6 Kebiasaan Ini Bisa Membahayakan Tulang Anda

image: biotech-spain.com
Kondisi kesehatan tulang yang kurang bisa terjaga dengan baik, menyebabkan kekuatan tulang itu sendiri mengalami penurunan atau melemah. Sehingga terjadinya osteoporosis atau tulang mengalami kerapuhan akan semakin cepat pula. Bahkan bilamana terjadinya kerapuhan tulang pada tubuh sudah dialami sejak berusia masih dini, maka hal demikian akan menjadi permasalahan yang cukup memprihatinkan bukan…? 

Terlebih lagi bila kondisi lemahnya pada tulang ditubuh disebabkan oleh gaya hidup atau kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu setidaknya anda harus segera menghindari kebiasaan tersebut. Agar nantinya kondisi kesehatan tulang pada tubuh bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan.  

Secara sepintas bisa diketahui dari kebiasaan yang dilakukan oleh kebanyakan orang, bahwa ada beberapa kebiasaan yang tak diduga secara perlahan akan menggerogoti kesehatan tulang pada tubuh anda. Sehingga pengaruh dari kebiasaan tersebut, mejadikan kekuatan pada tulang pun lambat laun bisa semakin melemah dan terjadi pengeroposan. Dan inilah 6 kebiasaan yang tak diduga bisa berdampak buruk pada kesehatan tulang.

1. Mengkonsumsi kafein berlebih
Mengkonsumsi beberapa minuman yang mengandung kafein terlalu berlebih, memang menjadi salah satu hal yang menjadikan kondisi tulang pada tubuh lambat laun akan melemah. Dimana bagi sebagian orang, tentunya minuman hangat seperti kopi, teh, dan sejenisnya sudah dijadikan sebagai minuman favorit bukan…?. Akan tetapi bila terlalu berlebihan atau keseringan, maka hal demikian juga tidak baik untuk kondisi kesehatan tulang.  Yang mana menurunnya tingkat kalsium dalam tubuh, juga dipengaruhi oleh banyaknya kandungan kafein yang dikonsumsi oleh tubuh. 

2. Duduk terlalu lama
Terbiasa duduk terlalu lama juga bisa memperburuk kondisi tulang pada tubuh anda. Akan tetapi bila anda rutin untuk melakukan gerakan layaknya berolahraga secara teratur, maka hal demikian akan bisa menjadikan tulang anda lebih kuat. Oleh karena itu, hindarilah duduk terlalu lama dan selingi dengan beberapa gerakan layaknya berdiri, berjalan sebentar dan lainnya, Agar kondisi kesehatan tulang anda bisa tetap terjaga denagn baik. 

3. Merokok
Yang mana kebiasaan merokok yang cenderung sulit untuk dijauhi ini, memang salah satu faktor penyebab kerapuhan pada tulang di tubuh anda. Hal demikian karena berkurangnya massa tulang yang disebabkan oleh kebiasaan merokok, akan bisa menghantarkan pada timbulnya pengeroposan pada tulang atau osteoporosis. Sehingga kebiasaan merokok ini memang memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk pada kondisi tulang anda.

4. Kekurangan asupan kalsium
Bilamana asupan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh ini tidak terpenuhi, maka kondisi tulang pun akan semakin terancam. Yang mana adanya kalsium memang sangat dibutuhkan untuk menjaga tulang agar bisa tetap kuat. Dengan begitu, hendaknya anda bisa memenuhi asupan kalsium atau vitamin D dalam tubuh, layaknya konsumsi susu, mengkonsumsi sayur-sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin D, dan lainnya. 

5. Membungkukkan badan
Struktur pada tulang dalam tubuh bisa berubah jika terlalu sering membungkukkan badan. Sehingga kebiasaan ini, Setidaknya bisa dihindari agar kondisi kesehatan tulang bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat. Bahkan terlalu sering membungkukkan badan juga bisa berakibat akan terjadinya sakit pinggang. Yang mana saraf-saraf yang melewati tulang belakang akan mudah terjepit bila kebiasaan tersebut tetap dilakukan. Oleh karena itu, setidaknya anda bisa mengatur duduk dengan postur badan tegak dan tidak membungkuk.

6. Terlau sering menyilangkan kaki
Selalu menyilangkan kaki ketika duduk, memang suatu hal yang terlihat menyenangkan bukan….?. Namun perlu anda tahu akan dampaknya bila hal demikian sering anda lakukan. Perlu diketahui, bahwa sering menyilangkan kaki di waktu duduk, maka akan bisa memberikan tekanan yang berlebih pada salah satu tulang anda. Yang mana jika hal ini terlalu sering dibiasakan, maka akan mengakibatkan kondisi tulang belakang, pinggul, maupun tulang bagian pelvic akan mengalami gangguan. Sehingga keseringan menyilangkan kaki ini, memang suatu kebiasaan yang kurang baik, dan harus segera dihindari.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar