pihak pemerintah setempat pun berusaha untuk membangun jembatan gantung yang diberi nama Hovenring. Hal itu bertujuan demi kenyamanan dan keselamatan, khususnya bagi masyarakat yang melakukan aktifitas bersepeda. 

Jembatan gantung yang indah ini sengaja didesain dengan bentuk lingakaran oleh Ipv Delft. Ipv Delft juga menambahkan sebuah tiang di bagian tengah dari jembatan tersebut.  Yang mana pada tiap-tiap tiang pylon itu sendiri, memiliki tinggi 70 m dan 24 kabel baja yang langsung dihubungkan pada bagian  dalam jembatan Hovenring. Selain itu, jembatan gantung Hovenring juga memiliki diameter lingkaran hingga 72 meter, dan menggunakan desain baja sebanyak kurang lebih 1000 ton. Sehingga dari situ menjadikan jembatan gantung Hovenring merupakan jembatan gantung pertama di Dunia yang digunakan oleh para pecinta aktifitas bersepeda.
image: wikimedia
Namun sebelumnya keberadaan jembatan gantung ini sempat ditutup oleh pihak pemerintah. Hal demikian karena terjadi getaran pada kabel baja, yang disebabkan oleh hembusan angin yang timbul di Negara tersebut. Akan tetapi tak lama kemudian, akhirnya jembatan Hovenring mulai dibuka kembali setelah dilakukannya penelitian lebih lanjut oleh para ahli. Sehingga mereka pun ( para ahli ) menemukan cara  agar jembatan indah tersebut layak dan siap untuk digunakan kembali. Dan kini Hovenring sudah dibuka kembali, dan masyarakat yang bersepeda pun bisa menikmati akan kenyamanan dalam bersepeda dengan menggunakan jalur yang luar biasa, Yakni jembatan gantung Hovenring tersebut. 

Memang bentuk dari jembatan gantung tersebut memiliki desain yang cukup kompleks, Dan terlebih lagi masyarakat pun bisa lebih nyaman dan aman, karena bisa melakukan kegiatan bersepeda tanpa adanya masalah atau kendala lalu lintas.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar